Dianggap Sial, 5 Makanan Ini Nggak Boleh Ada saat Imlek

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 12 Februari 2021 09:37
Dianggap Sial, 5 Makanan Ini Nggak Boleh Ada saat Imlek
Yuk, intip makanan apa saja yang nggak boleh ada saat Imlek.

Imlek merupakan momen perayaan tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Tahun baru Imlek dirayakan pada tanggal 12 Februari.

Seperti perayaan besar pada umumnya, tentu nggak lengkap rasanya kalau nggak ada kehadiran hidangan yang memeriahkan acara. Imlek juga punya beberapa hidangan khas seperti kue bulan, dumpling, dan banyak lagi untuk dihidangkan di momen perayaan tersebut.

Tapi ada juga lho beberapa jenis makanan yang nggak boleh dihidangkan saat Imlek. Dilansir dari DetikFood, makanan-makanan ini dianggap bisa membawa sial saat disajikan di momen Imlek.

Apa saja ya kira-kira? Yuk, kita intip!

1 dari 5 halaman

Bubur

Ilustrasi Bubur Ayam © Diadona

Bubur dianggap tabu jika disajikan saat Imlek. Bahkan menyantap bubur di momen Imlek sangat dilarang.

Alasan dari hal ini adalah karena bubur diartikan sebagai lambang kemiskinan dan kesusahan. Masyarakat China percaya bahwa menghidangkan bubur saat Imlek bisa membuatnya terkena sial sepanjang tahun.

2 dari 5 halaman

Sayap ayam

Ilustrasi sayap ayam goreng © Diadona

Sayap ayam ternyata merupakan simbol buruk bagi masyarakat China. Banyak yang percaya bahwa sayap ayam adalah simbol pembawa sial.

Berdasarkan filosofi yang dipercaya masyarakat China, sayap adalah bagian yang digunakan untuk terbak. Kalau kita memakannya saat Imlek, dikhawatirkan hal itu akan membawa keberuntungan kita ikut terbang.

3 dari 5 halaman

Roti berongga

ilustrasi roti © Diadona

Roti dengan tekstur berlubang dilarang ada saat Imlek. Roti ini ternyata dianggap identik dengan kematian.

Makanya sebagai gantinya, masyarakat menghidangkan fa gao atau makanan yang mirip kue mangkuk. Fa gao jadi simbol keberuntungan saat Imlek karena punya tekstur padat.

4 dari 5 halaman

Pare

25 Manfaat Jus Sayur Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan © Diadona

Makanan yang memberikan rasa pahit seperti pare dan sawi juga nggak boleh ada saat Imlek. Hal itu karena makanan pahit identik dengan kesulitan dan kesusahan.

Masyarakat khawatir jika memakannya di hari Imlek akan membuat mereka mengalami kesulitan dan kesusahan sepanjang tahun. Makanya mereka lebih senang menyajikan makanan manis untuk mendapat kebahagiaan.

5 dari 5 halaman

Lobster

Ilustrasi masakan lobster © Diadona

Lobster dikenal sebagai makanan mewah yang cukup mahal. Tapi lobster justru nggak boleh dihidangkan saat Imlek.

Masyarakat China percaya bahwa memakan lobster di hari Imlek akan membuat usaha mereka mengalami kemunduran. Hal itu karena cara berenang lobster yang mengarah ke belakang.

Gimana menurut kamu?

Beri Komentar