Ternyata Main sama Ayah Bisa Bikin Anak Makin Pintar, Mom

Reporter : Riza Umami
Rabu, 9 Februari 2022 15:17
Ternyata Main sama Ayah Bisa Bikin Anak Makin Pintar, Mom
Ini penjelasannya.

Menemani anak bermain memang bisa berdampak positif untuk tumbuh kembangnya. Oleh sebab itulah, banyak ibu yang biasanya menemani anaknya bermain. Namun gak hanya ibu, ayah pun juga perlu main sama anak lho.

Ternyata, bermain dengan ayah bisa membuat anak jadi makin pintar. Dikutip dari akun TikTok @bbynickyaxel, sebuah studi menunjukkan bermain dengan ayah bisa meningkatkan kemampuan sosialisasi, perkembangan bahasa dan juga kontrol emosi pada anak, dengan kata lain bisa membantu buah hati jadi makin pintar.

1 dari 4 halaman

Anak yang dekat dengan ayah karena sering main bareng ini pun, akan mempunyai tingkat IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tak dekat dengan ayahnya. Buah hati jadi lebih fokus dalam belajar karena rasa nyaman dari orang tuanya sehingga ini bisa membantu meningkatkan kecerdasannya.

Tentu ada banyak jenis permainan yang bisa dilakukan oleh ayah bersama dengan buah hatinya yang disesuaikan dengan usianya. Walau anak masih umur beberapa bulan dan belum bisa banyak bergerak, ayah pun bisa mengajaknya bermain.

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

2 dari 4 halaman

Untuk anak yang di bawah usia satu tahun, ayah bisa mengajak anak bermain misalnya dengan cilukba atau membacakannya buku cerita. Ayah juga bisa mengajak anak tummy time di dadanya sambil menghiburnya.

Saat anak sudah makin besar di atas usia satu tahun, tentu semakin banyak permainan yang bisa dilakukan ayah bersama anak. Sebagai contoh, ayah bisa mengajak anak menyusun balok mainan bersama, bermain puzzle, mewarnai gambar dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Selain itu, saat ayah sering menghabiskan waktunya bermain bersama anak, tentu hubungan mereka pun jadi lebih dekat. Bonding antara anak dengan ayah akan semakin kuat dengan cara sering bermain bersama seperti ini.

4 dari 4 halaman

Tumbuh dengan kasih sayang yang melimpah dari sang ayah dan kerap diajak main bareng, anak pun akan jadi anak yang percaya diri, penyayang serta tak merasa kesepian dalam hidupnya.

Nah, itulah ulasan perihal bermain bersama ayah yang ternyata berdampak positif untuk anak bahkan bisa membuatnya jadi makin pintar. Yuk Mom, ajak suami untuk bermain bersama buah hati dan gak hanya fokus ke ponselnya aja.

Beri Komentar