5 Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Khas Madura di Rice Cooker Campur Kacang Hijau Tanpa Direndam

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 26 April 2020 19:37
5 Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Khas Madura di Rice Cooker Campur Kacang Hijau Tanpa Direndam
Bubur ketan hitam yang manis dan gurih sangat cocok dinimati sebagai salah satu menu takjil. Yuk Moms buat sendiri di rumah!

Banyak sekali olahan bubur yang lezat dan tentunya nikmat mulai dari bubur ayam, kacang hijau dan ketan hitam. Bubur ketan hitam sendiri merupakan salah satu olahan manis dengan bahan dasar ketan hitam yang dimasak hingga lembut dan kental.

Biasanya ketan hitam akan direndam terlebih dahulu untuk memudahkan proses memasak sehingga mudah lunak atau empuk. Sajian bubur ketan hitam akan semakin nikmat dengan siraman santan kental dan gurih. Rasa santan yang sedap ini dihasilkan dari bahan daun pandan dan sedikit garam.

Moms tentunya juga bisa membuat sajian bubur ketan hitam ini di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana. Yuk Moms coba buat sendiri sajian bubur ketan hitam di rumah yang pas disantap sebagai salah satu menu takjil. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat bubur ketan hitam yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam yang Enak

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam yang Enak © Diadona

Bubur ketan hitam akan menjadi salah satu sajian enak dan pas disantap sebagai salah satu menu berbuka puasa. Yuk Moms nggak perlu riber dan bingung. Buat saja olahan manis dengan melihat resep cara membuat bubur ketan hitam yang enak berikut ini.

Bahan:
- 350 gram ketan hitam
- 2 1/2 liter air
- 10-15 sdm gula
- 2 sdt garam
- 6 lembar daun pandan

Kuah santan:
- 1 buah kelapa
- 2 lembar daun pandan
- Secukupnya garam

Cara membuat bubur ketan hitam yang enak:

a. Cuci bersih ketan dan rendam semalam dengan takaran air 2 1/2 liter. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mengental bersama daun pandan, gula, dan garam. Aduk terus hingga mengantal.

b. Masak santan kental kelapa dengan daun pandan dan garam secukupnya hingga matang.

c. Pakai 1 buah kelapa, endapkan dan ambil santan kentalnya. Bubur ketan hitam siap dihidangkan dengan santan kelapa gurih.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Campur Kacang Hijau

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam Kacang Hijau © Diadona

Bubur ketan hitam akan semakin nikmat dengan campuan bubur kacang hijau. Kedua olahan ini merupakan perpaduan manis yang pas dan cocok dinikmati bersama keluarga. Simak langsung resep cara membuat bubur ketan hitam campur kacang hijau berikut ini.

Bahan bubur kacang hijau:
- 250 gram Kacang Hijau
- 1 lembar Daun Pandan
- 100 gram Gula Merah
- 1200 ml Air Matang
- 4 cm Jahe
- 400 ml Santan
- 1/2 sendok teh Garam
- 1/4 sendok teh Vanili

Bahan bubur ketan hitam:
- 150 gram Beras Ketan Hitam
- 1000 ml Air Matang
- 75 gram Gula Pasir
- 1/2 sendok teh Garam
- 1 lembar Daun Pandan

Kuah santan:
- 250 ml Santan Kental
- 2 sendok teh Tepung Maizena
- 1/2 sendok teh Garam
- 1 lembar Daun Pandan

Cara membuat bubur ketan hitam campur kacang hijau:

a. Bersihkan Kacang hijau dan beras ketan hitam secara terpisah, rendam masing-masing dalam wadah berbeda selama 8 jam dan cuci bersih.

b. Buat bubur kacang hjau dulu, rebus kacang hijau yang sudah direndam dengan daun pandan yang diikat dan jahe yang dimemarkan, biarkan mendidih hingga air berkurang dan kacang empuk.

c. Masukkan gula aren, vanili bubuk dan santan. Biarkan mendidih lagi hingga kekentalan sesuai selera.

d. Buat bubur ketan hitam dengan cara rebus 1200 ml air dan daun pandan yang diikat hingga mendidih. Masukkan beras ketan hitam yang telah dicuci dan direndam, biarkan mendidih lagi lalu kecilkan api.

e. Masukkan garam dan gula pasir, aduk-aduk. Biarkan meletup-letup hingga kental.

f. Encerkan santan 100 ml kara dengan 150 ml air matang, aduk rata. Masukkan dalam panci bersama daun pandan yang telah diikat, tambahkan garam, aduk-aduk sampai mendidih

g. Masukkan larutan tepung maizena. Biarkan mendidih lagi. Matikan Api, angkat. Sajikan Bubur kacang hijau dengan tambahan bubur ketan hitam dan kuah santan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Tanpa Direndam

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam Tanpa Direndam © Diadona

Bubur kacang hijau umumnya diolah hingga lunak bersama air sesuai takarannya. Sebelum itu, ketan hitam harus di rendam untuk memudahkan proses agar cepat empuk. Tapi, ada juga tips membuat bubur kacang hijau tanpa diremdam. Simak langsung resep mudah cara membuat bubur kacang hijau tanpa direndam berikut ini.

Bahan:
- 200 gram ketan hitam
- 1200 ml air
- 10 sdm gula pasir
- 1 sdt garam
- 3 sdm tepung tapioka
- Vanilli
- 3 lembar daun pandan
- 1 ruas jahe

Bahan santan:
- 65 ml santan kara
- 1/2 sdt garam
- 200 ml air
- 1 lembar daun pandan

Cara membuat bubur ketan hitam tanpa direndam:

a. Didihkan air dipanci, setelah mendidih masukkan ketan hitam, jahe geprek dan daun pandan.

b. Masak selama 5 menit dengan api besar dan jangan ditutup. Setelah 5 menit, matikan kompor, pancinya ditutup, diamkan 30 menit.

c. Masak kembali 7 menit, masukkan bahana gula, garam, dan tepung tapioka yang sudah dilarutkan sedikit ai. Aduk dan masak hingga meletup dan koreksi rasa.

d. Masak santan dengan mencampurkan semua bahan santan, aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih. Bubur ketan hitam siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam di Rice Cooker

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam Rice Cooker © Diadona

Jika Moms nggak mau ribet memasak di kompor, maka Moms juga bisa loh membuat bubur ketan hitam ini menggunakan alat rice cooker. Langsung saja Moms simak resep selengkapnya cara membuat bubur ketan hitam di rice cooker berikut ini.

Bahan:
- 250 gr ketan hitam
- 1600 ml air
- 150 gula pasir
- 1/2 sdt garam

Bahan santan:
- 1 santan kara kecil
- 200 ml air
- 1 sdm susu bubuk
- sejumput garam

Cara membuat bubur ketan hitam di rice cooker:

a. Cuci bersih ketan hitam, rendam semalam, cuci sekali lagi kemudian masukkan ke dalam rice cooker. Masukkan air, tekan tombol cook.

b. Setelah tombol menjadi warm aduk ketan hingga rata. Tuangkan gula dan garam, aduk sekali lagi, dan tekan tombol cook. Setelah tombol menjadi warm tunggu 1 jam, baru matikan rice cooker.

c. Buat kuah santan dengan cara masukkan semua bahan rebus sampai matang. Hidangkan bubur ketan hitam tambahkan kuah santan di atasnya.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Madura

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam Madura © Diadona

Bubur ketan hitam Madura yang manis dan gurih ini juga bisa moms buat di rumah. Nggak perlu bingung dan pergi ke Madura, ya. Yuk segera persiapkan bahan cara membuat bubur ketan hitam Madura di bawah ini.

Bahan:
- 2 cup beras ketan hitam, rendam semalam
- 2 bungkus sun kara
- 8 cup air
- 1 cup gula pasir
- secukupnya garam
- 3 lembar daun pandan
- secukupnya sirup rasa frambozen
- secukupnya garam
- 4 sdm tepung tapioka, larutkan dengan air 1 cup
- Secukupnya es batu
- Secukupnya roti tawar

Cara membuat bubur ketan hitam Madura:

a. Masukkan beras ketan hitam, air, daun pandan dan garam. Masak dan terus aduk hingga matang dan empuk.

b. Masukkan gula pasir dan larutan tepung tapioka, aduk rata lalu koreksi rasa, angkat dan sisihkan.

c. Buat santan dengan cara masukkan air dan santan kara ke dalam panci. Rebus hingga mendidih, masukkan garam dan daun pandan, angkat setelah matang.

d. Sajikan bubur ketan si mangkok, tambahkan santan lalu masukkan sirup dan es batu. Taburin dengan roti tawar dan siap disajikan.

Itulah resep cara membuat bubur ketan hitam yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Cocok sekali Moms dijadikan menu takjil dan berbuka puasa. Selamat berkreasi!

Beri Komentar