Beberapa Cara Supaya Si Kecil Gak Buang-Buang Makanan

Reporter : Riza Umami
Kamis, 16 Juni 2022 21:30
Beberapa Cara Supaya Si Kecil Gak Buang-Buang Makanan
Berikut ini beberapa hal yang bisa Mom lakukan.

Sejumlah ibu mungkin mengalami kesulitan ketika anak susah makan atau bahkan ia suka buang-buang makanan. Padahal, anak butuh gizi yang mencukupi untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Anak yang masih kecil terkadang memang suka buang-buang makanan bahkan ia senang saat melihat makanan berserakan di mana-mana. Oleh sebab itulah, si kecil suka melemparkan makanannya ke lantai.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari laman parenting.co.id, sebenarnya ini adalah hal yang wajar terutama pada anak yang usianya di atas satu tahun karena hal ini adalah bagian dari tahapan anak supaya bisa belajar makan sendiri.

Hal ini disebabkan karena anak memang belum mengerti bahwa makanan itu bukan mainan dan tak boleh dibuang-buang seperti itu. Oleh sebab itulah, ada beberapa hal yang bisa Mom lakukan supaya si kecil gak buang-buang makanan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Yang pertama yaitu menyajikan makanan dalam porsi yang sesuai. Jangan memberikan anak makanan yang terlalu banyak di piringnya sehingga nanti kalau sudah bosan anak malah akan menjadikan makanan tersebut sebagai mainan bahkan dibuang-buang. Sesuaikan porsinya untuk sekali makan anak dan tidak terlalu banyak.

3 dari 4 halaman

Yang kedua ibu bisa menyajikan makanan yang dipotong dengan ukuran one bite atau satu kali suap. Makanan one bite seperti ini bisa lebih mudah dimakan oleh anak sehingga tak akan ada sisa makanan yang bisa dia buang-buang.

Yang ketiga yaitu temani si kecil saat ia sedang makan. Anak yang masih berusia 1-2 tahun, biasanya memang belum bisa makan dengan rapi. Sambil bantu suapi anak, coba berikan ia sendok agar anak berlatih untuk menyuap sendiri. Namun, anak perlu diingatkan ketika ia malah memainkan makanannya dan bukannya dimakan.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Yang keempat yaitu berikan anak pujian. Saat anak memainkan makanannya atau malah membuangnya, maka ibu perlu mengingatkan anak untuk tidak melakukannya. Sebaliknya, ketika anak tidak membuang makan dan tidak memainkannya, berikanlah anak pujian sehingga anak merasa senang dan ia pun akan mengulangi hal tersebut lagi.

Beri Komentar