12 Makanan Khas Balikpapan Kalimantan Timur yang Wajib Kamu Cicipi Kelezatannya

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 April 2020 15:54
12 Makanan Khas Balikpapan Kalimantan Timur yang Wajib Kamu Cicipi Kelezatannya
Kalau berkunjung ke Balikpapan jangan lupa mencicipi makanan khasnya yang menggiurkan berikut ini.

Balikpapan adalah kota kecil seluas 503,3 km persegi yang terletak di Kalimantan Timur di mana keseluruhan penduduknya merupakan 22% dari keseluruhan penduduk Kalimantan Timur. Balikpapan termasuk daerah yang banyak dikunjungi orang untuk berlibur. Di Balikpapan terdapat cukup banyak lokasi wisata dan situs sejarah, di antaranya adalah Pantai Lamaru, Kebun Raya Balikpapan, Hutan Lindung, Monumen Jepang, Monumen Perjuangan Rakyat, dan masih banyak lagi.

Selain potensi wisata yang beragam, Balikpapan juga mempunyai sajian kuliner yang mampu menyedot perhatian. Para wisatawan yang datang ke Balikpapan harus mencoba makanan khas Balikpapan yang terkenal enak. Setidaknya ada delapan kuliner khas kota kecil yang berada di provinsi Kalimantan Timur ini. Ada apa saja? Berikut telah MakananOlehOleh.com rangkum untuk kamu ketahu

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Kota Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur yang nggak cuma terkenal akan kotanya yang maju, tapi juga ragam kuliner khas yang menggoda selera.

Mampir ke Balikpapan, tentu nggak akan lengkap tanpa mencicipi ragam makanan khas Balikpapan yang memiliki cita rasa unik dan menarik.

Yuk, cari tahu lebih banyak makanan khas kota Balikpapan yang bisa melengkapi perjalananmu selama di Balikpapan


Pisang Gapit

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Momylicious™ (@ayudiahrespatih) on

 


Pisang gapit atau pisang jepit adalah makanan khas Balikpapan yang populer dan wajib kamu coba saat singgah ke kota ini. Olahan kuliner pisang ini dibuat dengan proses dibakar dan dijepit dengan kayu hingga matang.

Pisang gapit ini kemudian disajikan bersama siraman sausmanis yang terbuat dari gula merah, santan, dan potongan buah nangka segar. Cita rasanya yang lezat membuat camilan khas Balikpapan ini kerap menjadi teman menyeruput teh hangat di sore hari.

Bubur Gunting

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Yoenitaanggrainy (@yoenitaa) on

 

Makanan khas Balikpapan selanjutnya adalah kuliner olahan dari tepung ketan. Makanan khas Balikpapan satu ini dijuluki bubur gunting karena proses pembuatannya dimana adonan dari makanan ini digunting-gunting sebelum dimasak bersama rebusan kuah santan dan gula merah.

Cita rasa manis dari bubur gunting paling enak disantap saat kuliner ini dalam keadaan hangat.

Onde-Onde Ubi Ungu

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Fe (@fenita.d2) on

 

Makanan khas Balikpapan selanjutnya yang bisa kamu cicipi saat bertkamung ke Balikpapan adalah Onde-Onde. Berbeda dengan Onde-Onde yang biasanya menggunakan kacang hijau, Onde-Onde khas Balikpapan ini terbuat dari ubi ungu. Penasaran seperti apa rasa dari makanan khas Balikpapan satu ini? Cicipi langsung saja!

2 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Balikpapan

Setelah puasa berlibur menikmati keindahan kota Balikpapan, jangan lewatkan juga untuk membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat di rumah. Bingung mau bawa oleh-oleh apa di kota Balikpapan? Silahkan simak rekomendasi oleh-oleh makanan khas Balikpapan berikut ini.


Abon Kepiting

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Oleh-Oleh & Camilan Nusantara (@omiyago_official) on

 

 

 

Jika biasanya abon yang beredar di pasaran terbuat dari daging sapi ataupun ayam, di Balikpapan kamu bisa mencicipi varian abon lainnya, yaitu abon Kepiting.

Cita rasa gurih membuat abon Kepiting sangat terkenal. Daya tahannya yang cukup baik juga menjadikan makanan khas Balikpapan ini kerap jadi pilihan buah tangan bagi para pelancong yang tengah singgah di kota Balikpapan.

Peyek Kepiting

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Oleh-Oleh Balikpapan (@oleholehnyabalikpapan) on

 

Berbicara mengenai makanan khas Balikpapan memang identik dengan olahan kepiting. Selain abon kepiting, kuliner asal Balikpapan adalah peyek Kepiting.

Dengan tekstur yang renyah dan rasa daging kepiting yang gurih, camilan ini pas untuk jadi teman minum teh ataupun kopi disaat santai.

Roti Mantau

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Coffee and Cookies (@myfoodieaddiction) on

 


Jika roti pada umumnya di panggang, roti mantau makanan khas Balikpapan ini dibuat dengan cara digoreng. Berbeda juga dengan roti yang biasa bercitarasa manis, makanan khas Balikpapan satu ini justru disajikan bersama saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.

Kerap menjadi pilihan menu sarapan, roti mantau khas Balikpapan ini juga kerap disajikan bersama daging kambing ataupun sapi. Tertarik cicipi uniknya panganan khas Balikpapan ini?

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Balikpapan Kalimantan Timur

Makanan khas Balikpapan cukup digemari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Balikpapan merupakan kota maju yang ada di Kalimantan Timur yang ditkamui dengan banyaknya industri yang beroperasi disini.

Balikpapan mendapat juluklan “kota minyak” sebab disini terdapat kilang minyak yang besar. Dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, biaya hidup di Balikpapan sangat tinggi.

Yuk, simak ulasan makanan khas Balikpapan Kalimantan Timur yang enaknya nggak ketulungan.


Nasi Bakar Seafood

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sukma (@sukmawati_rs) on

 

Balikpapan memang kaya akan hasil lautnya. Tak heran banyak makanan khas Balikpapan yang terbuat dari bahan baku seafood. Salah satunya adalah nasi bakar Seafood.

Dengan rasa gurih yang lezat, makanan khas Balikpapan ini dilengkapi dengan udang, ikan, ataupun kepiting yang akan memanjakan kamu para penggemar hidangan laut.

Bingka Kentang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kiki Dauli (@qhiqhio) on

 

Kalimantan memang identik dengan kuliner Bingka. Jika berkunjung ke Balikpapan, salah satu Bingka khas dari kota ini yang bisa kamu temukan adalah Bingka Kentang. Disebut demikian memang karena salah satu bahan baku utama dari makanan khas Balikpapan ini adalah kentang.

Dengan cita rasa asli yang manis, kini Bingka kentang telah dibuat menjadi berbagai varian rasa mulai dari cokelat, gula merah, hingga pisang dan keju.

Amplang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

 

Makanan khas Balikpapan selajutnya yang bisa kamu cicipi adalah Amplang. Menyerupai kerupuk, panganan renyah ini terbuat dari bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, gabus ataupun belida dan tepung sagu.

Nggak cuma renyah dan gurih, kini amplang khas Balikpapan juga dibuat dalam berbagai rasa seperti ayam bawang, BBQ, lada hitam, dan berbagai varian rasa favorit lainnya.

Keripik Singkong

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Della Ayu (@dellaayu90) on

 

Selain Amplang, ada camilan renyah lainnya yang bisa temani kamu saat bertualang di kota Balikpapanm yaitu keripik Iron. Keripik singkong khas Balikpapan ini memiliki tekstur sangat renyah dan rasa gurih. Pilihan pas untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Balikpapan.


Bakpia Khas Balikpapan

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Balikpapan (@balikpapandelicious) on

 

Di beberapa daerah Indonesia memang sangat mudah ditemukan kuliner satu ini. Begitupun di Balikpapan. Bakpia adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang bisa kamu temui dengan mudah.

Dari segi rasa dan tekstur, Bakpia ini menyerupai kuliner Bakpia pada umumnya. Namun, karena begitu populer, Bakpia Balikpapan ini kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Balikpapan.

Mie Hijau

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Balikpapan (@balikpapandelicious) on

 


Jika kamu merupakan penggemar kuliner bakmi, maka bakmi hijau khas Balikpapan ini wajib kamu coba. Dengan campuran sayur mayur yang memberikan warna hijau pada adonan mie, tentu mie satu ini akan terasa berbeda dengan bakmi pada umumnya.

Ditambah toping ayam ataupun kepiting, makanan khas Balikpapan ini wajib masuk daftar makanan yang wajib dicicipi saat traveling ke Balikpapan.

 

Banyak sekali bukan pilihan makanan khas Balikpapan yang bisa kamu cicipi. Yuk, segera persiapkan perlengkapan traveling kamu dan mulai petualangan makanan khas Balikpapan bersama sahabat-sahabatmu!

4 dari 4 halaman

Beri Komentar