5 Resep Cara Membuat Kerak Telor Gulung Sederhana Sendiri di Rumah Khas Betawi

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 18 April 2020 05:52
5 Resep Cara Membuat Kerak Telor Gulung Sederhana Sendiri di Rumah Khas Betawi
Olahan kuliner Nusantara kerak telor ini bisa menjadi salah satu menu pilihan keluarga. Yuk Moms coba buat sendiri di rumah!

Kerak telor merupakan salah satu makanan asli Betawi. Cara membuat kerak telor ini sangatlah mudah. Cukup dengan mengguanakn bahan ketan putih, telur ayam, dan ebi yang telah disangrai. Tak lupa taburan bawang merah goreng dan bumbu yang dihaluskan seperti kelapa sangrai, cabe erah, jahe, merica, garam dan gula, kerak telor pun siap menjadi sajian lezat keluarga.

Dilansir dari Fimela.com, kerak telor merupakan olahan yang dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kerak telor dulu diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tidak sengaja. Kerak telor tercipta setelah masyarakat Betawi atau Batavia mencoba membuat aneka makanan dengan memanfaatkan banyaknya bahan buah kelapa di sana. Dari hasil percobaan ini terciptalah olahan kerak telor yang lezat.

Moms tentunya juga bisa membuat sendiri olahan kerak telor enak di rumah. Cara membuat kerak telor ini sangatlah mudah dan tentunya cocok sekali sebagai salah satu menu hidangan keluarga di rumah. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat kerak telor yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Kerak Telor Sederhana

Ilustrasi Kerak Telor Sederhana © Diadona

Bahan:
- 1 mangkok nasi
- 1 bungkus chitatos jagung bakar
- 2 butir telur
- Sedikit minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm abon sapi
- Bon cabe sesuai selera

Cara membuat kerak telor sederhana:

a. Beri sedikit minyak diatas teflon, masukkan nasi, setengah bungkus chitatos yang sudah dihancurkan, abon sapi, bon cabe dan telur

b. Aduk dan ratakan di atas teflon, nyalakan api kecil, tunggu hingga bagian bawah kering dan matang. Balik adonan, masak hingga matang dan siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Kerak Telor Betawi

Ilustrasi Kerak Telor Betawi © Diadona

Bahan:
- 25 gram beras ketan putih
- 25 gram kelapa, parut dan sangrai untuk taburan
- 100 ml air
- 3 butir telur bebek
- 15 gram ebi, seduh, sangrai dan haluskan
- 10 gram bawang merah goreng
- 1 sdm minyak untuk menumis bawang goreng sebagai taburan
- 3 sdm abon sapi untuk taburan

Bumbu halus:
- 5 cabe keriting
- 3 cm kencur
- 1 cm jahe
- 1/2 sdm merica

Cara membuat kerak telor Betawi:

a. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum. Rendam beras ketan putih selama semalam lalu tiriskan. Panaskan wajan cekung, beri 1 1/2 sdm beras ketan putih, 3 sdm siram dengan rendaman beras, biarkan sampai setengah kering.

b. Kocok 1 butir telor bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sdt ebi, 1/2 sdm bawang goreng, 1/8 sdt garam, dan 1/8 sdt gula pasir. Siram di atas ketan, aduk-aduk sambil diratakan dipenggorengan.

c. Biarkan hingga matang, sambil ditutup, balik penggorengan di atas bara api, biarkan sampai matang angkat dan sisihkan. Taburkan kelapa sangrai, bawang goreng, abon, dan ebi di atas kerak telor. Sajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Kerak Telor Gulung

Ilustrasi Kerak Telor © Diadona

Bahan:
- 100 gram beras ketan putih
- 250 ml air
- 100 gram kelapa parut, sangrai
- 15 gram ebi, seduh, sangrai, dan haluskan
- 5 butir telur bebek
- 30 gram bawang merah, goreng kering
- 1 sdm minyak goreng
- Bawang merah goreng, untuk taburan

Bumbu halus:
- 4 buah cabai merah keriting
- 1/2 sdt merica butiran
- 3 cm kencur
- 1 cm jahe

Cara membuat kerak telor gulung:

a. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Bubuhkan 1 1/2 sdm beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas.

b. Siram dengan 3 sdm air rendaman beras, biarkan hingga agak kering. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sdt bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sdt ebi, 1/2 sdm bawang merah goreng, 1/8 sdt gula pasir, dan 1/8 sdt garam bubuk.

c. Siram campuran tersebut di atas ketan pada wajan, aduk dan ratakan, atur ketebalannya sesuai selera. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang. Taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Kerak Telor di Rumah

Ilustrasi Kerak Telor di Rumah © Diadona

Bahan serundeng:
- 200 gram kelapa parut
- 80 gram bumbu kalasan instan

Bahan kerak telor:
- 150 gram nasi putih
- 100 ml air
- 75 gram tepung bumbu putih kobe
- 2 butir telur
- Bawang merah goreng secukupnya
- 1 bungkus boncabe

Cara membuat kerak telor di rumah:

a. Buat serundeng dengan cara sangrai kelapa parut hingga kuning kecoklatan. Masukkan bumbu kalasan. Aduk rata dan masak hingga matang, sisihkan.

b. Buat kerak telornya dengan cara panaskan wajan, tuang nasi yang sudah dicampur dengan air dan 3 sendok makan tepung bumbu putih kobe. Ratakan hingga tipis sambil dibolak-balik, masak hingga kering.

c. Masukkan telur yang sudah dicampur dengan serundeng. Ratakan di atasnya. Masak hingga matang. Angkat dan beri taburan serundeng, bawang goreng dan boncabe. Kerak telor siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kerak Telor Sendiri

Ilustrasi Kerak Telor © Diadona

Bahan:
- 2 sdm nasi
- 1 butir telur
- 1 sdm abon
- 0,25 sdt garam
- 1 sdt minyak wijen atau minyak goreng

Cara membuat kerak telor sendiri:

Campur semua bahan, aduk hingga rata. Panaskan teflon. Masukkan campuran bahan tadi. Ratakan di seluruh bagian teflon. Balik kerak telornya. Masak hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat kerak telor mudah di rumah. Rasa khas dan gurih sedap kerak telor ini sangat cocok dijadikan salah satu menu makanan camilan keluarga. Yuk Moms buat sendiri makanan kerak telor di rumah dengan resep cara membuat kerak telor ini. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya Moms. Selamat berkreasi!

Beri Komentar