Anak Sudah Mulai Merangkak, Mom? Ini yang Perlu Dilakukan

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 11 Juli 2020 09:17
Anak Sudah Mulai Merangkak, Mom? Ini yang Perlu Dilakukan
Persiapan yang perlu ibu lakukan saat anak mulai merangkak.

Tentu begitu menyenangkan untuk melihat tumbuh kembang si kecil ya, Mom? Mulai dari anak belajar untuk tengkurap, duduk, berdiri, merangkak dan lain sebagainya. Sekarang, si kecil sudah mulai belajar merangkak ya, Mom?

Biasanya bayi akan mulai belajar merangkak pada usia 6-7 bulan. Ada yang merangkak pelan-pelan dan ada pula bayi yang langsung begitu gesit saat masa ini. Tentu sebagai ibu akan muncul kekhawatiran pada anak, apalagi saat kita sedang sibuk memasak atau mencuci sehingga tak bisa fokus mengawasi si kecil.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman parenting.orami.id (09/06), ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan oleh ibu saat bayi mulai merangkak. Salah satunya adalah menutup stop kontak. Stop kontak ini bisa sangat berbahaya untuk bayi karena adanya aliran listrik. Apalagi anak cenderung mudah penasaran dengan hal yang baru dilihatnya.

Kemudian, Mom pun juga perlu untuk mengamankan kabel yang ada di rumah agar tidak berserakan di lantai. Baiknya digantung atau ditutupi dengan karpet agar tak sampai dijangkau si kecil. Takutnya kabel ini bisa dia gigit nantinya atau mungkin ada bagian yang terbuka dan bisa tersetrum.

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

2 dari 2 halaman

Usahakan lantai pun dalam kondisi yang bersih sehingga si kecil bisa leluasa untuk belajar merangkak. Benda-benda kecil yang berserakan sebaiknya dirapikan dulu agar tidak sampai dimainkan oleh anak. Lantai pun perlu sering disapu dan dipel untuk menghindari adanya bakteri yang menempel di sana.

Yang terakhir yaitu pastikan pintu rumah untuk keluar dalam kondisi terkunci. Hal ini untuk menghindari anak yang aktif merangkak, malah sampai keluar rumah saking gesitnya. Selain itu, sebaiknya diberi pagar atau penghalang untuk tempat-tempat yang cukup berbahaya seperti kamar mandi dan dapur.

Itulah beberapa persiapan yang bisa Mom lakukan saat anak mulai belajar merangkak. Semoga si kecil sehat selalu serta pertumbuhan dan perkembangannya makin cepat ya, Mom.

Disadur dari parenting.orami.id (Andra Nur Oktaviani ditayangkan pada 09 Juni 2020)

Beri Komentar