12 Makanan Khas Pekanbaru Paling Lezat dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 6 Mei 2020 11:13
12 Makanan Khas Pekanbaru Paling Lezat dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh
mau cobain yang mana nih guys?

Kota Pekanbaru adalah kota terbesar yang sekaligus menjadi ibukota provinsi Riau yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Kota Pekanbaru tak hanya dikenal akan kekayaan minyak buminya, tetapi juga sektor pariwisatanya. Di Pekanbaru terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur Melayu yang setiap momen liburan selalu ramai diserbu oleh para wisatawan lokal maupun domestik.

Selain minyak bumi dan sektor pariwisatanya yang tersohor, Pekanbaru juga menawarkan beragam kuliner enak yang sayang untuk dilewatkan oleh para pengunjung. Apabila kamu mempunyai rencana untuk mendatangi kota Pekanbaru atau saat ini sudah berada di Kota Bertuah, jangan sampai lupa untuk mencicip makanan khas Pekanbaru yang terkenal berikut ini.

1 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Pekanbaru

Ada banyak sekali oleh-oleh makanan khas Pekanbaru yang harus dicoba dan wajib dibawa. Mulai dari olahan kue, dodol, keripik, lopek, sampai olahan yang terbuat dari ikan. Makanan khas ini juga mudah sekali ditemukan, bahkan harganya juga sangat bersahabat dengan kantong-kantong wisatawan. Yuk, cari tahu apa saja oleh-oleh makanan khas Pekanbaru yang ramah di kantong dan cocok dibawa pulang


Bolu Kemojo

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Oven Mixer Loyang SIGNORA (@lina.tjoandra) on

 


Makanan khas Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah bolu kemojo. Warna dari bolu kemojo ini mayoritas berwarna hijau. Dan rasa yang paling banyak disukai oleh wisatawan adalah rasa durian.

Walaupun ada banyak sekali aneka rasa bolu kemojo, seperti pandan, jagung, dan cokelat. Ukuran bolu kemojo juga beragam, ada yang kecil sampai yang besar.

 

Viz Cake

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by PEKANBARU KULINERPKU???????? (@tempatmakanpekanbaru) on

 


Makanan khas Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah viz cake. Bentuknya seperti kue bolu biasa, tetapi rasanya luar biasa enak. Ada berbagai macam rasa yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Ada rasa durian keju, durian original, pisang pandan keju, sampai pisang blueberry. Viz cake ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga besar atau teman-teman kerja dengan porsi besar.


Roti Jala

      View this post on Instagram      

A post shared by Moumita Panday (@cookmearhapsody) on

 

Makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba adalah olahan kue yang bisa dinikmati dengan kuah yang terbuat dari kari dan durian. Khas sekali rasa dan bentuk dari roti jala ini. Bahkan banyak juga penduduk lokal yang memperjualbelikannya.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Riau Pekanbaru

Selain menyajikan tempat-tempat wisata yang indah, sektor kuliner-nya pun Pekanbaru tidak mau kalah dengan daerah lain. Banyak makanan khas Pekanbaru yang sangat menggoda, yang dapat menggoyang lidah kamu. Simak rekomendasi beberapa makanan khas Riau Pekanbaru yang wajib banget kamu coba!


Gulai Ikan patin

      View this post on Instagram      

A post shared by Kumpulan Resep Masakan Rumahan (@numpangsaveresep.id) on

 


Makanan khas Pekanbaru ini merupakan makanan sehari-hari warga Pekanbaru. Gulai ikan patin disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Gulai ikan patin terdiri dari potongan ikan patin yang cukup besar dan kuah gulai yang berwarna kuning.

Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena banyak tersebar di warung makan atau restoran sekitar kota Pekanbaru.



Nasi lemak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Laxmi Rana (@laxrana.cooks.and.eats) on

 

 

Nasi lemak sebenarnya merupakan makanan khas Melayu. Namun karena penduduk Pekanbaru sebagian besar orang Melayu maka makanan ini banyak dijumpai disana. Nasi lemak terdiri dari nasi gurih dan ragam lauk pak seperti sambal teri, telur dadar, ayam goreng dan lain sebagainya. Tak lupa sambal terasi yang makin membuat nikmat nasi lemak.Jangan lupa cobain makanan khas Pekanbaru satu ini ya kalau berkunjung ke kota ini.

 

Miso

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by BUNGA RIADIANI ????????- ????JKT(IND) (@bubueataway) on

 

 

Miso tidak hanya ada di Jepan, namun Pekanbaru juga memilikinya. Miso Pekanbaru berbeda dengan miso Jepang. Miso merupakan makanan khas Pekanbaru berkuah yang terdiri dari mie kuning, mie putih, kulit ayam goreng, suwiran ayam, dan tahu kering. Harganya dijual sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 rupiah saja. Cocok untuk sarapan ataupun makan siang.

3 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Pekanbaru

Perpaduan cita rasa yang baru dan unik dapat dihasilkan dari perpaduan budaya yang sudah lama dijaga ke-orisinalitasan-nya.

Jika kamu singgah ke kota Pekanbaru, pastikan juga untuk mencicipi makanan ringan khas Pekanbaru untuk menambah wawasan kuliner di seluruh Indonesia.


Sate daging rusa

 

      View this post on Instagram      

A post shared by tito (@photito_kuliner_journey) on

 


Sate daging ayam atau daging sapi sudah biasa. Namun bagaimana dengan sate daging rusa? Cuman di Pekanbaru dapat menjumpai sate daging rusa. Daging rusa tidak kalah nikmat daripada daging sapi atau daging ayam. Apalagi jika sudah diolah menjadi sate, sensasinya semakin nikmat. Makanan khas Pekanbaru ini patut dicoba banget!.


Cencaluk

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by fafaukitchen (@fafaukitchen) on

 

Makanan khas Pekanbaru yang satu ini hanya dihidangkan ketika sedang merayakan acara tertentu saja. Sehingga bagi jika ingin menyantap cencaluk mungkin akan sedikit kesulitan menemukannya. Makanan ini merupakan olahan dari udang yang sudah dihaluskan , kemudian dicampur dengan bumbu dan bawang Bombay. Biasanya makanan ini dijadikan lauk bersama nasi hangat.


Es Laksamana Mengamuk

      View this post on Instagram      

A post shared by citra dewi (@citrahendrawijaya) on

 

 

Selain makanan khas Pekanbaru, ada juga minuman khas ibukota Riau ini. Salah satunya yaitu es laksamana mengamuk yang cocok sekali dinikmati ketika siang hari yang panas. Minuman ini terdiri dari buah kweni, santan, dan gula merah.

Selain rasanya yang segar dan manis, minuman ini ternyata punya sejarah unik dibaliknya. Menurut sejarah, es ini muncul karena ada seorang laksamana yang mengamuk. Lakasama tersebut mengamuk di kebun buah kweni.

Akibatnya semua buah menjadi berserakan. Kemudian warga pun kebingungan harus diapakan semua buah-buahan tersebut. Lalu munculnya sorang warga yang memiliki inisiatif untuk membuat minuman dari buah kweni tersebut. Terciptalah es laksamana mengamuk.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau yang memiliki aneka ragam kuliner tradisional khas yang selalu diburu oleh para turis. Rasanya tidak afdol apabila mengunjungi Pekanbaru tanpa mencicipi makanan khas daerah Pekanbaru andalan Kota Madani ini.


Mie Sagu

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by dia (@diaalwi29) on

 

Sagu merupakan tepung yang diolah dari batang pohon sagu. Mie sagu merupakan makanan khas Pekanbaru berkarbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu kandungan gula dalam sagu sangat rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tak hanya sehat, namun mie sagu juga memiliki rasa yang nikmat. Teksturnya lebih kenyal daripada mie pada umumnya. Sangat cocok diolah dengan cara digoreng ataupun direbus. Kemudian dapat diolah bersama sayur-sayuran ataupun lauk pelengkap lainnya.

 

Ikan asap

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Manado Stories #manadostories (@manadostories) on

 

Makanan khas Pekanbaru ini dapat menjadi pilihan ketika ingin santap siang. Umumnya jenis ikan yang diasap yaitu ikan selais. Bentuk ikan ini ramping menyerupai ikan lele. Setelah di asap ikan ini akan berwarna hitam dan kisut.

Walaupun bentuknya berubah namun rasanya justru semakin nikmat. Proses pengasapannya sendiri berlangsung selama delapan jam. Setelah itu ikan dapat diolah dengan cara digoreng ataupun digulai. Namun, Anda dapat juga mengolahnya sendiri dirumah sesuai kreasi. Sudah banyak toko yang menjulan ikan asap siap olah di Pekanbaru.

 

Gulai Belacan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ??? ?? ???? (@admazman) on

 

 

Posisi Pekanbaru yang dekat dengan laut menyebabkan berlimpahnya variasi hidangan laut disana. Salah satu hidangan laut yang khas di Pekanbaru adalah udang gulai balacan. Bumbu yang digunakan untuk membuat gulai balacan cukup sederhana.

Cukup mencampurkan santan, asam jawa, cabai, kemiri dan lada. Namun dapat juga ditambahkan bumbu lain sesuai selera. Atau dapat juga kamu campurkan dengan petai agar semakin memperkaya rasa. Udang gulai balacan sangat cocok disantap bersama nasi hangat. Tapi hati-hati bagi penderita kolestrol tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini terlalu berlebihan.


Jadi lapar, kan? Itulah 12 makanan dan minuman khas Pekanbaru yang dijamin bakal memanjakan lidah dan perut kamu. Pastikan kamu tidak melewatkan makanan khas Pekanbaru ketika berkunjung ke sana, ya.

Beri Komentar