5 Resep Cara Membuat Tahu Bakso Kukus, Goreng, dan Siomay Tanpa Daging Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 8 April 2020 17:24
5 Resep Cara Membuat Tahu Bakso Kukus, Goreng, dan Siomay Tanpa Daging Sederhana
Nggak perlu bingung memilih menu camilan. Buat saja tahu bakso di rumah!

Selain terkenal dengan makanan lumpia, Semarang juga memiliki kuliner khas lainnya yaitu tahu bakso. Tahu bakso merupakan olahan makanan yang didalamnya berisi tepung dengan campuran bahan daging sapi. Nggak hanya menggunakan daging sapi saja, tahu bakso juga bisa diolah menggunakan campuran daging ayam, kepiting, dan udang.

Cara membuat tahu bakso juga sangatlah mudah. Campuran daging, tepung dan bumbu akan dimasukkan ke dalam tahu yang telah dibelah bagian pinggirnya. Setelah itu, tahu bisa dikukus atau digoreng hingga matang dan berubah warna kuning kecoklatan. Tahu bakso ini banyak ditemui dan dijual oleh warga Semarang. Tak jarang, kamu akan menemui tahu bakso ini di hampir setiap rumah atau warung makan. Bahkan kamu juga akan menemui tahu bakso ini di kawasan kampus Universitas Diponegoro, Tembalang. Yap, para mahasiswalah yang menjajakan olahan tahu bakso ini.

Nah, kamu juga nggak perlu harus pergi ke Semarang hanya untuk sekedar menikmati kelezatan tahu bakso ini. Kamu bisa membuat sendiri sajian enak tahu bakso ini di rumah. Nggak perlu ribet! Yuk, langsung saja berkreasi di dapur dengan melihat resep cara membuat tahu bakso yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membut Tahu Bakso Kukus

Ilustrasi Tahu Bakso © Diadona

Olahan tahu bakso pertama yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah tahu bakso kukus yang simple dan tentunya enak bikin nagih. Yuk, nggak boleh mager, segera persiapkan bahan-bahan resep cara membuat tahu bakso kukus ini, ya.

Bahan:
- 15 biji tahu kotak
- 250 gram daging giling
- 5 sdm tepung tapioka
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 buah daun bawang
- 50 ml air es
- Secukupnya garam
- Secukupnya merica
- Secukupnya penyedap rasa

Cara membuat tahu bakso kukus:

a. Goreng tahu hingga kecoklatan, sisihkan. Campurkan bahan daging giling, tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, merica, dan penyedap rasa.

b. Masukkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga teksturnya pas. Campurkan daun bawang yang telah diiris halus ke dalam adonan.

c. Belah tahu goreng tetapi tidak sampai putus. Isi dengan bahan isian adonan ke dalam tahu hingga penuh. Kukus tahu yang telah diisi dan siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membut Tahu Bakso Goreng

Ilustrasi Tahu Bakso Goreng © Diadona

Nggak hanya sekedar dikukus aja, kamu juga bisa mengolah tahu bakso ini dengan digoreng. Rasa kriuk diluar dengan rasa khas perpaduan daging dan tepung yang dibumbui sebagai isiannya ini nggak bisa dilewatkan. Nah, berikut resep selengapnya cara membuat tahu bakso goreng.

Bahan:
- 100 gram daging ayam, giling halus
- 10 buah tahu kulit coklat
- 1 batang daun bawang
- 2 sdm wortel parut
- 3 sdm tepung tapioka
- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdt saus tiram
- 1/2 sdm lada bubuk
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdm royco ayam

Bumbu ulek:
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai setan atau sesuai selera

Bumbu tepung:
- 5 sdm tepung terigu
- 1 sdm ketumbar, ulek halus
- 1/2 sdm penyedap rasa
- 3 siung bawang putih, ulek halus
- Secukupnya air

Cara membuat tahu bakso goreng:

a. Rebus tahu coklat, tiriskan lalu peras airnya, belah tahu jangan sampai putus untuk isian, sisihkan.

b. Buat adonan dengan campur bahan ayam giling, bumbu ulek, dan semua bahan-bahan. Aduk hingga kalis rata.

c. Masukkan adonan ke tahu satu persatu, lalu kukus sekitar 20 menit. Goreng tahu dengan celupkan tahu di dalam adonan tepung lalu goreng sampai kecoklatan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membut Bakso Tahu Siomay

Ilustrasi Tahu Bakso Siomay © Diadona

Kamu tentunya nggak asing lagi dong dengan menu siomay? Yap, siomay yang enak dengan beberapa isian salah satunya tahu bakso yang lezat. Kamu jugabisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep cara membuat tahu bakso siomay berikut ini.

Bahan:
- 250 gram ayam fillet, haluskan
- 100 gram udang, cincang kasar
- 2 batang daun bawang, potong kasar
- 3 siung bawang putih
- 2 sdm minyak wijen
- 1 butir telur
- 2 sdm tepung tapioka
- 1 sdm tepung terigu
- Secukupnya garam, merica, kecap asin, dan saus tiram
- 1 buah wortel, potong kecil
- 6 buah tahu

Bahan bumbu kacang:
- 100 gram kacang tanah, goreng
- 3 siung bawang putih, goreng
- 3 buah cabe merah
- 5 butir kemiri, goreng
- 500 ml air
- Garam
- Gula
- Merica
- Masako
- Kecap manis secukupnya
- 3 lembar daun jeruk
- Perasan jeruk nipis

Cara membuat bakso tahu siomay:

a. Campurkan bahan ayam, daun bawang, bawang putih, telur, dan minyak wijen. Blender hingga menjadi adonan halus. Tuang dalam wadah bersih, tambahkan garam, merica, kecap asin, saus tiram, wortel, tepung tapioka dan terigu,aduk rata.

b. Belah serong bahan tahu, belah juga tengahnya lalu isi dengan adonan campuran ayam dan tepung. Kukus hingga matang selama 10 menit.

c. Rebus air di panci. Bulat-bulatkan adonan tadi dengan menggunakan 2 buah sendok untuk membuat siomaynya, masukkan ke dalam rebusan air. Jika sudah mengapung artinya sudah matang, angkat lalu kukus di dandang bersama tahu.

d. Campur dan blender bahan
kacang, bawang putih, cabe, dan kemiri. Masak dalam panci, tambahkan air dan daun jeruk. Masak hingga keluar minyak. Tambahkan garam, gula, merica, penyedap, kecap manis dan air jeruk nipis. Selesai. Sajikan bakso tahu siomay dengan bumbu kacang dan kecap manis.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membut Bakso Tanpa Daging

Ilustrasi Tahu Bakso Tanpa Daging © Diadona

Tanpa perlu menggunakan bahan daging sebagai campuran tepung untuk isiannya, kamu juga bisa membuat tahu bakso ini di rumah dengan mudah. Nggak perlu khawatir, rasanya nggak bakal kalah deh dengan tahu bakso campuran bahan daging. Yuk, simak saja langsung resep cara membuat tahu bakso lezat berikut ini.

Bahan:
- 125 gram tepung tapioka
- 125 gram tepung terigu
- 250 ml air
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 1 sdt lada
- 1 sdm garam (sesuai selera)
- secukupnya penyedap (saya pake royco)

Cara membuat bakso tanpa daging:

a. Haluskan bahan bawang putih dan bawang merah, tumis sampai menguning, masukan air, garam, lada dan royco, aduk hinga mendidih, matikan api. Masukkan tepung sedikit demi sedikit ke dalam panci, aduk, bentuk jadi adonan sampai kalis.

b. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat. Didihkan air, masukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih, tunggu sampai bakso mengapung, angkat.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membut Tahu Bakso Sederhana

Ilustrasi Tahu Bakso Sederhana © Diadona

Jika kamu pencinta kuliner bakso, maka sangat cocok sekali untuk mencoba resep cara membuat tahu bakso sederhana berikut ini. Dijamin kamu akan menyukainya, rasa gurih tahu dan perpaduan bahan isian tepung dan dagingnya bikin nagih. Apalagi kamu menikmati sajian tahu bakso ini dengan cocolan saus pedas, tambah nempol, deh. Yuk, segera persiapkan bahan-bahan cara membuat tahu bakso ini, ya!

Bahan:
- 6 potong tahu
- 100 gram udang
- 3 sdm tepung terigu
- 3 sdm tepung kanji
- 1 bungkus tepung bumbu serbaguna
- Daun bawang
- Secukupnya gula, garam, dan kaldu bubuk
- Saos sambal

Cara membuat tahu bakso sederhana:

a. Cuci bersih udang, buang kulit serta kepalanya, haluskan bisa diulek atau diblender. Goreng tahu hingga matang, dinginkan.

b. Campurkan tepung terigu dan tepung kanji, tambahkan daun bawang serta udang yang sudah dihaluskan. Bumbui dengan gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan kalis atau setengah kalis.

c. Kerok bagian atas tahu sedikit saja, lalu masukkan adonan bakso dan ratakan hingga ke semua bagian atas tahu tertutup. Kukus tahu bakso selama kurang lebih 20 menit.

Nah itulah beberapa resep mudah cara membuat tahu bakso yang enak di rumah dengan bahan sederhana. Dijamin kamu pasti akan suka. Selamat berkreasi!

Beri Komentar