Tips Jitu Atasi Anak yang Tak Mau Mengerjakan PR Sekolah

Reporter : Riza Umami
Jumat, 17 Juni 2022 21:18
Tips Jitu Atasi Anak yang Tak Mau Mengerjakan PR Sekolah
Siapa nih yang anaknya malas ngerjain PR, Mom?

PR atau pekerjaan rumah terkadang sangat malas untuk dikerjakan oleh sejumlah anak. Gak heran mereka yang gak ngerjain besoknya auto panik cari contekan atau bahkan dihukum oleh guru.

Lantas bagaimana ya Mom cara mengatasi anak yang malas atau bahkan tak mau mengerjakan PR sekolahnya? Pasti Mom pun ikut bingung mikirin anak yang gak mau ngerjain PR kayak gini. Berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa Mom coba untuk lakukan.

1 dari 5 halaman

1. Siapkan Tempat Belajar yang Nyaman

ilustrasi anak belajar © Diadona

Agar anak bisa belajar dan mengerjakan PR dengan nyaman maka yang pertama perlu disiapkan adalah tempat belajar yang nyaman untuk anak. Mom bisa menyiapkan meja belajar dengan penerangan yang baik dan dihiasi dengan hal-hal kesukaan anak. Tempat belajar yang nyaman seperti ini akan membuat anak makin semangat saat mengerjakan PR sekolahnya.

2 dari 5 halaman

2. Rutin Bertanya Apa Anak Punya PR atau tidak

Ilustrasi anak belajar © Diadona

Terkadang, ada sejumlah anak yang lupa kalau ia punya PR yang belum dikerjakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Mom rutin menanyakan kepada anak apakah ia punya PR atau tidak. Kemudian, sebaiknya minta anak segera mengerjakan PR-nya dan tidak menunda-nunda sampai nanti akan dikumpulkan agar tidak sampai lupa.

3 dari 5 halaman

3. Berikan Anak Penjelasan Apa Akibat yang Didapat Bila Tidak Mengerjakan PR

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Sejumlah anak menggampangkan mengerjakan PR sehingga mereka mengandalkan contekan dari temannya saat tugas tersebut akan dikumpulkan. Namun, mencontek PR seperti sebenarnya hanya akan merugikan anak. Berikanlah anak penjelasan pentingnya mengerjakan PR sendiri bahwa dia bisa memahami materi yang diajarkan dengan sepenuhnya. Selain itu, jelaskan pula akibat kalau ia tak mengerjakan PR misalnya bisa dihukum guru, jadi tidak mengerti materi dan yang lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Temani Anak Saat Mengerjakan PR

Ilustrasi anak belajar dengan orang tua © Diadona

Anak biasanya akan makin semangat saat ditemani belajar atau mengerjakan tugas oleh ibunya. Mom juga bisa membantu saat anak kesulitan memahami materi pembelajarannya tetapi tetap biarkan anak mengerjakannya sendiri. Dengan begitu, anak akan mulai memahami materi pembelajarannya yang mungkin dianggap susah.

5 dari 5 halaman

5. Beri Anak Pujian dan Hadiah

ilustrasi anak belajar © Diadona

Ketika anak rajin mengerjakan PR sekolahnya sendiri, berikanlah anak pujian sehingga ia pun makin semangat dalam mengerjakan PR-nya ke depan. Selain itu, Mom juga bisa memberikan hadiah ketika anak mendapatkan nilai yang bagus saat mengerjakan PR-nya sendiri tanpa mencontek. Cobalah berikan hadiah sederhana misalnya mengajak anak main, membelikannya es krim atau lain sebagainya.

Beri Komentar