12 Jenis Pisang di Indonesia yang Kaya Manfaat, Bisa Buat Diet Sampai Dijadikan Keripik loh!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 16 Juni 2021 11:07
12 Jenis Pisang di Indonesia yang Kaya Manfaat, Bisa Buat Diet Sampai Dijadikan Keripik loh!
Nggak cuma kaya akan vitamin, aneka jenis pisang ini juga bisa diolah jadi banyak bentuk.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki beragam jenis pisang. Buah ini pun menjadi favorit banyak orang. Selain menawarkan daging buah yang juicy, rasanya pun manis dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Ditambah, buah pisang ini mudah diolah sesuai kreasimu loh! Bisa jadi menu diet, pisang goreng, pisang cokelat sampai keripik pisang. Selain itu, pisang memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin. Terdapat kandungan karbohidrat, vitamin C dan B6, mineral, kalium, potasium dan magnesium. Tentu saja, khasiatnya juga sangat banyak.

Pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi juga menangkal radikal bebas. Bahkan buah pisang ini nggak hanya buahnya saja yang bisa dimakan, tapi juga daunnya, kulit, batang pohon sampai bunganya.

Bermanfaat banget kan? Nah, itu kenapa kamu juga perlu tahu jenis pisang di Indonesia biar bisa mengolahnya dengan mengembangkan kreasimu!

1 dari 6 halaman

Pisang Susu

Pisang Susu © Diadona

Pertama, ada pisang susu yang memiliki ukuran lebih mungil dibanding jenis pisang lainnya. Meski ukurannya kecil, rasanya sering menjadi incaran banyak orang karena manis.

Ciri khas pisang ini memiliki kulit berwarna kuning dengan bercak kehitaman. Selain dimakan langsung, pisang ini juga sering menjadi isian sandwich atau dadar gulung pisang.

Pisang Varigata

Kalau jenis pisang varigata ini bentuknya seperti timun dan memiliki rasa yang mirip dengan pisang barlin. Makanya cocok banget disantap secara langsung. Kulit pisangnya juga enak loh dan bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan bekas rasa sepat di lidah.

2 dari 6 halaman

Pisang Genderuwo

Pisang Merah © Diadona

Meski memiliki nama yang cukup seram, wujud dari pisang Genderuwo seperti pisang pada umumnya kok. Jenis pisang ini punya nama lain, yaitu potho merah. Hal ini dikarenakan batangnya yang berwarna merah gelap dan buahnya pun berwarna merah kehitaman dengan ukuran yang besar. Buah asal Yogyakarta ini cukup langka loh!

Pisang Merah

Ada lagi nih pisang yang berwarna merah, yaitu pisang merah. Hal ini sesuai dengan warnanya loh Diazens. Jenis pisang ini memiliki banyak sekali manfaat buat tubuh kita, seperti meningkatkan produksi darah, mengurangi berat badan, mengatur asam lambung hingga mencegah batu ginjal.

3 dari 6 halaman

Pisang Cavendish

Pisang Cavendish © Diadona

Ini nih jenis pisang yang lagi viral belakangan ini. Meski mudah ditemukan di supermarket di Indonesia, pisang ini hasil impor dari Amerika, Diazens. Rasa manis dan lembutnya inilah yang menjadikannya favorit banyak orang. Oh iya, sebenarnya rasanya nggak jauh beda sama pisang Ambon loh!

Pisang Ambon

Nah, ini nih jenis pisang di Indonesia yang memiliki paling banyak penggemar. Pisang Ambon menawarkan rasa manis yang lembut dan mudah ditemukan di toko. Itu kenapa ia menjadi kesukaan banyak orang.

Tahu nggak sih, keunikan pisang ini adalah semakin banyak bintik hitam di kulitnya, maka rasanya akan lebih manis loh! Oh iya, selain dimakan langsung, kamu juga bisa menjadikannya sebagai campuran smoothies atau MPASI bayi.

4 dari 6 halaman

Pisang Mas

Pisang Kepok © Diadona

Ada juga yang menyerupai pisang Ambon, yaitu pisang mas. Hanya saja bedanya terletak pada ukurannya yang lebih kecil. Kamu bisa memakannya secara langsung karena menyuguhkan rasa daging yang manis dan lembut.

Pisang Kepok

Kalau pisang kepok ini asalnya bukan dari Indonesia ya Diazens. Melainkan dari Filiphina yang sekarang ini gampang banget dicari di Indonesia. Pisang ini cocok banget kalau diolah dengan dikukus karena rasanya akan manis. Tapi bisa juga dijadikan keripik karena dagingnya yang lebar-lebar.

5 dari 6 halaman

Pisang Raja Seribu

Pisang Raja Seribu © Diadona

Nggak kalah eksis dari pisang Ambon, pisang raja seribu juga memiliki banyak penggemar loh! Pisang ini memiliki aroma harum yang memikat dengan rasa legit. Ukurannya sih standar saja, namun soal rasa bisalah diadu. Namanya pun unik karena dalam satu tandan, pisang ini bisa berisi seribu.

Warna kulitnya hijau saat mentah dan akan menjadi kuning keemasan jika sudah masak. Selain bisa dimakan langsung, jenis pisang ini juga bisa diolah menjadi keripik atau sale pisang.

Pisang Tanduk

Sesuai dengan namanya, pisang ini memiliki bentuk seperti tanduk. Jenis pisang ini berasal dari Sukabumi dengan buah yang berbentuk ramping dan panjang. Kalau soal rasanya, pisang tandung cenderung asam manis. Makanya, lebih cocok dijadikan gorengan atau pisang kukus.

6 dari 6 halaman

Pisang Nangka

Pisang Nangka © Diadona

Nggak hanya namanya yang unik, wujud pisang nangka ini juga nggak kalah bikin menarik. Soalnya pisang ini memiliki warna hijau meskipun daging buahnya sudah matang. Terus aromanya harum banget dan rasanya manis. Biasanya, pisang ini dijadikan keripik, gorengan atau bisa juga jadi isian kue tradisional.

Pisang Sangga Buwana Merah

Ada lagi nih jenis pisang di indonesia yang unik, yaitu Sangga Buwana Merah. Tandan pisangnya terus tumbuh menjulang ke atas, bukannya ke bawah seperti pisang kebanyakan. Tingginya pun bisa mencapai 200 cm loh!

Buah pisangnya sendiri berukuran kecil dengan warna merah hati. Tapi sayang, buahnya nggak bisa dimakan, Diazens. Pisang ini sering dipakai masyarakat Bali untuk acara keagamaan atau sebagai hiasan saja.

Yap, itulah beberapa jenis pisang di Indonesia yang bisa dimakan langsung maupun diolah menjadi makanan ringan lainnya. Kalau favoritmu, pisang yang mana nih?

Beri Komentar