Yuk Mom Ajak Anak Berkebun Bersama, Ini 5 Manfaatnya

Reporter : Riza Umami
Senin, 27 Juli 2020 13:17
Yuk Mom Ajak Anak Berkebun Bersama, Ini 5 Manfaatnya
Manfaat berkebun bersama anak.

Berkebun dengan anak bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama, terutama jika di rumah ada lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kebun yang cantik.

Kegiatan yang bisa dilakukan outdoor ini pun pasti akan lebih nyaman untuk anak yang sudah bosan di rumah terus. Dilansir dari laman halodoc.com, berkebun ini juga punya banyak manfaat untuk anak lho Mom. Wah, apa aja ya?

1 dari 5 halaman

1. Akan Mengembangkan Kemampuan Sensorik Anak

Saat berkebun tentu ada banyak sekali hal yang akan dilakukan anak seperti menggali, menggenggam, mengangkat, menyiram dan masih banyak lagi. Berbagai aktivitas itu, tentunya bisa membantu mengembangkan koordinasi anggota tubuh anak serta membangun kekuatan fisik anak. 

2 dari 5 halaman

2. Membantu Kembangkan Indra Anak

Ilustrasi Anak BerkebunIlustrasi Anak Berkebun © shutterstock.com/SUKJAI PHOTO

Saat berkebun, tanpa disadari anak pun akan menggunakan hampir semua indranya seperti indra penglihatan untuk melihat taman tersebut, indra penciuman untuk mencium bau tumbuhan dan bunga, indra pendengaran untuk mendengarkan arahan dari Mom dan beberapa lainnya. 

3 dari 5 halaman

3. Mendorong Anak Mulai Suka Makan Sayur

Saat menanam bersama, anak juga mulai belajar tentang jenis-jenis sayuran. Mom juga bisa memberi tahu manfaat sayuran untuk tubuh dan pentingnya bagi kesehatan. Anak pasti juga akan senang bila sayuran yang ia tanam ini tumbuh dengan baik dan nantinya bisa dipanen lalu dimasak untuk makanannya. 

4 dari 5 halaman

4. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Kesabaran

Ilustrasi Anak BerkebunIlustrasi Anak Berkebun © freepik.com

Karena menanam sayuran dan tanaman sendiri, anak pasti akan merasa punya tanggung jawab juga untuk merawatnya. Sayuran itu akan tumbuh bertahap dan butuh waktu sampai bisa dipanen nanti. Si kecil pun tanpa disadari akan belajar untuk bersabar juga menunggu sayuran itu sampai besar. 

5 dari 5 halaman

5. Mengajarkan Anak Menjaga Lingkungan

Dengan berkebun ini juga bisa mengajarkan anak untuk peduli dengan lingkungan dan tumbuhan hijau. Mom juga perlu memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan bagi setiap orang termasuk anak-anak.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berkebun. Semoga bermanfaat dan selamat berkebun bersama anak, Mom.

Beri Komentar