Sudah Minum ASI, Kenapa Berat Badan Bayi Nggak Bertambah ya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 28 Juli 2020 06:37
Sudah Minum ASI, Kenapa Berat Badan Bayi Nggak Bertambah ya?
Penyebab berat bayi nggak bertambah meski sudah minum ASI.

Pemberian Air Susu Ibu atau ASI pada bayi dianggap sebagai cara terbaik untuk memberikan nutrisi pada bayi setelah lahir. ASI memang diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan untuk bayi.

Dilansir dari Verywellfamily, kebanyakan bayi yang diberi ASI akan mengalami kenaikan berat badan yang konsisten. Hal itu biasanya terjadi jika ibu sudah menyusui bayi dengan benar dan sering.

Tapi kalau bayi nggak kunjung naik juga berat badannya pasti membuat banyak ibu jadi pusing sendiri kan? Makanya ketahui beberapa penyebab berat badan bayi naik secara lambat berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cara menyusui

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © mamanatural.com

Menyusui yang baik adalah saat kita bisa mengeluarkan ASI dari payudara tanpa merasa lelah dan frustasi. Jika bayi kita nggak menempel dengan benar atau hanya menempel pada puting, mereka nggak akan bisa mengeluarkan ASI dengan baik. Makanya kita harus lebih memperhatikan apakah bayi sudah benar-benar mendapatkan ASI.

2 dari 4 halaman

Jarang menyusui

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © 2020 https://rawpixel.com

Bayi yang baru lahir setidaknya butuh disusui setiap dua sampai empat jam dalam sehari. Hal ini biasanya harus dilakukan pada enam hinggan delapan minggu pertama. Tapi kalau bayi ingin menyusui lebih sering, maka nggak ada salahnya untuk memberikannya.

3 dari 4 halaman

Nyeri atau nggak nyaman

Ilustrasi Bayi MenangisIlustrasi Bayi Menangis © https://www.shutterstock.com/g/Sasiphin

Jika bayi kita merasa nggak nyaman, mereka akan sulit untuk menyusu. Rasa nggak nyaman itu bisa saja disebabkan oleh cedera lahir atau infeksi seperti sariawan di mulut. Bayi yang nggak menyusu dengan baik tentu berat badannya akan naik dengan lambat.

4 dari 4 halaman

Pasokan ASI rendah atau tertunda

ilustrasi menyusui bayiilustrasi menyusui bayi © kiddocare.my

Beberapa ibu sangat mungkin mengalami keterlambatan produksi ASI. Nggak jarang di antara mereka juga mengalami suplai ASI yang sangat rendah dan kronis. Penyebabnya bisa karena banyak hal, sementara kondisi ini tentu membuat bayi nggak memperoleh ASI yang cukup.

Tapi jangan sedih, Moms! Hal ini bisa diatasi dengan mudah kok. Tapi jika kita memiliki beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan pasokan ASI menjadi rendah, hal itu sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar