Mungkin Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Huruf 'K' yang Biasa Ditemukan di Harga Menu

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 12 Oktober 2021 12:07
Mungkin Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Huruf 'K' yang Biasa Ditemukan di Harga Menu
Ternyata ada cerita di balik huruf 'K' ini lho!

Setiap datang ke sebuah restoran, kafe, coffeshop atau pusat perbelanjaan, pastinya kamu sering melihat sebuah harga dengan akhir penulisan yang ditulis dengan satuan 'K'. Seperti makanan seharga 10K atau peralatan dapur seharga 80K.

Selain itu, di media sosial juga ada huruf K untuk menyatakan jumlah pengikut atau like. Jadi huruf K tidak selalu mematok pada harga maupun uang saja.

1 dari 3 halaman

Berakar dari Yunani

Melansir Merriam-Webster, Huruf K memiliki arti 'ribu' yang berasal dari bahasa Yunani (Greek/Greece). Kata tersebut biasa ditulis 'χ?λιοι' atau dibaca 'cilia/cilo'.

Kilo adalah unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Dalam tingkatannya, kilo sama dengan 1.000 gram dan 1.000 meter.

2 dari 3 halaman

Sudah Diperkenalkan Sejak Dulu

Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali, adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem perhitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang.

Pada tahun 1945, terdapat catatan dalam glosarium buku teks Basic Electrical Engineering terbitan McGraw-Hill's yang menyatakan bahwa 'K' sebagai ribu.

Beri Komentar