16 Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan, Miss V, dan Wajah

Reporter : Shofi Febri
Selasa, 11 Februari 2020 13:23
16 Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan, Miss V, dan Wajah
Daun pandan bisa bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan tubuhmu?

Mungkin kamu mengetahui daun pandan hanya sebagai bahan tambahan dalam setiap hidangan untuk menambah aroma atau warna pada makanan tersebut. Tapi tahukah kamu jika manfaat daun pandan ini juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kamu? Berikut adalah manfaat daun pandan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Manfaat daun pandan juga bisa untuk kesehatan tubuh kamu loh. salah satunya dapat untuk menurunkan darah tinggi. Berikut manfaat daun pandan lebih lengkapnya.

 

Mengatasi diabetes

Apabila kamu telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes, maka kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi daun pandan. Manfaat daun pandan untuk kesehatan ini bisa digunakan sebagai pengganti gula atau pemanis. Gunakan daun pandan sebagai pengganti pemanis atau gula yang biasanya kamu konsumsi. Daun pandan akan membuat rasanya semakin segar dan gurih.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat daun pandan untuk kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada berbagai macam penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk merasakan manfaatnya, berbagai sumber menyebutkan bahwa mengonsumsi teh pandan dua kali sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuat teh pandan cukup mudah.

Kamu hanya perlu merebus 3 gram daun pandan dengan menggunakan dua hingga tiga gelas air. Tunggu sampai air berkurang setengahnya. Setelah jadi, konsumsilah setengah teh pandan setiap pagi hari dan setengahnya lagi di malam hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi teh pandan secara teratur untuk mendapatkan manfaat lainnya seperti mencegah penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner.

Meredakan nyeri

Manfaat daun pandan mengandung sifat pencahat yang dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit kepala, nyeri dada, dan radang sendi. Maka dari itu, kamu dapat merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan sebagai penghilang rasa nyeri.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, gunakan daun pandan sebagai teh. Konsumsi teh pandan dua kali dalam sehari secara teratur. Selain meredakan nyeri, manfaat daun pandan lainnya mampu untuk mengurangi kram perut yang berhubungan dengan radang dan infeksi. Sedangkan untuk ibu melahirkan, teh pandan baik untuk membantu pemulihan setelah kelahiran.

Anti kanker

Menurut penelitian, ekstrak daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan yang terdapat dalam daun pandan ini memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker. Kamu bisa merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan dengan menikmatinya sebagai minuman teh. Konsumsi teh pandan secara teratur dua kali dalam sehari untuk menangkal efek racun dan mengambat perkembangan kanker.

Meredakan demam

Demam merupakan salah satu gejala yang menandakan tubuh sedang melawan infeksi. Seseorang yang sedang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Untuk mengurangi demam, kamu bisa menggunakan daun pandan. Cara penggunaannya dengan merebus daun pandan dan meminum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Miss V

Ilustrasi Tanda PeaceIlustrasi V © 2020 https://rawpixel.com/

Bagi wanita, sangat penting untuk menjaga organ intimnya tetap bersih dan wangi. Caranya bisa bermacam-macam mulai dengan membersihkan organ intim, memberi ratus pewangi atau pengasapan serta mengonsumsi ramuan herbal. masalah yang paling umum terjadi pada organ intim wanita adalah keputihan yang disebabkan oleh jamur akibat kurangnya kebersihan dalam menjaga organ intim.

Selain itu, penggunaan celana dalam dan jeans yang terlalu ketat juga bisa jadi pemicunya. Maka dari itu penting untuk menjaga organ intim kamu sehat dan wangi. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal yang berisi akar wangi, kayumanis, sirih, pandan, dan daun jeruk. Kelima bahan ini digunakan untuk mengurangi lendir akibat keputihan, mengharumkan vagina dan menghilangkan bau pascamenstruasi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan Wangi

Selain untuk manfaat kesehatan tubuh, manfaat daun pandan juga bisa digunakan untuk rambutmu loh. Berikut manfaat daun pandan wangi yang harus kamu ketahui.

Meningkatkan nafsu makan

Ilustrasi MakanIlustrasi Makan © 2019 https://www.diadona.id/nix photo@pexels

Menurunnya nafsu makan bisa mengakibatkan masalah kesehatan tubuh. Penyebab nafsu makan menurun salah satunya diakibatkan oleh indera penciuman yang bermasalah. Untuk meningkatkan nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi teh pandan. Manfaat daun pandan ini bisa diminum dua kali sehari untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi insomnia

Manfaat daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan efek menenangkan untuk tubuh. Sehingga daun pandan cocok untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia yang sedang kamu derita. Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa memberikan efek tenang dan membuat kamu lebih mudah tidur. Untuk mendapatkan manfaat daun pandan, seduh daun pandan dengan air panas. Lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Konsumsilah selagi hangat.

Meningkatkan stamina

Manfaat daun pandan juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar selalu fit dan bertenaga sepanjang hari. Untuk merasakan manfaat daun pandan, kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun pandan.

Cara membuatnya, cukup rebus hingga mendidih lima lembar daun pandan ke dalam tiga gelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tambahkan air lemon, lalu minum setiap dua hari sekali.

Menghilangkan sakit di tubuh

Ilustrasi Wanita CapekIlustrasi Wanita Capek © 2020 https://rawpixel.com/

Lelah setelah seharian melakukan aktivitas membuat tubuh sebagian orang terasa sakit atau pegal-pegal. Untuk meredakan sakitnya, kamu bisa menggunakan manfaat daun pandan untuk kesehatan. Bahan yang dibutuhkan untuk meredakan rasa sakit di tubuh adalah 5 lembar daun pandan dan 20 lembar daun serai. Kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut dan haluskan keduanya.

Setelah halus, tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Gunakan racikan tersebut ke area tubuh yang terasa sakit dengan cara menggosokkannya.

Mencegah rambut rontok

Menggunakan sampo alami dari daun pandan secara rutin, efektif untuk mencegah rambut rontok. Kamu bisa menambahkan campuran bunga melati dan mawar untuk menambah manfaat daun pandan untuk mencegah rambut rontok.

Mengatasi rambut kusut dan kusam

Selain mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok, daun pandan juga bermanfaat untuk mengatasi rambut kusut dan kusam. Cara pemanfaatannya hampir sama dengan cara sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa merebus terlebih dahulu daun pandan sebelum digunakan.

Mengatasi masalah ketombe

Ilustrasi ketombeIlustrasi ketombe © 2019 https://www.diadona.id/allthingshair.com

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, ternyata daun pandan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya mengatasi masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering. Kamu bisa membuat sendiri sampo daun pandan dengan menghaluskannya dan menambahkan air. Aduk campuran tersebut sampai menjadi pasta, lalu gunakan sebagai sampo seperti biasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Wajah

Tidak hanya untuk kesehatan rambut, manfaat daun pandan juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Berikut manfaat daun pandan untuk wajah.

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://rawpixel.com/

Menghilangkan komedo

Singkirkan komedo yang membandel dengan masker yang dibuat dari 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Haluskan semua bahan dan campur hingga menjadi pasta kental. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Aromatherapy face steam

Untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering, berminyak, dan kusam, coba saja lakukan facial steam dengan air seduhan pandan. Minyak esensial yang terkandung di dalam pandan bisa membantu meredakan pusing dan menenangkan pikiran. Selain itu uapnya juga bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan menghaluskan kulit.

Sediakan sebaskom kecil air rebusan pandan yang masih panas. Kemudian ikatkan handuk di sekeliling kepala. Pastikan wajah sudah bersih dari makeup, kemudian tempatkan wajah di atas baskom. Kira-kira 10 cm di atas baskom selama 2 sampai 3 menit.

Menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit, manfaat daun pandan juga ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Kamu bisa menghaluskan daun pandan dan menggunakannya sebagai lulur. Pemakaian teratur dapat membuat kulit jadi lebih sehat dan terhindar dari bahaya sinar UV.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun pandan di atas? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar