Ini Alasan Kenapa Mom Perlu Mengajarkan Buah Hati 2 Bahasa

Reporter : Riza Umami
Jumat, 10 Juni 2022 17:17
Ini Alasan Kenapa Mom Perlu Mengajarkan Buah Hati 2 Bahasa
Bukannya kalau kebanyakan bahasa nanti anak bisa bingung? Berikut ulasannya.

Sejumlah orang tua mungkin hanya mengajarkan 1 bahasa kepada buah hatinya misalnya Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia. Biasanya, anak baru belajar bahasa keduanya ketika nanti sudah mulai masuk prasekolah.

Ternyata mengajarkan anak 2 bahasa akan memberikan manfaat tersendiri bagi buah hati. Kira-kira apa ya manfaatnya untuk anak Mom? Dilansir dari laman parenting.co.id, berikut ini beberapa alasan kenapa Mom perlu mengajarkan buah hati 2 bahasa.

1 dari 4 halaman

Yang pertama yaitu supaya anak bisa lebih cepat bisa. Buah hati lebih mudah belajar bahasa lain sejak dini, daripada saat usianya udah makin besar. Asisten profesor speech and language pathology di Teachers College yaitu Erika Levy, Ph.D., mengungkapkan bahwa anak balita usia 2 sampai 3 tahun bisa mengembangkan keterampilan bahasa dengan cepat.

Dia juga mengatakan bahwa anak balita usia tersebut menyerap apa pun yang mereka dengar dengan cepat. Anak ternyata bisa memahami kata-kata baru dari 2 bahasa yang berbeda dengan kecepatan yang jauh sangat lebih cepat dari orang dewasa.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Alasan yang kedua supaya mereka lebih fasih dalam 2 bahasa tersebut. Dalaam penelitian yang diterbitkan pada jurnal Cognitive Psychology menjelaskan bahwa anak yang belajar bahasa asing sejak ia masih kecil, maka ia akan jadi penutur yang lebih baik atau fasih.

3 dari 4 halaman

Kalau rutin diperdengarkan kepada anak tiap hari, bukan tak mungkin dia akan fasih bahasa asing tersebut seperti penduduk asli bahasa tersebut karena Mom sudah mengajarkan sejak anak masih sangat kecil.

Alasan yang berikutnya yaitu karena fungsi eksekutif otak buah hati yang lebih baik ketika usianya masih dini. Dalam penelitian yang dilakukan Ellen Bialystok, OC, FRSC, seorang psikolog dan profesor pengembangan bahasa di York University, Kanada, dijelaskan kalau orang yang bilingual atau menguasai 2 bahasa akan lebih mampu bertransisi di antara dua tugas.

4 dari 4 halaman

ilustrasi anak belajar © Diadona

Selain itu, dia juga bisa multitasking, membagi fokusnya dan juga bisa menyelesaikan masalahnya dengan lebih mudah. Ada pula manfaat lainnya di mana anak bilingual ini jadi lebih mudah dalam belajar bahasa ketiga, dan seterusnya. Wah, ternyata banyak juga ya alasannya. Kalau Mom pilih mengajarkan anak 1 atau 2 bahasa nih?

Beri Komentar