15 Makanan Enak di Surabaya yang Murah Meriah dan Nggak Boleh Ketinggalan Kamu Coba

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 April 2020 15:16
15 Makanan Enak di Surabaya yang Murah Meriah dan Nggak Boleh Ketinggalan Kamu Coba
Makanan enak di Surabaya memang nikmat.

Kota Surabaya, sebagai kota besar kedua di Pulau Jawa tak hanya menyuguhkan deretan gedung dan tempat wisatanya yang menarik saja, tapi juga beragam kulinernya yang menggugah selera. Pastinya, saat berwisata ke Surabaya kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya. Banyak kuliner legendaris sekaligus khas yang wajib kamu coba di Kota Pahlawan ini.

Buat kamu yang akan berkunjung ke Surabaya sekaligus berburu kulinernya, berikut ini sederet makanan legendaris dan populer di Kota Pahlawan. Tak ketinggalan juga rasanya yang tentu saja menggugah selera. Langsung saja simak beragam rekomendasi makanan enak di Surabaya yang telah dirangkum dari berbagai sumber (27/04) di bawah ini, ya!

1 dari 3 halaman

Makanan Paling Enak di Surabaya

Surabaya termasuk salah satu kota jujukan wisata kuliner bagi para pecinta makanan. Kota ini memang punya beragam makanan lezat dan khas yang belum tentu bisa didapatkan di kota lain. Kalaupun bisa, rasanya belum tentu sama. Misalnya saja nasi cumi, sego sambel, dan pecel rawonnya yang sangat terkenal.

Buat kamu yang ingin mampir ke Surabaya dan menajajal panganan serba enak di sana, berikut ini kami tampilkan ragam makanan paling enak di Surabaya yang wajib dicoba.

 

Sego Sambel Mak Yeye

      View this post on Instagram      

A post shared by SOURFELLY custom cakery (@sourfelly) on

 

Berdiri sejak 1982, Sego Sambel Mak Yeye ini enggak boleh kamu lewatkan. Terutama buat kamu yang pecinta makanan pedas. Menu yang paling populer di warung nasi ini yakni penyet ikan pe-nya. Jika kamu kurang suka dengan ikan pe, Sego Sambel Mak Yeye juga menyediakan menu lainnya. Nah, jika kamu enggak sabar untuk segera mencoba kenikmatan Sego Sambel Mak Yeye ini kamu bisa langsung menuju Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Jagir, Wonokromo yang mulai buka jam 9 malam sampai 4 pagi.

Soto Gubeng Pojok

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by William W. Wongso (@williamwongso) on

 


Soto Gubeng Pojok ini terletak di Jl. Kusuma Bangsa 30 Surabaya. Menjadi salah satu soto legendaris di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1950an, tentu saja makanan enak di Surabaya satu ini memiliki rasa yang sudah enggak perlu diragukan lagi kelezattannya. Ada satu menu kamulan yang harus kamu coba di Soto Gubeng Pojok yakni soto maduranya. Dagingnya yang empuk ditambah guyuran kuah yang gurih akan memanjakkan lidahmu saat menyantap makanan satu ini.

Bebek Tugu Pahlawan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Zulfa (@emakmbolang) on

 

Kamu penyuka hidangan bebek? Jika berwisata ke Kota Pahlawan, boleh nih kamu mampir ke Bebek Tugu Pahlawan yang populer di Surabaya. Perpaduan rasa bebek dengan sambal khas Madura di tempat makan ini sangat menggugah selera. Apalagi ditambah dengan kerenyahan tepung di luar dagingnya yang membuat rasanya semakin nikmat. Makanan enak di Surabaya satu ini wajib banget kamu coba.

2 dari 3 halaman

Makanan Enak Murah di Surabaya

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner dengan budget yang tipis. Nah, beragam makanan enak murah di Surabaya berikut ini bisa kamu coba.

Tahu Campur Pak Hasyim

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by fariz budiman (@farizvanjava) on

 

Tahu Campur Pak Hasyim ini merupakan salah satu tahu campur legendari yang ada di Surabaya. Tentu saja rasanya enggak perlu diragukan lagi. Harganya pun cukup terjangkau. Tak hanya tahu campur saja, tempat wisata makanan enak di Surabaya ini juga menyajikan beragam menu lainnya seperti tahu tek, tahu telor, nasi rawon dan lainnya. Tahu Campur Pak Hasyim ini terletak di Jl. Rungkut Madya No.79, Rungkut Kidul, Surabaya.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by PRATHAMA GILANG, dr., MM., MH (@makansampaikenyang) on

 


makanan enak di Surabaya selanjutnya yang enggak boleh kamu lewatkan yakni Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong Balap sendiri terdiri dari campuran lentho, taoge, kecap, tahu goreng, dan sambal yang diguyur dengan kuah segar. Sebagai pelengkap, sajian ini ditaburi dengan bawang goreng. Kuah yang segar berpadu dengan rasa asin, manis, dan gurih sangat nikmat saat masuk ke mulut. Nah, kamu bisa mencoba kuliner ini secara langsung di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11, Surabaya.

Lontong Kupang Bu Wito

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood) on

 

Lontong kupang memang memiliki rasa yang lezat. Kupang sendiri merupakan hewan laut semacam kerang yang memiliki ukuran kecil. Masakan kupang ini disajikan bersama lontong, lentho, sate kerang, dan kuah petis yang nikmat.

Salah satu warung lontong kupang yang terkenal di Surabaya yakni Lontong Kupang Bu Wito. Lokasi wisata makanan enak di Surabaya ini terletak di Jl. Raya Tenggilis 128, Surabaya. Harganya pun juga cukup terjangkau.

3 dari 3 halaman

Makanan Enak di Surabaya Barat

Di wilayah ini terdapat banyak sekali tempat makan yang bisa kamu kunjungi, namun tidak semua tempat makannya punya cita rasa yang enak dan menjadi favorit warga Surabaya dan sekitarnya. Untuk itulah, Tim Diadona sudah merangkum beberapa pilihan makanan enak di Surabaya Barat dengan makanan paling enak dan bisa kamu coba. Yuk, langsung lihat ulasannya di bawah ini!


Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Shofa Ardans (@ilmiyatusshofa) on

 


Meski bernama klopo atau dalam bahasa Jawa berarti kelapa, Sate Klopo Ondomohen ini nggak sepenuhnya terbuat dari kelapa lho. Kuliner ini tetap berbahan dasar daging sapi, ayam, udang, sumsum atau usus yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti pada umumnya. Yang membedakan yakni irisan satenya sudah dibumbui dulu dengan kelapa yang telah disangarai. Nah, hal inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen memiliki rasa gurih.


Salah satu Sate Klopo Ondomohen yang terkenal di Surabaya yakni Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Makanan enak di Surabaya ini terletak Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng. Kamu bisa nih mencoba kuliner nikmat ini saat malam hari karena Sate Klopo Ondomohen Bu Asih ini buka dari jam 7 pagi - 11 malam.

Rawon Setan Mbak Endang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Gideon Subagyo (@gideonsubagyo) on

 

Malam-malam menyantap nasi rawon yang hangat dan pedas memang nikmat ya. Kamu bisa nih menyantap rawon yang sedap di Rawon Setan Mbak Endang. Tapi, berbeda dengan yang lainnya Rawon Setan Mbak Endang di Surabaya ini adalah rawon setan pertama dan asli Indonesia.

Makanan enak di Surabaya ini akan semakin nikmat jika kamu santap dengan tambahan lauk lainnya seperti perkedel kentang, empal, telur asin, atau tempe. Untuk harganya, seporsi rawon setan dipatok dengan harga sekitar Rp. 25 ribu.

Nasi Cumi Waspada

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Eat.Inc Kuliner Surabaya (@makandoang) on

 

Nasi cumi Waspada memang sudah terkenal dengan rasanya yang lezat di Surabaya. Lokasinya terletak di Jl. Waspada No. 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya. Nasi hangat dengan dipadu cumi yang nikmat pastinya akan sangat memanjakkan lidah. Tak hanya nasi cumi saja, di tempat wisata makanan enak di Surabaya ini juga tersedia beragam menu lainnya. Diantaranya ada nasi paru, nasi ayam, nasi tongkol, dan menu lainnya.


Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) on

 

 

Makanan enak di Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. makanan enak di Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah kamu.


Nasi Goreng Jancuk

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by I'm_hungry (@food.place) on

 


Menu nasi goreng memang mudah ditemukan di banyak tempat, namun makanan enak di Surabaya ini tak bisa kamu lewatkan begitu saja ketika berada di kota ini. makanan enak di Surabaya ini dinamakan naso goreng jancuk karena rasa nasi goreng ini super pedas dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang.

Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi disajikan dengan acar dan kerupuk udang. Bertempat disalah satu restoran hotel, nasi goreng jancuk menjadi incaran oleh para penikmat kuliner.


Mie Pecun

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Jombang (@kuliner.jombang) on

 


Satu lagi makanan enak di Surabaya yang ditujukan bagi kamu penggila masakan pedas. Tumisan mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat kamu ketagihan untuk melahapnya. Di sini juga memiliki berbagai varian tingkat kepedasan, misalkan saja Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas). Jadi tidak perlu khawatir untuk membawa si kecil bersama kamu. Lokasi: Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.


Soto Ayam Lamongan Cak Har

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Aina Aulia Rahman (@auliaaina) on

 


Meski bukan makanan enak di Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib kamu cicip bila berada di Surabaya. Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr.Ir.H.Soekarno. Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan.

Nasi Udang Bu Rudy

 

 

Nasi udang empal merupakan nama salah satu menu yang ada di depot Bu Rudy. makanan enak di Surabaya ini disajikan dengan sambal bawang yang menggelitik lidah. Nasi pulen putih yang nikmat dan istimewa sangat cocok di lidah kamu.

Depot Bu Rudy menjadi salah satu tempat makanan enak di Surabaya yang recommended. Menu yang disajikan di tempat ini sangat beragam sesuai dengan selera dan lidah. kamu bisa datang ke lokasi ini untuk menikmati menu istimewanya di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.


Rujak Cingur Ahmad Jaiz

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sherry Andriani (@sherryfreddy) on

 

Panganan yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi makanan enak di Surabaya yang khas. Makanan enak di Surabaya satu ini gampang ditemukan di banyak tempat, namun ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib kamu kunjungi saat berada di Surabaya. Namanya warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berlokasi di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung, yakni Nyonya Giok Tjoe.


Itulah deretan makanan enak di Surabaya yang harus dicoba para pelancong. Pokoknya belum lazim kalau ke Surabaya tanpa makan-makan enak.

Beri Komentar