Ternyata Pempek Menyembunyikan 4 Filosofi Hidup yang Mendalam, Simak dan Resapi!

Reporter : Galang
Selasa, 15 Februari 2022 14:31
Ternyata Pempek Menyembunyikan 4 Filosofi Hidup yang Mendalam, Simak dan Resapi!
Pempek pun punya filosofi hidup, simak nih!

Ragam kuliner Indonesia sudah sangat terkenal di berbagai negara, sebarannya pun ada dari Sabang sampai Merauke. Dari sekian banyak ragam kuliner nusantara itu, tidak terkecuali wilayah Sumatera Selatan.

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Selatan, wajib untuk kamu mencoba Pempek.  Makanan yang lebih terkenal khas Palembang ini terbuat dari olahan ikan dan tepung. Pempek sendiri disajikan lengkap dengan kuah cuko. Rasa gurih dan manis dalam satu gigitan sangat menggiurkan, maka  tidak heran Pempek menjadi makanan favorit di Indonesia.

Selain rasa yang nikmat, ternyata pempek menyimpan filosofi yang jarang diketahui banyak orang, lho. Mulai dari tekstur, bentuk, hingga rasa pempek memiliki makna mendalam yang bisa menjadi pelajaran dalam menjalani hidup.

1 dari 4 halaman

Tekstur kenyal melambangkan fleksibilitas dan dinamika

Tekstur kenyal Pempek punya arti bahwa hidup harus luwes dan peka terhadap perubahan. Zaman yang terus berkembang harus diikuti oleh individu untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Jika kamu bisa berbuat seperti itu, maka kamu akan bisa beradaptasi dan tidak akan mengalami kesulitan seiring perkembangan zaman.

2 dari 4 halaman

Cita rasa melambangkan keseimbangan hidup

Ilustrasi Pempek Telur Tanpa IkanIlustrasi Pempek Telur Tanpa Ikan © Cookpad.com/@SilviAnisa

Kelezatan Pempek datang dari perpaduan keseimbangan berbagai macam bumbu. Rasa gurih datang dari olahan ikan, rasa manis dan asam datang dari cuko. Dari perpaduan rasa tersebut, pempek dapat disajikan di berbagai kesempatan karena cita rasanya yang cocok dengan lidah banyak orang.

Ketika manusia bisa menjalani hidupnya dengan seimbang, maka berbagai manfaat akan hadir seperti terhindar dari stres, semakin produktif, dan berdamai dengan diri sendiri. Hal tersebut dapat ditempuh jika kita bijak dalam mempertimbangkan berbagai hal.

3 dari 4 halaman

Pemikiran realistis dari kuah cuko

Kenyataan hidup memang naik turun, ada kalanya berada di puncak kesenangan, tapi beberapa saat kemudian terjerumus dalam kesedihan. Rasa manis dan asam dari kuah pempek menjadi pengingat kita untuk selalu realistis dalam menjalani kehidupan.

Ketika manusia memilih untuk bersikap realistis, maka hal itu dapat meminimalkan rasa kecewa yang akan dialami. Rasa kecewa tidak dapat dihindari, tapi dampaknya dapat diminimalkan.

4 dari 4 halaman

Kredibilitas yang digambarkan melalui kualitas pempek

Ilustrasi Pempek PalembangIlustrasi Pempek Palembang © bukalapak.com

Rasa nikmat dan segar Pempek selalu diutamakan dengan cara menjaga kesegaran ikan. Dalam artian, tiap individu sebaiknya mampu menjaga kualitas diri dan meningkatkan kemampuan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Kredibilitas yang tinggi akan keluar sejalan dengan kualitas individu.

Beri Komentar