5 Makanan Harga Kantong 'Kering' untuk Anak Kos

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 27 Desember 2019 16:58
5 Makanan Harga Kantong 'Kering' untuk Anak Kos
Akhir bulan dan jumlah uang menipis? Itu emang nasibnya jadi anak kos. Tapi, 5 makanan ini bisa menyelamatkan hidupmu di akhir bulan, lho!

Bagaimana cara agar tetap bertahan hidup adalah jurus yang mesti para anak kos siasati. Keadaan mereka sangat bertolak belakang dengan anak rumahan yang masih mendapat fasilitas seperti disiapkan makanan oleh orang tua mereka. Selain pusing memikirkan tugas-tugas kuliah di kampus, anak kos juga mesti memutar otak hanya untuk sekadar bagaimana agar mereka bisa makan.

Akhir bulan duit cenderung tipis, belum dapat transferan dari orang rumah. Terus bagaimana? Ini 5 makanan yang cocok untuk kamu anak kos di akhir bulan.

1 dari 5 halaman

1. Nasi + Penyedap Makanan

Kamu bisa pergi ke warung makan dan beli sebungkus nasi, kira-kira Rp 3.000,00, untung-untung dapat Rp 2.000,00. Jangan lupa beli penyedap rasa, sekitar Rp 4.000,00 sampai Rp 6.000,00, sesuai selera yang bakal kamu beli. Penyedap rasa ini sangat ampuh untuk menemani nasimu yang hambar.

 

Tapi, gunakan tips ini jika memang kepepet banget. Satu saset penyedap rasa bisa habis sampai seminggu kalau kamu gunainnya nggak banyak-banyak alis secukupnya. Oh ya, jangan lupa makannya bareng-bareng sama teman kosmu. Siapa tahu bisa mereka mau berbagi lauk sama kamu.

2 dari 5 halaman

2. Nasi + Telur

Ilustrasi Nasi Telur © Diadona

Selagi sehat karena kandungan proteinnya, harga telur juga bisa terbilang masih sangat terjangkau. Beli telur di warung setengah kilo, mungkin harganya kisaran Rp 10.000,00 sampai Rp 12.000,00. Kalau bisa sih kamu nggak usah beli nasi, alias masak nasi sendiri di kos pakai magic com.

Jangan lupa kosmu harus sudah ada kompor sama wajannya. Kalau nggak ada, coba ke kos sebelah, minjem. Usaha! Sehari dua kali aja makannya. Kalo bisa satu sali, lebih bagus. Seminggu pasti cukup.

3 dari 5 halaman

3. Mie Instan

Ilustrasi Mie Instan © Diadona

Ini sih makanan wajib anak kos. Sejak awal bulan kamu harus sudah menyetok beberapa bungkus. Mie instan ini bisa diibaratkan 'pertolongan pertama'-nya anak kos, lho. Pembuatannya juga nggak susah. Tinggal masak air, masukkan mie ke dalam panci, tuang ke piring beserta bumbunnya. Jadi, deh!

4 dari 5 halaman

4. Burjo

Burjo alias bubur kacang ijo bisa menjadi solusi makanan lainnya. Dengan harganya Rp 5.000,00 hingga Rp 6.000,00 saja, kamu bisa kenyang karena kandungan protein si kacang hijau ini. Kalau lagi hoki, kamu juga bisa aja ketemu teman-temanmu di sana dan ngobrol sampai lupa waktu. Jangan sungkan untuk cerita tentang kondisi keuanganmu. Siapa tahu kamu dibayarin.

5 dari 5 halaman

5. Minuman Sereal

Ilustrasi Minuman Sereal © Diadona

Walau bentuknya adalah minuman, sebenarnya minuman sereal juga bisa sebagai pengganti makanan sebagai sarapan. Ini bisa menjadi pilihan untuk 'kantong'-mu yang tipis di akhir bulan. Selain itu, sarapan ini juga memiliki macam varian rasa. Walau direkomendasikan untuk sarapan, kamu juga bisa mengonsumsinya untuk makan siang, atau bahkan malam. Ya, gimana lagi. Namanya juga kepepet.


Terakhir, untuk jaga-jaga, siapkan obat sakit perut sejak awal bulan. Selamat mencoba!

Beri Komentar