28 Makanan yang Mengandung Karbohidrat dalam Jumlah Tinggi dan Sangat Rendah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 22 Januari 2021 21:50
28 Makanan yang Mengandung Karbohidrat dalam Jumlah Tinggi dan Sangat Rendah
Makanan yang mengandung karbohidrat nggak selalu baik atau buruk, tergantung proses pengolahan dan jumlah yang dikonsumsi.

Makanan yang mengandung karbohidrat biasanya dihindari oleh mereka yang sedang dalam program diet dan mengurangi asupan kalori. Program ini disebut dengan diet keto. Tapi, apakah metode ini berhasil?

Bila dalam rangka menurunkan berat badan, menekan jumlah karbohidrat yang masuk mungkin masih efektif. Asupan protein dan lemak bisa membuat perut lebih kenyang namun jumlah kalori lebih sedikit.

Diet keto biasanya mengurangi total asupan karbohidrat hingga kurang dari 50 gram sehari. Umumnya nih proporsi nutrisi yang masuk dalam tubuh rata-rata 70-80% lemak dari total kalori harian, 5-10% karbohidrat, dan 10-20% protein. Jadi untuk kebutuhan 2000 kalori, ini berarti sekitar seseorang kudu mengkonsumsi 165 gram lemak, 40 gram karbohidrat, dan 75 gram protein.

Diet rendah karbohidrat biasanya bikin berat badan menurun dengan cepat di awal-awal diet karena penurunan berat badan air yang cepat. Ini karena setiap gram karbohidrat menampung sekitar tiga gram air dalam tubuh.

Menghindari makanan yang mengandung karbohidrat juga efektif untuk membantu mengontrol gula darah, yang mungkin sangat membantu bagi penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan kalau diet rendah karbohidrat dan keto efektif menurunkan kadar gula darah. Tapi bukan berarti menghilangkan sepenuhnya ya, karena karbohidrat memiliki manfaat bagi tubuh yang nggak bisa digantikan oleh makronutrient lain.

Lebih lanjut mengenai daftar makanan yang mengandung karbohidrta, yuk simak dalam ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 5 halaman

Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Makanan yang Mengandung Karbohidrat © Diadona

Melansir Heathline, makanan tidak mengandung karbohidrat atau dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet keto, antara lain:

Telur

Telur nggak masuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat meski sarat dengan berbagai nutrisi penting.

Daging Sapi

Jumlah karbohidrat yang dimiliki oleh daging sapi adalah nol. Tapi daging sapi ini mengenyangkan.

Ayam

Sebagai salah satu daging paling populer di dunia, ayam punya kandungan nutrisi dan sumber protein yang bagus banget dan masuk dalam makanan yang tidak mengandung karbohidrat.

Ikan Salmon

Ikan ini punya kandungan lemak yang populer banget untuk kesehatan, terutama asam lemak omega-nya. Kandungan karbohidratnya? Nol.

Keju

Keju adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumalh rendah yang paling lezat dan dapat dimakan baik mentah maupun sebagai bahan dalam berbagai resep lezat. Gizinya juag bagus banget di mana satu irisnya menagndung nutrisi dalam satu gelas susu.

2 dari 5 halaman

Makanan yang Mengandung Karbohidrat © Diadona

Greek Yogurt

Kandungan karbohidranya hanya 5 persen saja, tapi penuh dengan lemak yangs angat sehat, kandungan nutrisi yang tinggi yang sama dengan susu murni. Jangan lupakan juga dengan kandungan bakteri probiotik yang bermanfaat

Teh

Khususnya teh hijau, sudah diteliti terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan. Teh tentu nggak masuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat, namun beda dengan teh yang udah dikasih gula lho ya

Air Berkarbonasi

Hah, kok bisa? Tentu bisa untuk minuman bersoda tanpa tambahan gula ya, karema pada dasarnya ini adalah air yang diberi dengan tambahan karbin dioksida. Untuk lebih memastikannya, kamu kudu baca tabel ya!

Brokoli

Brokoli memang masuk dalam kategori makanan yang megandung karbohidrat namun dalam jumlah yang sedikit banget. Dalam 100 gram brokoli, karbohidratnya cuman 6 gram doang lho. Kandungan vitaminnya juga tinggi antara lain vitamin C, vitamin K dan serat dan mengandung senyawa tanaman pelawan kanker yang kuat

Kembang Kol

Dalam 100 gramnya terdapat 5 gram karbohidrat. Memang sih merupakan makanan yang mengandung karbohidrat namun jumlahnya kecil banget kan? Sayang banget kalau kamu melewatkan sayuran ini karena ada kandungan tinggi vitamin C, vitamin K dan folat.

Terong

Sekali lagi, kandungan karbohidratnya kecil banget yaitu cuman 5 gram per 100 gram. Namun kandungan sertanya tinggi, rasanya enak dan bisa diolah dalam berbagai resep makanan.

3 dari 5 halaman

Karbohidrat adalah © Diadona

Mentimun

Kandungan karbohidrtanya kecil banget, yaitu cuman 4 persen saja. Mentimunadalah sayuran favorit banget untuk menambah rasa segar pada makanan. Timun punya kandungan air yang tinggi dan cuman sedikit vitamin K.

Paprika

Kandungan karbohidratnya cuman 6 persen, jadi walaupun masuk dalam katgori makanan yang mengandung karbohidrat, tapi jumlahnya kecil banget kan? Paprika sangat tinggi serat , vitamin C dan antioksidan karoten.

Kacang Hijau

Dalam 100 gram kacang hijau terkandung 7 gram karbohidrat. Biji-bijian ini juga tinggi nutrisi, termasuk serat, protein, vitamin C, vitamin K, magnesium dan kalium. Tapi beda ceritanya ya kalau kamu mengkonsumisunya dalam bubur kacang hijau dengan santan dan gula.

Strawberry

Stroberi adalah salah satu buah yang paling rendah karbohidrat dan paling padat nutrisi yang bisa kamu makan. Yup, memang masuk dalam kategori makanan yang mengandung karbohidrat sih tapi jumlahnya lumayan kecil dan sangat tinggi vitamin C, mangan dan berbagai antioksidan.

Alpukat

Kandungan karbohdiratnya adalah sebesar 8.5 gram pern 100 gram daging alpukat. Kaya lemak sehat, tinggi serat dan juga kaliam serat mengandung nutrisi lain dalam jumlah yang cukup.

Kacang Almond

Almon adalah kacang yang sarat dengan serat dan vitamin E dan merupakan salah satu sumber magnesium terbaik dunia. Dalam 100 gram kacang almond terdapat 22 gram karbohidrat. hmm, masuk dalam kelompok makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Tapi siapa sih yang makan 100 gram kacang almond setiap hari?

Kacang Tanah

Kacang punya kandungan tinggi serat, magnesium, vitamin E, dan vitamin serta mineral penting lainnya. Dalam 100 gramnya terdapat 16 gram karbohidrat.

4 dari 5 halaman

Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Makanan yang Mengandung Karbohidrat © Diadona

Sementara itu bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi antara lain:

Nasi

Dalam satu cangkir nasi putih mengandung 52 gram karbohidrat. Makanya untuk penderita diabetes, konsumsi nasi putih benar-benar harsu dalam takaran.

Roti

Dalam satu iris roti umumnya terdapat sekitar 15 gram karbohidrta lho. Ini karena bahan bakunya dari varietas biji-bijian dan juga yang terbuat dari tepung olahan.

Pisang

Pisang memang punya kandungan serat yang tinggi, tapi dalam satu buah pisangnya mengandung 27 gram karbohidrat.

Mangga

Dalam 165 gram mangga terkandung 28 gram karbohidrat. Wah, lumayan tinggi juga kan?

Jagung

Meskipun masuk dalam kelompok sayuran, namun jagung mengandung ebih banyak karbohidrat yang dapat dicerna daripada serat dan harus dibatasi pada diet rendah karbohidrat. Misalnya nih dalam 175 gram jagung terdapat 41 gram karbohidrat sementara 5 gramnya adalah serat.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Mengandung Karbohidrat © Diadona

Kentang

Satu kentang ukuran sedang mengandung 37 gram karbohidrat, dan empat gram diantaranya adalah serat.

Pasta

Suka makan pasta? Bila kamu ingin diet maka pasta adalah makanan yang harus kamu hidnari karena masuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat. Dalam 250 gramnya terdapat 42 gram kabohidrat, hanya 3 di antaranya yang mengandung serat

Sereal

Pasti tahu kan kalau sereal adalah makanan yang mengandung karbohidrat? Tpai mungkin kamu kaget dengan angkanya, yakni sekitar 32 gramd alm 90 gramnya.

Jus

Yes, buah memang bagus untuk diet tapi ada beberapa jus buah yang kudu kamu hidnarin mislany jus apel atau jus anggur. Karbohidrtanya tinggi banget loh! Dalam 355 ml jus apel aja nih mengandung 48 gram karbohidrat sementara jus anggur mengandung 60 gram pada takaran yang sama.

Madu atau Gula dalam Bentuk Apapun

Yes, madu emmang sehat tapi kandungan karbohidratnya juga lumayan tinggi lho. Dalam satu sendok makan madu nih misalnya terkandung 17 gram karbohidrat.

 Makanan yang mengandung karbihidrat tak selamanya baik dan buruk untuk kesehatan, yang penting diolah dengan cara yang sehat dan dimakan dalam jumlah yang tak berlebihan.

Beri Komentar