5 Cara Membuat Pempek Palembang Beserta Cukonya yang Enak dan Gampang, Kamu Harus Coba nih!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 12 Oktober 2021 13:00
5 Cara Membuat Pempek Palembang Beserta Cukonya yang Enak dan Gampang, Kamu Harus Coba nih!
Cara membuat pempek ini pun juga sangat mudah, bahkan tetap bisa membuatnya tanpa menggunakan bahan ikan loh.

Pempek adalah khazanah kuliner Indonesia yang rasa-rasanya sudah banyak sekali penggemarnya. Kuliner asli Palembang ini seperti sudah menghipnotis lidah siapa pun penikmatnya untuk mengunyahnya lagi dan lagi.

Hampir semua daerah di Indonesia pasti ada penjual makanan dengan bahan dasar ikan ini, namun jika lebih menikmatinya sesuia selera kamu bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Cara membuat pempek ini pun juga sangat mudah, bahkan tetap bisa membuatnya tanpa menggunakan bahan ikan loh.

Jadi, Diadona.id telah merangkum cara membuat pempek lengkap dengan cukonya yang bisa kamu tiru dan kreasikan sendiri di rumah. Nah, buat kamu yang sudah nggak sabar ingin membuat pempek sesuai selera kamu sendiri, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Cara Membuat Pempek Palembang

Cara Membuat Pempek PalembangCara Membuat Pempek Palembang © Shutterstock.com

Pertama adalah cara membuat pempek Palembang. Ini adalah pempek yang paling umum, namun biar kamu bisa menikmati pempek yang lembut dan tidak liat kamu bisa mengikuti resep dan cara memasaknya di bawah ini

langkah awalnya ya jelas kamu harus menyiapkan bahan-bahan tama di bawah ini:

- 1 kg daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus
- 1 kg tepung sagu
- 5 siung bawah putih, haluskan ya.
- 250 ml air es
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat atau memasaknya:

1. Masukkan ikan tenggiri, garam, bawang, penyedap rasa dan air es, lalu campurkan dan aduk hingga tercampur dengan merata.
2. Kemudian, tambahkan tepung sedikit demi sedikit, uleni atau aduk hingga adonan pempek menjadi kalis.
3. Bentuk adonan sesuai seleramu. Jika sudah, kamu bisa langsung merebus adonan pempek yang telah dibentuk ke air yang sudah mendidih.
4. Jika adonan mengapung, itu artinya pempek sudah matang. Bisa langsung ditiriskan deh.
5. Sampai di sini kamu bisa langsung menyajikannya atau bisa digoreng dulu. Bebas, sesuai selera kamu aja hehe.

2 dari 6 halaman

2. Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan

Ilustrasi PempekIlustrasi Pempek © Recipestab.blogspot.com

Buat kamu yang kurang begitu suka ikan, kamu bisa membuat pempek tanpa bahan dasar ikan loh. Untuk cara membuat pempek tanpa ikan, langsung simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

- 200 gram tepung sagu, diayak
- 100 gram tepung terigu, diayak
- 1 sdt kaldu jamur
- 1/2 sdt gula pasir
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 220 ml air mendidih
- 1 butir telur ayam, kocok lepas

Cara membuat:

1. pertama, campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, bawang putih, kaldu jamur, dan gula. Tuang air sedikit demi sedikit. Diamkan hingga adonan mencapai suhu ruang.

2. Tambahkan telur yang sudah dikocok kemudian jangan lupa untuk mengaduknya hingga rata.

3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke adonan sambil diuleni.

4. Bentuk adonan bulat memanjang atau bisa juga dituang ke loyang. Bebas sih ini, sesuaikan dengan selera kamu aja.

5. Panaskan kukusan. Jika sudah, kukus pempek selama kurang lebih 30 menit.

6. Taraaaa, pempek yang sudah dikukus ini sudah bisa dinikmati. Atau, bisa digoreng jika kamu suka.

3 dari 6 halaman

3. Cara Membuat Pempek Kapal Selam

Cara Membuat Pempek Kapal SelamCara Membuat Pempek Kapal Selam © masakapahariini.com

Salah satu pempek yang cukup banyak diminati adalah Pempek Kapal Selam. Ternyata, kamu bisa loh membuat sajian ini di rumah, Cara membuat pempek kapal selam ini juga gampang loh.

Persiapkan bahan-bahannya dahulu ya:

- 500g ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
- 400g tepung tapioka
- 30g tepung terigu
- 1sdm penyedam makanan
- 1sdt bawang putih bubuk
- 220ml air es
- 4 butir kuning telur ayam untuk isian

Begini cara membuatnya:

1. Pertama, aduk rata ikan tenggiri dan setengah bagian air. Masukkan tepung terigu, aduk rata, tambahkan tepung tapioka dan sisa air sambil terus diaduk. ?

2. Kemudian, masukkan penyedap makanan, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan. Uleni hingga adonan tercampur dengan rata.

3. Sambil menunggu, kamu bisa memanaskan air untuk nanti merebus pempek.

4. Balik lagi ke adonan tadi. Bagi adonan menjadi 4 bagian, bulatkan. Gulingkan ke tepung tapioka hingga tertutup rata agar adonan lebih mudah dibentuk. ?

5. Nah, kemudian ambil satu bagian, lalu bentuk menjadi mangkuk, masukkan telur ke dalamnya, tutup perlahan, rapikan pinggirannya hingga terbentuk seperti pempek kapal selam.

6. Jika sudah mengapung, artinya pepek sudah matang. Kamu bisa langsung menikmatinya atau bisa kamu goreng agar lebih gurih dan nikmat.

4 dari 6 halaman

4. Cara Membuat Pempek Udang

Cara Membuat Pempek UdangCara Membuat Pempek Udang © Instagram/@deviirwantari

Oh iya, selain dengan ikan kamu jyag bisa membuat pempek dengan bahan dasar udang loh. Cara membuat pempek ini nggak beda jauh kok dengan pempek biasanya. Yuk simak cara-caranya.

Bahan-bahan pempek udang

- 250 gram udang giling
- 500 gram tepung tapioka
- 200 gram tepung terigu
- 200 gram tepung sagu untuk baluran
- 180 ml santan kelapa
- 1 butir telur
- 60 gram bawang putih bubuk
- 1sdm baking soda
- Garam, merica, dan daun bawang secukupnya

Cara membuat:

1. Campur daging udang dengan bawang putih, telur, daun bawang, dan merica. Aduk rata.

2. Masukkan santan dan baking soda ke dalam adonan. Aduk rata.

3. Masukkan garam secukupnya. Aduk rata.

4. Masukkan tepung terigu dan tapioka sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.

5. Ambil 1 genggaman kecil adonan, baluri dengan tepung sagu sambil dicubit-cubit agar keriting. Lakukan sampai semua bahan adonan habis.

6. Panaskan minyak dengan api kecil. Goreng hingga setengah matang, angkat dan gunting pinggirannya, lalu goreng kembali hingga matang sempurna. Lakukan sampai semua bahan adonan habis.

5 dari 6 halaman

5. Cara Membuat Cuko Pempek

Cara Membuat Cuko PempekCara Membuat Cuko Pempek © Shutterstock.com

Setelah membuat berbagai macam pempek, ini waktunya kamu mmebuat pelengkapnya, yaitu cuko. Pempek tanpa cuko sama halnya hidup tanpa cinta alias kurang hehehe.

Begini cara membuat cuko pempek yang enak dan bikin nagih. Pertama siapkan bahan-bahannya dulu, ya.

- 3/4 liter air bersih
- 250 gram gula merah yang telah dihaluskan
- 150 gram bawang putih yang telah dicincang halus
- 100 gram cabai rawit yang telah dihaluskan
- 60 gram air asam jawa
- 1 sendok makan ebi kering bubuk
- cuka secukupnya
- garam secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus gula merah, asam jawa, dan cuka ke dalam air mendidih.
2. Setelah gula larut, tambahkan bawang putih, ebi, cabai rawit, dan garam.
3. Rasakan dan sesuaikan dengan selera.

Jadi, itu ya guys beberapa resep dan cara membuat pempek yang bisa kamu kreasikan sendiri di rumah. Tentunya jangan lupa juga untuk membuat cukonya. Ingat, pempek tanpa cuko seperti dunia tanpa cinta alias hampa hehehe.

Anyway, kalau kamu punya resep versi kamu sendiri akmu bisa shar di kolom komentar ya. Juga, selamat mencoba dan berkreasi ya!

Beri Komentar