Yuk, Ajarkan Anak Body Positivity Sejak Dini!

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 3 April 2021 07:37
Yuk, Ajarkan Anak Body Positivity Sejak Dini!
Cara ajarkan anak tentang body positivity.

Mencintai diri sendiri terdengar sangat mudah untuk dilakukan. Tapi nyatanya masih banyak orang yang gagal melakukan hal itu.

Beberapa orang masih terperangkap dalam standar kecantikan atau keindahan yang ada di tengah masyarakat. Seringkali hal ini yang membuat kita nggak percaya diri dan nggak bisa mencintai tubuh kita sendiri.

Untuk itu, pemikiran tentang body positivity memang penting dalam diri kita. Body positivity merupakan penerimaan bentuk tubuh yang kita miliki.

Hal ini bisa kita ajarkan pada anak untuk melepaskan rasa cemas tentang penampilan mereka di tengah masyarakat. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa yang bisa kita lakukan untuk mengajari anak tentang body positivity.

1 dari 4 halaman

Mulai sejak dini

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Banyak orang tua yang masih berpikiran bahwa anak-anak masih terlalu kecil untuk memahami tentang tubuh mereka sendiri. Padahal menerapkan body positivity akan sangat baik dilakukan sejak dini.

Anak-anak adalah jiwa-jiwa lugu yang masih mudah dipengaruhi hal-hal yang dilihat di sekitar mereka. Untuk itu, kita harus membuat mereka terpengaruh pemikiran yang positif.

2 dari 4 halaman

Ajari anak tentang tubuh

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Mulailah mengajari anak tentang tubuh mereka. Sebutkan bagian tubuh yang berbeda untuk mereka dan bantu mereka mengidentifikasi masing-masing - tangan, kaki, jari kaki, mata, telinga, dan sebagainya.

Selanjutnya kita bisa memberitahu mereka fungsi masing-masing dari bagian tubuh itu. Ini akan membantu anak menghargai tubuh mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

Prioritaskan kesehatan

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Body positivity mengedepankan kesehatan tubuh daripada berat badan. Anak nggak boleh diejek soal berat badan dan harus didorong untuk menjaga kesehatan tubuh mereka, termasuk soal obesitas.

Saat kita mulai menilai anak karena berat badan mereka, dia akan mulai berpikir bahwa itu adalah hal yang harus diutamakan. Mereka akan lebih fokus dengan penampilan ramping daripada kesehatan.

4 dari 4 halaman

Ajari anak menghormati semua bentuk dan ukuran

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Pelajaran penting yang bisa kita ajarkan pada anak adalah menghargai semua bentuk dan ukuran. Body positivity adalah tentang mencintai diri dan menjadi percaya diri yang mungkin bisa kita dapat dengan menghormati penampilan yang berbeda.

Hal ini bisa diajarkan pada anak dengan membentuk lingkungan positif di mana nggak ada yang menilai mereka dari penampilan. Bantu anak untuk melihat bagaimana setiap orang mengagumkan dengan caranya sendiri.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar