Tips Membuat Bayi Terbiasa Minum Susu dari Botol

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 23 Agustus 2020 07:37
Tips Membuat Bayi Terbiasa Minum Susu dari Botol
Bayi rewel nggak mau minum susu pakai botol? Yuk, ikuti tips ini Moms!

ASI merupakan asupan nutrisi yang paling baik bagi bayi. Kandungan ASI memang terbukti memberikan manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Namun tentu nggak selamanya bayi akan minum ASI secara langsung dari dada ibu kan? Beberapa bayi akan mulai dilatih untuk beralih menggunakan botol.

Perubahan tersebut nggak jarang membuat bayi mengalami kesulitan untuk terbiasa minum susu dari botol. Tapi jangan nyerah, Moms!

Dilansir dari Mom.com, berikut beberapa tips menyusui bayi dengan botol.

1 dari 5 halaman

Cek suhu

Ilustrasi ASI Perah © Diadona

Kita bisa mulai mengenalkan bayi pada botol susu di bulan pertama. Namun jangan terlalu berharap hal ini langsung berhasil.

Kita juga perlu bereksperimen dengan suhu susu dalam botol. Uji suhunya sebelum kita mulai menyusui bayi.

2 dari 5 halaman

Jangan menunda

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Pilihlah waktu yang paling tepat untuk mulai membiasakan bayi menggunakan botol. Beberapa ibu menyusui dengan dua metode sekaligus (secara langsung dan menggunakan botol) sejak awal.

Jika kita menunda hal ini justru akan buruk bagi bayi. Mereka sangat mungkin menolak menggunakan botol sepenuhnya.

3 dari 5 halaman

Meminta orang lain untuk menyusui bayi dengan botol

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Seorang ibu mengalami kesulitan karena bayinya menolak minum dengan botol selama berbulan-bulan. Meski sudah mencoba semua jenis dot susu tapi cara itu tetap nggak berhasil untuk membuat anaknya mau minum susu dari botol.

Kemudian ibu tersebut meminta anggota keluarga lain untuk menyusui bayinya menggunakan botol. Dia juga memastikan agar dirinya nggak terlihat oleh sang anak.

4 dari 5 halaman

Terus mencoba sebelum anak tidur

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Setelah memompa ASI, kita bisa memasukkannya ke dalam botol. Setelah itu usahakan untuk menyusui bayi menggunakan botol itu sebelum mereka tidur di sore atau malam hari. Karena mengantuk, mereka mungkin nggak sadar dan bisa lebih cepat terbiasa menggunakan botol.

5 dari 5 halaman

Menggosok ASI pada dot

Dot Bayi © Diadona

Kita bisa mencoba beberapa jenis dot yang berbeda dan melihat mana yang berhasil diterima oleh anak. Kita juga bisa menggosokkan ASI di bagian luar dot botol untuk memberi mereka rasa.

Menyusui secara langsung dan menggunakan botol memang sebaiknya dikombinasikan sejak awal menyusui bayi. Hal ini juga bisa membantu membangun suplai ASI.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar