Jangan Lakukan Beberapa Hal Ini Karena Bisa Melukai Harga Diri Anak Mom

Reporter : Riza Umami
Senin, 7 Februari 2022 20:17
Jangan Lakukan Beberapa Hal Ini Karena Bisa Melukai Harga Diri Anak Mom
Apa saja ya Mom?

Anak tentu juga memiliki harga diri sama halnya orang dewasa. Sayangnya, mungkin sebagian orang tua masih tidak terlalu memikirkan harga diri anaknya bahkan ada yang malah menyakitinya.

Meski tampak sepele, ternyata hal tersebut bisa sangat berpengaruh ke self esteem buah hati. Semakin harga diri anak terluka, maka hal itu bisa membuat anak kehilangan rasa percaya dirinya  dan menyebabkan hal negatif lainnya.

Dilansir dari postingan di akun Instagram @ibupedia_id, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh orang tua karena bisa melukai harga diri anak.

1 dari 4 halaman

1. Membandingkan Buah Hati di Depan Orang Lain

Sejumlah orang tua suka membandingkan anaknya apalagi saat bercerita kepada orang lain. Bukannya bikin anak termotivasi, hal ini ternyata malah bisa membuat harga dirinya terluka. Bahkan, anak mungkin akan merasa kalau dirinya tidak berharga.

2 dari 4 halaman

2. Melabeli Buah Hati

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Banyak orang tua yang tanpa sadar suka melabeli anaknya apalagi kalau sedang marah, sebagai contoh ibu menyebut anak nakal, bandel, cengeng dan masih banyak lagi. Label-label negatif ini bisa membekas di ingatan anak sampai membuat harga dirinya terluka.

3 dari 4 halaman

3. Mengabaikan Keinginan dan Pendapat Anak

Anak tentu mempunyai keinginan atau pendapatnya sendiri yang mungkin berbeda dengan orang tua. Sayangnya, tak semua orang tua bisa menghargai pendapat anaknya tersebut, mereka justru mengabaikannya secara sengaja. Tentu hal ini akan melukai harga diri anak.

4 dari 4 halaman

4. Memarahi Buah Hati di Depan Umum

ilustrasi ibu marah pada anak © Diadona

Saking marahnya, mungkin beberapa orang tua sampai memarahi anaknya di depan umum. Namun bukannya akan didengarkan oleh anak, tetapi hal itu malah membuatnya malu hingga bisa menyakiti harga dirinya.

Itu beberapa hal yang bisa melukai harga diri anak, sebaiknya dihindari untuk dilakukan ya Mom.

Beri Komentar