Si Kecil Takut Main Air? Nggak Perlu Panik, Simak Cara Mengatasinya Moms!

Reporter : Sofi
Rabu, 6 Mei 2020 12:47
Si Kecil Takut Main Air? Nggak Perlu Panik, Simak Cara Mengatasinya Moms!
Moms bisa dampingi si kecil untuk gak takut lagi sama air dengan cara ini ya.

Hai Moms! Moms suka heran gak sih kalau si kecil tiba-tiba nangis, dan terlihat ketakutan sama air? Entah air di bak mandi, atau takut sama air di kolam renang. Sebenarnya kenapa sih mereka bisa takut air gitu?

Dilansir dari parenting.orami.co.id, berdasarkan jurnal Neurobiology of Fear and Specific Phobias, ketakutan bisa diekspresikan secara bawaan atau pengkondisian, dipicu ketika suatu bahaya atau suatu stimulus memprediksi adanya bahaya yang langsung dirasakan. Untuk si kecil, air adalah tempat menakutkan yang gak dia kenali. Bisa juga mereka melihatnya sebagai tempat aneh yang membuatnya mungkin merasa terjebak, tanpa jalan keluar.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak Takut Air © Diadona

Ketakutan anak terhadap air ini adalah sesuatu hal yang normal. Mungkin juga gak pernah tahu persis apa yang menjadi pemicu ketakutannya ini. Nah, Moms bisa melakukan beberapa hal ini untuk membantu si kecil mengatasi rasa takutnya ini. Yuk simak ulasan berikut!

2 dari 5 halaman

1. Membiarkan Si Kecil Mencobanya Sendiri

Ilustrasi anak berenang © Diadona

Dengan mengajak anak melakukan pendekatan dengan air saat mandi bisa jadi salah satu solusi dalam mengatasi rasa takut pada air. Cobalah untuk membantu si kecil untuk merasa nyaman dengan beberapa keterampilan berenang dasar yang bisa dia praktikkan di bak mandi, seperti memasukkan wajahnya ke dalam air. Tapi ingat, untuk lakukan secara perlahan dan jangan malah membuatnya takut ya Moms.

3 dari 5 halaman

2. Jangan Memaksa Anak

ilustrasi anak berenang © Diadona

Biarkan anak tahu kalau rasa takut itu adalah hal yang wajar. Perkenalkan anak pada air pelan-pelan, seperti mengajaknya ke kolam renang anak-anak. Moms bisa memulainya dengan mengajaknya untuk duduk di pinggiran kolam, sambil menjulurkan kaki dan bermain air. Hal ini bisa menjadi mengasyikkan dan lebih nyaman bagi anak daripada meminta anak asuk ke dalam kolam renang langsung.

4 dari 5 halaman

3. Bantuan Profesional

Moms juga bisa menggunakan bantuan instruktur renang, dengan mendaftarkannya di kelas berenang. Kalau diperlukan, mendaftarkan anak di kelas private seorang diri akan lebih baik. Dengan cara ini, kemungkinan si kecil untuk mengatasi rasa takutnya pada air ini akan lebih cepat. 

5 dari 5 halaman

Bermain-main di kolam dengan Moms juga bisa membantunya kalau si kecil masih takut untuk berenang sendirian. Karena Moms akan memberi rasa nyaman untuk si kecil. Jadi jangan memaksa anak untuk langsung berhadapan dengan air ya Moms, kalau anak terlihat takut.

Jangan lupa untuk memberi apresiasi, dan semangat ketika si kecil berhasil menghadapi dan mengatasi rasa takutnya ini ya Moms! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar