5 Cara Membuat Brownies Panggang Amanda yang Lembut dengan Coklat Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Februari 2020 21:40
5 Cara Membuat Brownies Panggang Amanda yang Lembut dengan Coklat Sederhana
Brownies panggang coklat yang lembut akan selalu menjadi primadona olahan camilan roti. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka olahan brownies panggang melegenda ini? Yap, brownies merupakan olahan yang terbuat dari tepung degan campuran dark chocolate dan margarin yang dilelehkan. Brownies ini banyak ditemui diberbagai kedai dan toko roti dan oleh-oleh.

Tapi, kamu tentunya juga bisa membuat olahan kue brownies panggang ini di rumah. Cara membuat brownies panggang cukuplah sederhana. Penasarankan bagaimana cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Brownies Panggang yang Benar

Ilustrasi Brownies PanggangIlustrasi Brownies Panggang © Nutritiouslife.com

Cara membuat kue brownies panggang terbilang mudah kok. Dengan resep di bawah ini kamu akan bisa menghasilkan brownies yang lembut dengan rasa coklat yang menggoda. Yuk, langsung saja simak resep selengkapanya cara membuat brownies panggang coklat  di bawah ini.

Bahan:

- 7 sdm tepung segitiga biru
- 1 1/5 sdm coklat bubuk
- 13 sdm gula pasir
- 2 butir telur ayam
- 1 sdm margarim
- 6 sdm minyak goreng
- Secukupnya DCC

Toping:

- Keju parut
- Glaze cappucino

Cara membuat brownies panggang yang benar:

  1. Lelehkan DCC dan margarim, kemudian dinginkan di suhu ruang. Ayak tepung dan coklat bubuk terus aduk sampai tercampur. Jangan lupa sambil panaskan ovennya.
  2. Kocok telur dan gula sampai putih pucat, kemuadian masukkan campuran margarim dan DCC. Masukkan juga tepung kemudian aduk sampai merata jangan terlalu lama diaduknya agar hasil akhir atau ntekstur setelah matang tidak memadat.
  3. Olesi loyang dengan margarim dan taburi tepung, masukkan adonan dan hentakkan dua kali supaya merata. Tunggu kurang lebih 10 menit kemudian taburi keju yang sudah di parut, panggang lagi sampai matang kira-kira 20-30 menit. Setelah matang bisa diberi glaze atau toping sesuai selera.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Brownies Panggang Amanda

Ilustrasi Brownies PanggangIlustrasi Brownies Panggang © Odlums.ie

Siapa sih yang nggak tau brand brownies yang terkenal dan banyak tersebar hampir di setiap kota di Indonesia ini? Yap, brownies Amanda. Kamu tentunya bisa membuatnya sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya cara membuat brownies panggang Amanda di bawah ini.

Bahan:

- 120 gram tepung terigu sebanyak
- 60 gram potongan kacang almond sebanyak
- 3 butir telur ayam kampung cukup
- 150 gram gula pasir, haluskan
- 200 gram margarin
- 1/4 sdt garam
- 200 gram dark cooking chocolate, potong-potong

Cara membuat brownies panggang Amanda:

  1. Ambil sebuah wadah lalu kocok telur dan garam dalam wadah tersebut hingga mengembang dan mengeluarkan semacam buih-buih. Masukkan tepung terigu dan gula sedikit demi sedikit agar tercampur secara merata. Kamu juga bisa mengayak tepung tersebut ketika dimasukkan ke dalam wadah agar nantinya menghasilkan tekstur lebih lembut dan empuk.
  2. Dalam wadah yang berbeda campurkan antara coklat yang telah dipotong-potong dengan garam hingga meleleh. Campurkan adonan yang kedua ini dengan adonan yang pertama hingga merata. Jangan lupa selanjutnya masukkan kacang almond ke adonan yang telah terbentuk dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata.
  3. Siapkan sebuah loyang dengan ukuran yang diinginkan lalu olesi dengan menggunakan margarin cair dan letakan kertas roti di loyang tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika matang adonan tidak lengket di loyang.
  4. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang secara perlahan-lahan. Pastikan saat menuangkan adonan ketebalan antara satu sisi dengan sisi yang lainnya seimbang agar hasil brownies-nya terlihat lebih rapi dan menarik.
  5. Taburkan kacang tersebut secara merata ke seluruh bagian adonan dalam loyang sebagai toping. Siapkan sebuah oven atau pemanggang. Masukan loyang tersebut dalam oven selama kurang lebih 50 menitan dengan suhu mencapai 170 derajat celsius. Apabila sudah matang, silahkan ambil dan dinginkan. Brownies panggang siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Brownies Panggang yang Lembut

Ilustrasi Brownies PanggangIlustrasi Brownies Panggang © Wikihow.com

Tekstur brownies yang empuk dan lembut menjadi hal yang dirunggu-tungu oleh setiap penikmat makanan kue. Yap, kamu juga bisa membuatnya dengan kreasi cara membuat brownies panggang yang lembut di bawah ini.

Bahan:

- 1 gelas belimbing gula pasir
- 1 1/2 gelas belimbing tepung terigu
- 4 telur
- 1/2 sendok teh vanili
- 1 sdt SP
- 100 gram mentega
- 100 gram DCC
- 5 sdm coklat bubuk
- Keju cheedar secukupnya untuk toping

Cara membuat brownies panggang yang lembut:

  1. Cairkan DCC dengan mentega dengan cara di tim, tunggu hingga dingin. Mixer telur, gula, SP dan vanili dengan kecepatan tinggi hingga kaku.
  2. Masukkan tepung bersama coklat lalu aduk balik dengan spatula. Masukkan lelehan DCC dan mentega yang telah di lelehkan. Aduk balik dengan spatula hingga rata.
  3. Tuangkan ke loyang yang sudah di olesi mentega dan ditaburi terigu dan masukkan kedalam oven, pastikan oven sudah panas. Taburi keju cheedar saat brownies sudah mengembang. Tes tusuk brownies lalu angkat. Brownies siap dihidanghan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Brownies Panggang Coklat

Ilustrasi Brownies PanggangIlustrasi Brownies Panggang © Yumsome.com

Kue brownies memang identik dengan warna coklat dengan bahan dasar DCC (Dark Cooking Chocolate) yang menggugah selera. Langsung saja simak resep cara membuat brownies panggang coklat di bawah ini. 

Bahan:

- 200 gram mentega
- 200 gram dark chocolate
- 150 gram gula halus
- 3 butir telur
- 125 gram tepung terigu
- 100 gram almond, cincang kasar
- 1/2 sdt garam

Cara membuat brownies panggang coklat panggang:

  1. Lelehkan mentega hingga cair. Masukkan dark chocolate dan aduk hingga meleleh dan tercampur rata. Angkat. Masukkan gula pasir dalam mentega dan hot chocolate, aduk rata.
  2. Masukkan telur dan kocok hingga rata. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata. Tambahkan kacang almond kemudian aduk hingga rata.
  3. Tuang adonan dalam loyang ukuran 20 x 20 x 4 cm yang sudah dioles dengan margarin dan dilapisi kertas roti. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celsius selama 45 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan. Potong dan iris sesuai selera.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Brownies Panggang Sederhana

Ilustrasi brownies cokelatIlustrasi brownies cokelat © self.com / Ellen Silverman

Waktu santai sore akan semakin menyenangkan dengan minuman teh hangat yang ditemani dengan beberapa hidangan kue seperti brownies panggang ini. Simak resep selengkapnya cara membuat brownies panggang di bawah ini.

Bahan:

- 250 gram tepung terigu
- 400 gram margarin
- 6 butir telur, kocok sebentar
- 500 gram dark chocolate, cincang kasar
- 300 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam

Cara membuat brownies panggang sederhana:

  1. Lelehkan margarin dengan api kecil. Setelah margarin meleleh, matikan api lalu tambahkan dark chocolate yang telah dicincang, gula pasir, dan garam. Aduk hingga coklat meleleh. Angkat dan dinginkan.
  2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan telur yang telah dikocok. Aduk hingga rata. Siapkan 2 loyang yang hendak dipakai. Olesi dengan margarin. Tuang adonan pada 2 loyang tersebut.
  3. Panggang dalam oven pada suhu 170 derajat celsius selama 45 menit. Usai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit. Brownies panggang siap disajikan.

Itulah beberapa resep cara membuat brownies panggang yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah dengan kreasi dan bahan sederhana. Bagaimana dengan pengalaman kamu bersantap ria dengan olahan kue brownies panggang selama ini? Bagi jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar