Gak Asal Bikin, Ini Alasan Kemasan Coca-Cola Berwarna Merah

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 10 Februari 2021 19:20
Gak Asal Bikin, Ini Alasan Kemasan Coca-Cola Berwarna Merah
Ternyata ada alasan tertentu kenapa Coca-Cola memilih warna merah sebagai kemasannya.

Kamu penggemar minuman soda? Pasti udah nggak asing lagi dengan produk bernama Coca-cola. Minuman soda berwarna hitam kecokelatan ini memang punya rasa khas. Tak heran jika Coca-Cola cukup digemari oleh semua kalangan.

Yang menjadi salah satu ciri khas dari Coca-cola adalah warna merah pada kemasannya. Warna ini menjadi identitas untuk Coca-Cola dan tak pernah berubah seiring berjalannya waktu.

Namun, tahu kah kamu kenapa Coca-cola memilih warna merah sebagai warna identitas brand-nya? Rupanya, ada alasan tersendiri lho, kenapa Coca-Cola identik dengan warna merah. Apa itu? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Membedakan dengan Produk Alkohol

Coca Cola © Diadona

Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton. Seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Melansir dari Mashed, ternyata ada alasan tersendiri kenapa Coca-Cola identik dengan warna merah.

Pada tahun 1800-an, Coca-Cola banyak dijual dalam ukuran tong besar yang dikirim ke toko obat dan apotek. Di saat yang sama, pada zaman ini, minuman alkohol ternyata juga didistribusikan dalam bentuk tong besar. Hal inilah yang menimbulkan kerancuan di masyarakat, apakah yang dibawa itu alkohol ataukah Coca-Cola.

Coca Cola © Diadona

Perusahaan Coca-Cola akhirnya putar otak agar produknya bisa dibedakan dengan minuman beralkohol. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengecat barel tong Coca-Cola dengan warna merah menyala. Rupanya, dengan mengecat tong Coca-Cola berwarna merah juga bisa mempermudah pihak bea cukai.

Kenapa sih pihak Coca-Cola tak mau disamakan dengan produk alkohol?

Ternyata, melansir dari Readers Digest, di masa itu, minuman beralkohol dan non alkohol mendapat perlakuan dan peraturan yang cukup berbeda. Dengan membedakan warna, terbukti Coca-Cola jadi lebih diingat oleh para petugas bea cukai.

2 dari 3 halaman

Tak Mengubah Warna Meskipun Diproduksi Dalam Botol dan Kaleng

Coca Cola © Diadona

Setelah perkembangan dilakukan, kemasan Coca-Cola yang sebelumnya berupa tong besar kini berubah menjadi bentuk botol dan juga kaleng. Namun, perubahan ini tak diikuti dengan perubahan branding warna. Mereka tetap menggunakan warna merah di kaleng maupun di kemasan botol.

Karena sangat melekat dengan warna merah, hal ini juga digunakan oleh berbagai toko dan restoran untuk menandakan jika mereka menyajikan Coca-Cola.

3 dari 3 halaman

Warna Merah Khusus

Coca Cola © Diadona

Ternyata, ada keunikan lain di balik warna merah yang dipakai. Warna merah yang digunakan tidak memiliki identifikasi pantone atau palet warna. Warna merah yang digunakan pada kemasan Coca-Cola ini secara khusus teridri dari 3 warna yang berbeda.

Warna inilah yang sejak awal Coca-Cola masih menggunakan tong barel hingga saat ini.

Nah, sekarang udah tahu kan, kenapa Coca-Cola punya ciri khas warna merah. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar