25 Manfaat Kelapa Muda dari Air hingga Dagingnya untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Reporter : Shofi Febri
Kamis, 13 Februari 2020 13:43
25 Manfaat Kelapa Muda dari Air hingga Dagingnya untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, kelapa muda juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh loh!

Kelapa muda mudah dijumpai di mana saja. Banyak orang menjualnya karena banyak yang menyukai bukan hanya rasa segar yang bisa kamu dapat ketika meminum air kelapanya, tapi manfaat kelapa muda yang bisa digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kelapa muda yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat kelapa muda bisa kamu ambil dari air kelapanya yang menyegarkan. Selain untuk menghilangkan rasa hausmu, air kelapa muda ini bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan, bahkan kecantikan. Berikut manfaat air kelapa muda.

Mencegah penuaan dini

Ilustrasi wanita antipenuaanIlustrasi wanita antipenuaan © 2020 https://rawpixel.com/

Manfaat kelapa mudaManfaat kelapa muda yang pertama adalah untuk mencegah penuaan dini. Air kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang disebut sebagai likotin atau asam laurat. Zat asam ini memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses legurasi dan pembentukan sel kulit. Kandungan zat itulah yang menghambat terjadinya penuan pada kulit wajah maupun kulit lainnya.

Menjaga penyumbatan pada pembuluh darah

Manfaat kelapa muda selanjutnya adalah menjaga penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung banyak kolesterol baik yang cukup tinggi manfaatnya sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kronis.

Mengobati campak

Manfaat kelapa muda yang sudah banyak diketahui orang adalah mengobati campak. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin maka akan sangat membantu alam mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit campak

Mencegah penyakit usus

Ilustrasi Organ Usus KecilIlustrasi Organ Usus Kecil © socratic.org

Manfaat kelapa muda berikutnya adalah mencegah penyakit usus. Usus halus sangat sensitif dan rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Jadi untuk mencegah adanya penyakit usus mulailah mengkonsumsi air kelapa secara rutin.

Sebagai obat penyakit demam

Manfaat kelapa muda bisa digunakan sebagai obat penyakit demam. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam air kelapa mampu menurunkan panas demam. Jika ada anggota keluarga yang demam, maka air kelapa bisa menjadi pertolongan pertama. Caranya, cara mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

Menghilangkan racum dalam tubuh

Air kelapa mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Air kelapa mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa, kamu akan merasakan manfaat kelapa muda yang begitu banyak.

Menjaga kesehatan ginjal

Ilustrasi Gagal GinjalIlustrasi Gagal Ginjal © 2019 https://www.diadona.id/urgentcarefl.com

Seperti yang diketahui bahwa ginjal merupakan organ tubuh paling penting bagi tubuh, sehingga harus dijaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin, maka kamu sudah menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena kadungan nutrisi dari air kelapa mampu menjaga ginjal kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Menjadikan kulit lebih bercahaya

Sebagian orang untuk mendapatkan kulit mulus bercahaya harus melakukan berbagai perawatan kecantikan. Nah bagi kamu yang menginginkan kulit sehat, cukup dengan mengonsumsi air kelapa. Pasalnya air kelapa membantu memenuhi kebutuhan hidrasi.

Memperbaiki sistem pencernaan

Mengonsumsi air kelapa akan membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Pasalnya sistem pencernaan membutuhkan banyak serat untuk bekerja. Nah dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin pencernaan akan lancar.

Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Ilustrasi Rendah KolesterolIlustrasi Rendah Kolesterol © 2019 https://www.diadona.id/wellandgood.com

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini lantaran kandungan kalium tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daging Kelapa Muda

Tidak hanya air kelapanya, daging kelapa muda juga bisa kamu konsumsi dan memiliki manfaat kelapa muda seperti berikut ini.

Ilustrasi Kelapa Muda HijauIlustrasi Kelapa Muda Hijau © 2020 https://rawpixel.com/

Pembangkit energi

Daging kelapa merupakan pembangkit energi yang baik. Apabila cadangan energimu cukup baik, maka kinerja organ-organ tubuh juga akan berjalan dengan baik pula. Daging buah kelapa memiliki rasa yang enak dan tentunya juga sehat. Jadi tidak ada salahnya apabila kamu memasukkan daging buah kelapa sebagai menu makanan sehatmu.

Memperbaiki metabolisme tubuh

Daging kelapa dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Ketika sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Maka dari itu manfaat kelapa muda ini dapat memperbaiki metabolisme tubuh kamu.

Menurunkan kolesterol

Ternyata daging buah kelapa tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan, sebab daging buah kelapa juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Selain itu daging buah kelapa juga mampu melindungi kesehatan jantungmu.

Mengandung zat antioksidan

Manfaat kelapa muda lainnya adalah mengandung zat antioksidan yang diperlukan tubuh. Terkadang racun yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung, kenaikan berat badan, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya kamu mengonsumsi daging buah kelapa.

Kaya akan serat

Daging buah kelapa kaya akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu membantu pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Manfaat kelapa muda ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Karena nutrisi yang diperlukan juga lebih banyak, manfaat kelapa muda ini yang diperlukan oleh ibu hamil. Berikut manfaat kelapa muda untuk ibu hamil tersebut.

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © the bump

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam laurat yang ada dalam air kelapa menghasilkan antivirus yang disebut dengan monolaurin yang menetralkan infeksi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menyehatkan janin

Tingginya nutrisi yang ada dalam air kelapa membantu untuk menyehatkan janin dalam kandungan.

Mengurangi kelelahan

Ibu hamil rentan untuk menderita kelelahan. Dan minum air kelapa bermanfaat untuk mengurangi kelelahan tersebut karena air kelapa akan menghidrasi tubuh dengan baik.

Menurunkan risiko diabetes

Air kelapa sangat rendah gula yang mampu menurunkan risiko untuk terkena diabetes gestasional selama kehamilan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Air kelapa yang mengandung kalium, magnesium, serta asam laurat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung.

Menghindarkan sembelit

Kehamilan menimbulkan terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan sembelit, gangguan pencernaan, serta mulas. Minum air kelapa membantu untuk menghindarkan kamu dari gangguan tersebut serta meningkatkan metabolisme.

Menjaga kesehatan ginjal

Air kelapa bersifat diuretik karena mengandung mineral. Oleh karenanya minum air kepala baik untuk menyingkirkan racun, membersihkan saluran kemih, serta menjaga kesehatan ginjal.

Mencegah morning sickness

Kandungan elektrolit di dalam air kelapa memberikan banyak manfaat untuk kehamilan seperti mencegah mual atau morning sickness. Selain itu air kepala mengandung nutrisi penting seperti mineral, kalsium, atau kalium yang membantu untuk mengontrol tekanan darah serta massa otot.

Menjaga berat badan

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Sehingga meminumnya tidak akan menyebabkan penumpukan lemak di tubuh yang berakibat bertambahnya berat badan ibu hamil.

Meningkatkan produksi air ketuban

Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil yang terakhir adalah untuk meningkatkan produksi air ketuban. Dengan begitu kesehatan janin pun akan terjamin.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat kelapa muda di atas? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar