Cara Mulai Melatih Anak untuk Berpuasa Sejak Dini

Reporter : Riza Umami
Rabu, 31 Maret 2021 18:17
Cara Mulai Melatih Anak untuk Berpuasa Sejak Dini
Anak bisa diajari seputar puasa sejak masih kecil lho Mom.

Bulan Ramadhan sudah makin dekat dan tandanya sebentar lagi umat Muslim pun akan menjalankan ibadah puasa. Mom mungkin sudah memikirkan untuk mulai mengajarkan anak berpuasa karena ini akan menjadi salah satu kewajibannya ketika usianya sudah cukup nanti.

Sebenarnya, orang tua memang sudah bisa mengajarkan anak untuk berpuasa ini sejak dini. Yang perlu diingat, ketika Mom melatih anak puasa tentu berbeda saat dia nanti sudah benar-benar puasa.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Puasa Ramadan © Diadona

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, ibu pun perlu mempertimbangkan kondisi dan kemampuan anak saat melatihnya berpuasa. Mom pun tak perlu memaksa anak untuk melakukannya, cukup diberikan contoh sekaligus motivasi agar anak makin semangat berpuasa.

Untuk anak kecil yang masih belajar berpuasa, tentu dia tak harus puasa penuh hingga adzan maghrib. Anak bisa diajarkan berpuasa dengan cara berbuka di siang hari yaitu ketika adzan dhuhur atau waktu lain yang disesuaikan dengan usia anak.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Jangan lupa, ajaklah anak sahur dan berbuka bersama dengan keluarga yang juga untuk mengenalkan anak tentang berpuasa lebih dalam. Kemudian, jika anak memang tak kuat menahan lapar atau haus, berikanlah dia sedikit kelonggaran.

Sebaliknya, saat anak sudah semakin kuat menjalankan puasa, ibu bisa memintanya untuk bersabar sedikit lebih lama dan berbuka saat adzan ashar dan ditingkatkan lagi hingga anak sudah mampu puasa penuh satu hari. Jangan lupa beri anak pujian agar makin memotivasinya untuk belajar berpuasa.

Beri Komentar