10 Ciri-Ciri Orang Beriman kepada Allah Menurut al-Qur'an, Sudahkah Kita Memilikinya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 12 Maret 2021 15:46
10 Ciri-Ciri Orang Beriman kepada Allah Menurut al-Qur'an, Sudahkah Kita Memilikinya?
Ciri-ciri orang beriman berikut ada bisa sebagai refleksi diri sampai manakah kadar keimanan kita?

Ciri-ciri orang beriman tak berarti kita bisa menentukan kadar keimanan seseorang melalui tanda yang ditunjukkan, melainkan sebagai pengingat diri kita untuk mencapai ciri-ciri tersebut. Nggak boleh dong menakar keimanan seseorang hanya dari apa yang terlihat dari kita. Memangnya kita ini asistennya Allah?

Iman pada islam adalah penegasan, bukan sekedar keyakinan. Peneguhan ini mencangkup keyakinan dalam hati, pengucapan dalam lisan dan juga pembuktian melalui amal dan perbuatasn. Kalau dia hanya mengucapkan laa ilaha illallah namun tak dibarengi dengan amal dalam hidupnya, maka ini hanyalah pengakuan yang penuh dengan dusta.

Terkait dengan iman dan ciri-ciri orang beriman, Rasulullah bersabda:

“Iman itu ada 70 atau 60 sekian cabang. Yang paling tinggi adalah perkataan ‘laa ilaha illallah’ (tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan bagian dari iman.” (hadits dari Abu Hurairah)

Lalu seperti apa sih ciri-ciri orang beriman tersebut. Yuk simak dulu ulasan Diadona dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

10 Ciri-Ciri Orang Beriman

Ciri-Ciri Orang Beriman © Diadona

Berikut 10 ciri-ciri orang beriman. Apakah ada padamu?

Takut Kepada Allah

Ketakutan pada Allah adalah ciri-ciri orang beriman, yang pada akhirnya menuntun mereka untuk menghindari hal-hal yang dilarang agama dan melakoni segala perintahnya. Takut pada Allah adalah bukti iman kepada-Nya, seperti yang tercantum dalam Q.S Al-Anfal : 2

“ Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang bila disebut nama Allah Subhanahu Wata’ala gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka, dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”

Bagaimana agar bisa mencapai ciri-ciri orang beriman ini?

Yakni dengan menyadari betapa Allah Maha Kuasa sementara kita adalah manusia yang tidak punya daya tanpa-Nya. Menyadari bahwa Allah mencintai hamba-Nya akan memupuk rasa takut dan kehilangan cinta tersebut, dan mengingat bahwa ada azab Allah yang pedih bagi mereka yang melanggar perintah-Nya.

Shalat dengan Khusyuk

Khusyuk adalah kondisi ketika hati dan pikiran hanya tertuju kepada Allah. Ini adalah hal yang penting banget diwujudkan saat sedang menghadap Allah, terutama saat sholat dan berdzikir.

Lalu mengapa khusyuk menjadi ciri-ciri orang beriman?

Khusyuk adalah wujud tertinggi di mana hati kita hanya takhluk kepada Allah dan landasan tegaknya shalat dan dzikir. Ini juga sesuai dengan firman Allah di surah al-Mukminum yaitu:

" Sungguh beruntung orang-orang yang beriman,(yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya,"

Menjauhkan Diri dari Hal yang Sia-Sia

Seperti yang tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh HR. At-Tirmizi bahwa:

“ Di antara tanda bagusnya keislaman seseorang adalah dia meninggalkan apa-apa yang tidak berguna baginya.”

Kepada umatnya, Islam memerintahkan mereka buat melakukan aktivitas yang memiliki nilai kebaikan dan tak melakukan hal-hal yang tak bermakna dan membawa mudharat.

Mengenai ciri-ciri orang beriman ini juga sesuai dengan QS. Al-Mukminun

" dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang sia-sia.."

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Beriman kepada Allah

Ciri-Ciri Orang Beriman © Diadona

Beriman kepada Allah artinya percaya dan membenarkan kalau Allah benar-benar ada dengan segala sifat, kebesaran dan keagungan-Nya.

Senantiasa Bersyukur

Seperti yang disebutkan Ibnul Qayyim dalam kitab Madarij as-Salikin, bersyukur artinya menunjukkan nikmat Alla yang ada pada dirinya. Bisa dilakukan dengan ucapan ykni memuji atau mengakui nikmat tersebut, bisa dengan mengakuinya dalam hati yaitu mencintai Allah atau dnegan mematuhi perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sesuai dengan ciri-ciri orang beriman, kan?

Orang yang beriman kepada Allah selalu menyadari bahwa apa yang mereka dapatkan adalah sebagai bentuk kemurahan Allah sehingga mereka harus slelau bersyukur dan rendah diri atas segala nikmat.

Ciri-ciri orang beriman berupa syukur juga termuat dalam Al-Quran surah Luqman Ayat : 12

" Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “ Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS: Luqman Ayat : 12)

Berakhlak Baik

Mereka yang beriman akan meneladani sifat-sifat Rasulullah sehingga tak akan nampak akhlak yang buruk dalam diri mereka.

Akhlak yang mulia memiliki tempat yang spesial di hatri kiamat seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda

“ Tidak ada sesuatu yang diletakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak yang mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat.” (At-Tirmidzi, 2002)

Sabar

Dikutip dari Wasathiyah, sabar dan iman adalah satu kesatuan yang tak boleh dipisahkan. Dalam suatu ayat, Allah berfirman bahwa ikrar iman seseorang akan diuji dnegan mendatangkan suatu cobaan untuk mengujinya. Dan mereka yang sabar adalah ciri-ciri orang yang beriman,s eperti yang tertuang pada surah Al Imran berikut.

" Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu dan bersiap siagalah serta bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (QS. Ali Imran [3]: 200).

Tawakkal

Tawakkal bukanlah sifat pasrah, melainkan menyandarkan diri kepada Allah saat sedang susah, berteguh hati saat ditimpa kesukaran dalam kondisi hati yang tenangd ana tentram. Tawakkal harus disertai dengan Sayangnya, konsep tawakkal sering diartikan hanya sebagai kepasrahan tanpa usaha. Padahal, tidak demikian.

Tawakkal harus digandeng dengan ilmu dan juga ikhtiar, usaha untuk mendapatkan kebaikan dan menghindari keburukan yang dilarang Allah. Tawakkal sendiri merupakan implikasi langsung iman seorang hamba kepad Allah, sehingga bsia disebut sebagai ciri-ciri orang beriman.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Beriman Menurut Al-Quran

Ciri-Ciri Orang Beriman © Diadona

Dan ciri-ciri orang beriman tersebut termuat dalam Al-Quran. Jadi, yuk berusaha mencapai ciri-ciri orang beriman tersebut ya!

Menjadikan Rasul sebagai Teladan

Meneladani Rasulullah SAW adalah salahs atu ciri-ciri orang beriman. Ini telah tergambar dengan jelas dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa:

“ Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Aku tinggalkan dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh dengan keduanya yaitu Kitabullah dan Sunnahku, serta keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangiku di Telaga (di Surga).

Senang Mendengar Bacaan Al-Quran

Mendengarkan bacaan Al-Quran adalah cara yang baik untuk menghibur perasaan sedih, menenangkan jiwa yang gelisah dan melunakkan hati yang keras, serta mendatangkan petunjuk dari Allah. Dan ini adalah salahs atu ciri-ciri orang beriman seperti yang digambarkan oleh firman Allah:

“ Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah mereka yang apabila disebut (nama) Allah, gemetar hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka karenanya dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal.” (Al-Anfal ayat 2).

Membayar Zakat

Zakat adalah bentuk ketakwaan seseorang kepada Alla, sekaligus sebagai ciri-ciri orang beriman. Mereka yang beramal tak akan takut miskin karena yakin bahwa ini adalah salah satu cara untuk membersihkan harta dan menyucikan jiwa.

Rasulullah pernah bersabda bahwa salah satu ciri-ciri orang beriman dapat dilihat dari sholat dan juga sedekahnya.

" Sholat adalah cahaya dan sedekah adalah bukti” (HR. Muslim no. 223)

Sekali lagi, ciri-cir orang beriman yang Diadona share barusan sebaiknya menjadi penyemangat kita untuk meningkatkan keimanan agar memiliki tanda tersebut. Setuju kan?

Beri Komentar