Meriah dan Unik, Ini 7 Tradisi Imlek dari Berbagai Negara

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 1 Februari 2021 17:13
Meriah dan Unik, Ini 7 Tradisi Imlek dari Berbagai Negara
Di setiap negara, punya tradisi merayakan Imlek yang berbeda-beda.

Memasuki bulan Februari selalu identik dengan perayaan tahun baru China atau Imlek. Tradisi ini merupakan tradisi yang selalu disambut masyarakat keturunan China di seluruh dunia. Tak heran jika Imlek merupakan perayaan yang cukup meriah di berbagai negara.

Kali ini, Diadona.id akan membahas tentang berbagai macam tradisi merayakan Imlek dari seluruh dunia. Seperti apa ya kemeriahannya?

1 dari 7 halaman

Tradisi Undang Tamu - Vietnam

Tradisi Undang Tamu - Vietnam © Diadona

Di Vietnam, mereka punya tradisi berbeda untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Perayaan ini biasa disebut Tet. Hal yang pertama dilakukan saat memasuki tahun baru adalah mengunjungi rumah kerabat.

Mereka percaya tamu pertama yang mengunjungi rumahmu akan menentukan keberuntunganmu sepanjang satu tahun ke depan.

Karena hal itu, perayaan Tet dilakukan oleh masyarakat dengan mengundang orang-orang yang dianggap baik, memiliki rejeki yang banyak ataupun keberuntungan untuk berkunjung ke rumah mereka sebagai tamu pertama di tahun baru Imlek.

2 dari 7 halaman

Perayaan Seollal - Korea Selatan

Tradisi Seollal © Diadona

Seollal merupakan adat pulang kampung untuk melakukan penghormatan kepada orang tua atau leluhur yang telah meninggal. Mereka akan pulang ke tempat mereka dilahirkan. Masyarakat Korea Selatan juga menggunakan Hanbok untuk melakukan perayaan.

3 dari 7 halaman

Tradisi Membeli Bunga - Hongkong

Tradisi Membeli Bunga - Hongkong © Diadona

Di Hongkong, perayaan Imlek bisa berlangsung sleama 14 hari tepatnya sebelum hari ke-15 atau bertepatan dengan Festival Bulan Purnama setelah tahun baru Imlek.

Masyarakat Hongkong punya kebiasaan membeli bunga sehari sebelum menyambut tahun baru Imlek. Bunga dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan hal baik selama perayaan tahun baru Imlek berlangsung.

4 dari 7 halaman

Pemilihan Miss Chinatown - San Fransisco

Pemilihan Miss Chinatown - San Fransisco © Diadona

Perayaan Imlek tak hanya berlangsung di China. Bahkan, di Amerika Serikat, tepatnya di San Fransisco juga ikut memeriahkan Imlek.

Mereka punya pertunjukan unik yaitu penobatan Miss Chinatown USA. Penobatan ini diselenggarakan bertepatan dengan perayaan tahun baru Imlek di San Fransisco.

5 dari 7 halaman

Hadiah Nanas - Malaysia

Tradisi Memberi Nanas - Malaysia © Diadona

Di Malaysia, ada perayaan yang cukup unik dilakukan untuk menyambut Imlek. Di Kuala Lumpur buah Nanas menjadi buah yang cukup identik sebagai perayaan Imlek. Masyarakat keturunan China akan menghadiahkan Nanas kepada para kerabat terdekat.

Ternyata, mereka percaya jika Nanas akan mendatangkan keberuntungan. Nanas juga dilambangkan sebagai simbol kebahagiaan.

6 dari 7 halaman

Tradisi Dekorasi Buah Gantung - Filipina

Tradisi Gantung Buah - Filipina © Diadona

Biasanya, menjelang perayaan tahun baru Imlek, orang-orang akan menggantungkan delapan buah yang berbentuk bulat seperti jeruk, apel, anggur, dan lainnya untuk menyambut tahun baru Imlek. Mereka biasanya menggantungnya di atas rumah.

7 dari 7 halaman

Libur Kerja Seminggu - Macau

Ilustrasi Imlek di Macau © Diadona

Di Macau, Imlek adalah salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Pemerintah Macau punya kebijakan meliburkan para pekerja sampai 5 hari.

Beri Komentar