5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak, Meskipun Sudah Sering Melakukan

Reporter : Galang
Rabu, 16 Februari 2022 19:54
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak, Meskipun Sudah Sering Melakukan
Apakah kamu sering melakukan kesalahan ini?

Mayoritas orang sudah terbiasa memasak, kenyataannya masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat memasak.

Memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masakan rasanya lezat.

Melansir dari Bright Side (15/2), sekitar 7 kesalahan memasak masih sering dilakukan oleh sebagian orang. Di antaranya seperti memasak daging dalam kondisi beku, menambahkan minyak dalam rebusan pasta, hingga menggunakan pisau.

Berikut ini 5 kesalahan memasak yang harus dihindari.

1 dari 5 halaman

Masak daging beku

Ilustrasi daging © Diadona

Menyimpan daging di dalam freezer hingga beku dapat menjaga kualitas daging agar tetap baik. Namun daging yang beku tak boleh langsung dimasak.

Setidaknya kamu harus mendiamkan daging terlebih dahulu dalam suhu ruang beberapa saat sampai tekstur daging kembali seperti semula.

2 dari 5 halaman

Gunakan pisau yang sama

 

Pisau yang biasa digunakan dalam memasak ada beragam jenisnya. Ada yang digunakan untuk buah, memotong daging, hingga pisau daging.

Untuk memotong daging, pilihlah pisau yang besar. Sedangkan untuk sayuran dan buah, pilih pisau kecil. Kalau ingin memotong roti, pisau yang digunakan harus bergerigi.

3 dari 5 halaman

Mengaduk nasi

Ilustrasi nasi putih © Diadona

Saat memasak nasi, pasti sangat diharapkan tekstur yang pulen. Tujuannya agar enak saat disantap bareng lauk favorit.

Kalau nasi yang dimasak matang, jangan langsung diaduk karena dapat merusak tekstur. Untuk memunculkan nasi yang sesuai tekstur, gunakan air sesuai takaran. Umumnya dipakai 1 cangkir air untuk setengah cangkir beras.

4 dari 5 halaman

Asal Pakai Minyak

Minyak Goreng © Diadona

Minyak untuk masakan ada beragam jenisnya. Ada yang khusus untuk menggoreng, menumis, maupun minyak campuran makanan yang tidak dimasak.

Agar masakan terasa nikmat, minyak yang digunakan juga harus tepat. Misalnya minyak zaitun yang ideal untuk saus salad atau menumis pada suhu rendah.

5 dari 5 halaman

Tidak mencicipi makanan

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Agar mengetahui cita rasa makanan yang telah kamu masak, jangan lupa untuk mencicipinya terlebih dahulu. Karena tak ada yang salah dengan mencicipi makanan sebelum matang.

Dengan itu kamu mengetahui rasa masakanmu, seperti tingkat keasinan, manis, hingga pedasnya.

 

Beri Komentar