Usia Berapa sih Anak Boleh Minum Air Putih Mom?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 14 Juli 2020 10:17
Usia Berapa sih Anak Boleh Minum Air Putih Mom?
Usia segini bayi sudah boleh minum air putih lho, Mom.

Bayi yang baru lahir tentu tak boleh minum air putih terlebih dulu. Biasanya, si kecil ini akan mendapatkan cairan dan asupan untuk tubuh dari ASI ibunya. Lantas, kapankah bayi mulai boleh minum air putih?

Bayi umumnya dianjurkan untuk mengonsumsi ASI dari ibunya sampai usia 6 bulan. Kemudian, bila sudah mencapai usia 6 bulan, bayi pun sudah boleh minum air putih.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman liputan6.com (18/04), bayi boleh minum air putih saat sedang haus atau berkeringat tetapi hanya dalam jumlah yang sedikit. Jika terlalu banyak maka nanti bisa berefek kurang baik pada si kecil.

Bayi bisa kembung dan membuat perutnya sakit. Ia bahkan mungkin akan menolak untuk minum ASI dari ibunya. Selain itu, air yang terlalu banyak ini juga dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dari ASI.

2 dari 2 halaman

Saat anak sudah berusia satu tahun, biasanya ia sudah bisa mengonsumsi makanan yang padat. Nah, saat sauh begini pula si kecil boleh minum air putih. Namun, yang perlu diperhatikan, hindari pemberian air putih apabila si kecil mengalami diare.

Untuk lebih jelas dan pastinya, Mom bisa berkonsultasi pada dokter mengenai pemberian air putih untuk bayi yang baru lahir ini. Semoga si kecil sehat terus ya Mom dan tumbuh kembangnya pun berjalan dengan baik.

Beri Komentar