5 Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam dan Putih yang Enak juga Manis

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 6 April 2020 19:45
5 Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam dan Putih yang Enak juga Manis
Bingung mau makan camilan apa? Yang manis-manis bisa banget buat kembalikan 'mood swing' mu! Yuk coba deh buat tape ketan hitam manis berikut ini.

Tape ketan merupakan salah satu kudapan yang teruat dari beras ketan putih dan hitam. Tape ketan hitam ini bisa dibuat sebagai salah satu makanan saat lebaran, ada juga yang menjajakan keliling dalam kemasan kecil-kecil dengan dibungkus daun pisang di pasar lokal Kuningan dan Pangandaran. Bahkan ada pula tape di daerah Kuningan yang dikemas modern dengan kardus sebagai oleh-oleh.

Kamu tentunya bisa mebuat sendiri tape ketan ini di rumah. Rasanya juga nggak kalah enak dan manis dengan tape yang biasanya dijual. Tape ini dibuat dengan bahan sederhana berupa beras ketan dan ragi. Tips umum dalam cara membuat tape ketan ini adalah semua wadah dan alat yang digunakan selama proses pengolahan haruslah dalam kondisi bersih, ya. Berikut telah Diadona ulas selengkapnya resep mudah dan simple cara membuat tape ketan hitam yang super manis. Dijamin kamu pasti suka. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Tape Ketan Hitam dan Putih

Ilustrasi Tape Ketan Hitam © Diadona

Tape ketan hitam dan putih bisa banget menjadi salah satu pilihan kudapan yang nikmat. Rasa manis dan segarnya bisa menghilangkan dahaga. Kamu bisa menyajikannya dalam keadaan dingin. Simak resep selengkapnya cara membuat tape ketan hitam dan putih berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ketan hitam dan putih
- 2 butir ragi tape
- Daun pisang secukupnya
- Baskom atau panci

Cara membuat tape ketan hitam dan putih:

a. Bersihkan beras ketan hitam dan putih hingga benar benar bersih dari kotoran dan kerikil. Rendam dengan air secukupnya hingga minimal 5 sampai 6 jam.

b. Cuci lagi dan bilas hingga bersih, lakukan hingga beberapa kali pembilasan. Masukkan dalam panci dan tambahkan air. Masak dengan nyala api kompor sedang.

c. Setelah air rebusan habis, aduk aduk hingga merata dan angkat. Kukus selama 30 hingga 45 menit. Letakkan pada wadah palstik yang cukup besarnya.. Pastikan semua nasi ketan sudah dingin. Hancurkan 2 butir ragi tape hingga benar benar halus.

d. Aduk secara perlahan, bolak balik berkali kali. Setelah yakin semua bagian mendapatkan ragi dengan baik, simpan di wadah panci bersih dengan als daun pisang.Tunggu kurang lebih 3 hari, tape siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Tape Beras Ketan Hitam

Ilustrasi Tape Beras Ketan Hitam © Diadona

Cara membuat tape ketan hitam pada umumnya memang mengguankan ragi. Tak hanya itu, kamu harus membuat tape ketan ini dengan peralatan yang benar-benar bersih agar tidak ada bakteri yang bisa mengganggu dalam proses fermentasinya. Berikut resep selengkapnya cara membat tape ketan hitam.

Bahan:
- 1 liter beras ketan hitam
- 1 1/2 butir ragi
- Secukupnya gula pasir
- Secukupnya daun pisang
- Secukupnya air panas

Cara membuat tape beras ketan hitam:

a. Cuci bersih ketan lalu rendam 2-3 jam lalu kukus selama 20-25 menit. Kukus hingga menjadi ketan aron lalu masukkan air panas secukupnya hingga menyusut sambil di aduk aduk.

b. Kukus lagi hingga matang dan harum. Alasi daun pisang kemudian tata, dan angin anginkan biarkan set. Haluskan ragi dan gula pasir. Setelah ketan benar benar dingin, langsung taburi ragi hingga rata.

c. Simpan di wadah kering dan bersih jangan lupa untuk alasi dengan daun pisang agar rasanya makin sedap lalu tutup rapat, diamkan selama 2-3 hari, ketan jangan sering di buka tutup agar fermentasinya sempurna.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis

Ilustrasi Tape Ketan Hitam Manis © Diadona

Tape ketan hitam manis ini memang sangat cocok kamu hidangkan dalam keadaan dingin. Dijamin kamu pasti suka. Yuk simak langung deh resep cara membuat tape ketan hitam manis berikut ini.

Bahan:
- 150 gram ketan hitam
- 100 gram ketan putih
- 1 butir ragi instan

Cara membuat tape ketan hitam manis:

a. Cuci bersih ketan. Rendam dengan air semalam. Tiriskan ketan, masukkan dalam panci dan tambahkan dengan air kurang lebih 5 cm di atas ketan. Masak hingga mendidih.

b. Setelah mendidih, aduk ketan agar matangnya merata. Siapkan kukusan. Kukus ketan selama 30 menit hingga matang.

c. Angkat ketan dan letakkan dalam nampan yang sudah dialasi plastik. Tunggu hingga benar-benar dingin. Hancurkan ragi dan ayak agar ukurannya rata. Taburkan di atas ketan hingga rata.

d. Siapkan wadah dan penutupnya. Alasi dengan daun singkong, masukkan ketan yang sudah diberi ragi dan tutup dengan rapat. Diamkan selama 1-2 hari dan jangan dibuka tutup. Ketan hitam manis siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Es Tape Ketan Hitam

Ilustrasi Es Tape Ketan Hitam © Diadona

Tape ketan hitam juga bisa diolah menjadi beberapa makanan enak lainnya. Salah satu olahan yang bisa kamu buat dengan menggunakan tape ketan hitam adalah es mambo atau lilin. Rasa manis dan segarnya bisa menghilangkan dahaga. Yuk simak langsung resep cara membuat es tape ketan hitam berikut ini.

Bahan:
- 200 gram tape ketan hitam
- 750 ml air matang
- 2 bungkus santan kara kemasan segitiga
- 150 gram gula pasir atau sesuai selera
- 4 sdm susu kental manis
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm maizena

Cara membuat es tape ketan hitam:

a. Campur air dengan santan kara dan aduk hingga merata. Masukkan gula pasir, garam, susu kental manis, tape ketan hitam dan maizena. Aduk rata, masak hingga mendidih. Matikan api.

b. Biarkan uapnya hilang. Masukkan ke dalam cetakan es loli, atau es mambo. Simpan di freezer. Es ketan hitam siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Enak

Ilustrasi Tape Ketan Hitam yang Enak © Diadona

Tape ketan hitam yang enak ini memang menjadi salah satu hidangan saat lebaran. Cara membuatnya yang mudah dan sederhana serta rasanya yang enak menjadi salah satu sajian yang disukai semua kalangan. Simak langsung resep cara membuat tape ketan hitam yang enak berikut ini.

Bahan:
- 300 gram ketan hitam
- 200 gram ketan putih
- 2 butir ragi tape
- Secukupnya daun pisang

Cara membuat tape ketan hitam yang enak:

a. Campurkan ketan hitam dan ketan putih,lalu cuci bersih, bilas beberapa kali sampai benar benar bersih, kemudian rendam semalaman.

b. Setelah ditiriskan, masukkan dalam panci, tuang air bersih dengan tinggi air satu ruas jari telunjuk dari permukaan beras, lalu masak dengan api sedang, setelah mendidih aduk biar matangnya merata,tunggu sampai airnya kering, angkat.

c. Kukus ketan selama 1 jam sampai matang, angkat lalu pindahkan ketan ke dalam nampan yang sudah dialasi plastik biar tidak lengket, biarkan sampai benar benar dingin. Hancurkan ragi sampai halus, taburkan ragi di atas ketan dengan cara diayak biar merata, lalu aduk sampai benar benar tercampur rata.

d. Siap dalam wadah yang bertutup rapat, alasi bawahnya dengan daun pisang, ambil ketan lalu kepal agar menjadi bulatan, taruh di dalam wadah, lakukan sampai habis, taruh daun pisang diatasnya, lalu tutup rapat wadah dan simpan ditempat yang aman.

e. Biarkan selama 3-4 hari, selama itu jangan dibuka dulu pemutupnya, dalam proses pembuatan tape juga harus dipastikan bahan dan peralatan dalam keadaan bersih, tape ketan hitam manis dan lembut siap dinikmati.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat tape ketan hitam dan putih yang enak juga manis cocok untuk sajian keluarga. Bagaimana, tertarik membuatnya, segera persiapkan bahan-bahannya ya. Yuk segera bergegas dan berkreasi dengan resep cara membuat tape ketan manis ini.

Baca juga yuk: 8 Cara Membuat Es Campur Buah Susu Sederhana Dengan Air Gula, Santan, Dan Sirup Special Yang Enak

Beri Komentar