3 Jenis Makanan yang Akan Disantap Penghuni Surga untuk Pertama Kali, Apa Saja?

Reporter : Kurnia
Jumat, 3 Desember 2021 08:46
3 Jenis Makanan yang Akan Disantap Penghuni Surga untuk Pertama Kali, Apa Saja?
Makanan-makanan ini mengandung banyak nustrisi dan mahal di dunia

Surga menjadi tempat paling mulia yang dijanjikan Allah SWT untuk hambanya. Ketika berada di Surga, apa sih makanan yang pertama kali akan disantap oleh para penghuni Surga?

Sudah dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Al Qur’an, bahwasannya surga digambarkan sebagai tempat yang jauh lebih indah bahkan seluas langit dan bumi.

1 dari 5 halaman

Tak hanya itu, Allah SWT bahkan menjanjikan kepada semua umatnya yang beriman, ‘apa saja yang diminta dan butuhkan akan selalu dikabulkan, termasuk juga soal makanan dan minuman enak nan lezat,’ ketika mereka berada di Surga.

Namun, makanan apa saja sih yang pertama kali akan disantap oleh penghuni Surga kelak?

2 dari 5 halaman

Hati Ikan Paus

Dikutip dari berbagai sumber, hati ikan paus merupakan makanan makanan terbaik bagi penghuni Surga. Kenapa harus hati ikan paus?

Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan bahwa ada tujuan di balik menu dipilihnya hati ikan paus sebagai makanan pertama bagi penghuni Surga. Tujuannya adalah untuk menunjukkan betapa lelahnya kehidupan di dunia dan berakhirnya dunia yang fana ini.

Apakah hati ikan paus hanya satu-satunya makanan yang disajikan pertama kali?

Secara ilmiah, hati ikan paus merupakan bagian yang terbaik dan kaya akan vitamin D. Selain itu, hati ikan paus memiliki banyak manfaat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi lemak dalam tubuh, dan mengurangi nyeri sendi.

3 dari 5 halaman

Daging Sapi Jantan Surga

Ilustrasi Masakan Daging SapiIlustrasi Masakan Daging Sapi © rawpixel.com

Dalam Shahih Muslim dari Tsauban menyebutkan  jika ada yang bertanya tentang makanan apa lagi yang akan dimakan pertama kali oleh penghuni Surga setelah hati ikan paus?

Nabi Muhammad SAW menjawab, " Disembelihkan untuk mereka sapi surga yang mereka makan dari ujung-ujungnya," ujarnya.

Sapi jantan Surga adalah hewan mulai yang makanannya saja tumbuh di tepi Surga. Kemudian sapi jantan tersebut akan disembelih, dimasak dan disajikan untuk Hamba Allah SWT yang terpilih.

4 dari 5 halaman

Minuman dan Buah Istimewa

Ilustrasi Buah-BuahanIlustrasi Buah-Buahan © Unsplash/Brenda Godinez

Bukan hanya makanan, para penghuni surga juga akan disajikan minuman spesial. Dikatakan spesial karena minuman tersebut diambil dari sebuah mata air.

" Minuman mereka diambil dari mata air Salsabila," ujar Nabi Muhammad SAW.

Imam an-Nawawi mengatakan bahwa apa yang akan disajikan kepada para penghuni surga mengacu apa yang disambut dengan baik oleh seorang pria. Ibrahim al-Halabi berkata, " Biasanya buah-buahan berkualitas baik," .

Beri Komentar