5 Resep Cara Membuat Roti Canai India dan Malaysia yang Lembut dengan Saus Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 6 April 2020 23:10
5 Resep Cara Membuat Roti Canai India dan Malaysia yang Lembut dengan Saus Sederhana
Bingung ingin makan camilan apa? Mending buat roti canai saja di rumah! Anti ribet dan tentunya enak.

Roti canai merupakan salah satu jenis roti pipih dengan olahan khas India. Di Indonesia roti ini kebanyakan bisa ditemui di gerai atau rumah makan Aceh dan Sumatra Barat. Roti ini memiliki ukuran yang sangat pipih dengan tekstur lembut yang diolah dengan cara dipanggang di atas teflon atau pemanggang dengan minyak.

Kamu tentunya bisa banget membuat olahan roti canai ini di rumah. Cocok untuk disajikan sebagai salah satu menu camilan. Apalagi kamu menikmatinya dengan saus coklat dan keju atau selai sesuai selera. Tak lupa hidangkan juga dengan seduhan teh hangat. Kamu juga bisa membuatnya untuk bekal ngampus, ngantor, atau sekedar sebagai makanan kecil untuk bepergian jauh. Yuk, langsung saja deh simak resep mudah cara membuat roti canai yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Roti Canai yang Lembut

Ilustrasi Roti Canai © Diadona

Roti canai ini memang dikenal sebagai olahan roti dengan bentuknya yang tipis tetapi bertekstur lembut yang menggugah selera. Kamu tentunya sudah pernah menemui roti ini di toko kue dan roti terdekat. Biasanya disekolah-sekolah atau kampus pun banyak pedagang yang menjajakan roti ini. Kamu tentunya bisa membuat sajian camilan ini dengan melihat resep cara membuat roti canai berikut.

Bahan:
Bahan A:
- 1 kg terigu protein tinggi
- 1 sdm gula pasir
- 4 sdm susu bubuk
- 1 sdt garam

Bahan B:
- 170 ml minyak goreng
- 450 ml air hangat
- 3 butir telur ukuran kecil

Bahan C:
- 250 gr margarin untuk olesan

Cara membuat roti canai yang lembut:

a. Aduk semua bahan A, buat lubang ditengahnya, sisihkan. Kocok lepas semua bahan B, tuangkan di tengah bahan A. Aduk rata semua bahan dan uleni hingga kalis, bulatkan adonan.

b. Potong adonan seberat 55 gram atau sesuai selera. Bulatkan adonan yang sudah dipotong dengan cara memutarnya mengunakan telapak tangan. Tata di atas loyang yang sudah diolesi minyak, lalu olesi permukaan adonan dengan minyak.

c. Tutup dengan plastik dan lap basah, diamkan 1 jam. Pipihkan adonan dengan rolling pin. Tipiskan adonan dengan cara menariknya seperti menipiskan kulit martabak telur, usahakan setipis mungkin.

d. Olesi permukaannya dengan margarin (Bahan C). Gulung memanjang memutar seperti bentuk obat nyamuk, diamkan sebentar. Pipihkan adonan, panggang di wajan anti lengket dengan api kecil sambil ditekan agar pipih dan dibalik sampai matang kedua sisinya. Bisa juga gulungannya diisi dengan keju atau coklat serut.

e. Bila hendak disimpan di freezer untuk stok frozen food, panggang asal matang tapi tidak sampai kuning kecoklatan. Keluarkan dari kulkas beberapa menit sebelum dipanggang kembali.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Roti Canai Malaysia

Ilustrasi Roti Canai Malaysia © Diadona

Nggak perlu khwatir menyajikan camilan enak untuk keluarga. Kamu tentunya bisa berkreasi sendiri di dapur dengan resep cara membuat roti canai Malaysia berikut. Selamat berkreasi!

Bahan:
Bahan adonan:
- 1 kg tepung terigu segitiga biru
- 2 biji telur ayam
- 2 bungkus susu kental manis
- 1 1/2 sdm garam
- 1 gelas air
- 1/2 sdm gula
- 2 sdm margarin

Bahan oles:
- Margarin
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat roti canai Malaysia:

a. Masukan air, telur, susu kental manis, gula, dan garam, aduk rata. Setelah semua telah tercampur masukan tepung terigu, lalu terakhir masukkan margarin dan uleni sampai tidak lengket di tangan dan adonan menjadi lembut. Jika masih keras bisa di tambahin air hingga adonan pas.

b. Bulatkan adonan hingga habis. Olesi seluruh permukaan adonan dengan margarin lalu gunakan wadah yang tertutup untuk mendiamkan adonan, diamkan minimal 1 jam.

c. Ambil adonan celup tangan dengan minyak agar memudahkan dalam melebarkan. lebarkan adonan hingga tipis seperti martabak, jika sudah tipis ambil disalah satu sisi adonan tarik ke atas lalu gulung. Lakukan hingga adonan habis.

d. Diamkan beberapa menit lalu tekan agak lebar dan siap utk digoreng dengan sedikit minyak hingga matang. Jika telah matang angkat lalu tepukkan agar serat-seratnya keluarkan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Roti Canai Sederhana

Ilustrasi Roti Canai Sederhana © Diadona

Cukup dengan bahan ederhana seperti tepung terigu, telurm, magarin, dan susu, kamu sudag bisa menikmati sajian enak roti canai ini di rumah. Tenang, cara membuatnya juga mudah dan nggak pake ribet. Yuk langsung saja simak resep cara membuat roti canai sederhana berikut ini.

Bahan:
Bahan roti:
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 3 sdm margarin, lelehkan
- 100 ml air hangat
- 2 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt garam
- Margarin leleh untuk olesan
- Minyak untuk merendam

Cara membuat roti canai sederhana:

a. Campur semua bahan roti jadi satu. Uleni hingga kalis, lumuri tangan sesekali dengan tepung uleni terus sampai adonan kalis. Bagi adonan menjadi 12 bagian. Kalau mau lebih besar bagi jadi 10 bagian.

b. Lumuri/rendam adonan dengan minyak goreng, diamkan 1-3 jam. Ambil 1 adonan, pipihkan melebar setipis mungkin. Olesi dengan margarin cair. Gulung memanjang, linting berlawanan ara. Tumpuk kedua bagian, terakhir pipihkan lagi.

c. Panaskan teflon dengan api kecil aja. Panggang adonan dengan sekali balik, tekan-tekan supaya matangnya rata. Canai siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Roti Canai India

Ilustrasi Roti Canai India © Diadona

Roti canai yang enak dan lembut ini memang sangat cocok menjadi teman bersantai di rumah. Daripada gabut dan mager melulu, nggak salah dong jadi pribadi yang sedikit produktif dengan memasak camilan simple di rumah. Yuk buat sendiri camilanmu dengan melihat resep cara membuat roti canai berikut ini.

Bahan:
- 300 gram tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 50 ml minyak goreng
- 150 ml air hangat
- 1 sdm susu bubuk
- 1 sdt gula halus
- 1/2 sdt garam
- Secukupnya margarin
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat roti canai India:

a. Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting adonan hingga kalis dan tidak lengket.

b. Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam. Pipihkan hingga benar-benar tipis, lalu oleskan mentega hingga merata.

c. Gulung adonan, lalu tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang. Gulung adonan dengan arah yang berlawanan hingga membentuk seperti huruf 'S'. Lalu satukan/tumpuk adonan.

d. Pipihkan adonan hingga melebar, sambil ditarik karena adonan agak liat. Ulangi langkah ini hingga bola adonan habis.

e. Goreng di teflon tanpa minyak hingga berubah warna kecoklatan. Roti canai siap dihidangkan bersama susu kental manis dan selai sesuai selera.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Saus Roti Canai

Ilustrasi Saus Roti Canai © Diadona

Roti canai yang telah kamu buat akan semakin enak dengan siraman saus yang manis dan aroma ekstrak rasa yang nikmat. Kamu bisa membuat saus sesuai selera. Berikut telah diulas resep cara membuat roti canai untuk sausnya dengan ekstrak rasa resberry.

Bahan:
- 2 helai roti canai
- Butter
- Keju parut
- Selai rasberry
- Pepaya
- Chia seed

Cara membuat saus roti canai:

Panasnya canai dengan butter hingga kecoklatan. Tata di piring canai, keju parut, pepaya iris bertabur chia seed dan selai rasberry sebagai sausnya.

Nah, itu;ah beberapa resep cara membuat roti canai India dan Malaysia yang lembut dengan saus sederhana. Cocok banget dinikmati saat waktu bersantai dengan keluarga di rumah. Yuk, nggak boleh mager! Segera bergegas ke dapur dan mempraktikkan resep cara membuat roti canai ini. Selamat mencoba!

Baca juga yuk: 5 Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam Dan Putih Yang Enak Juga Manis

Beri Komentar