Anak yang Melakukan Pekerjaan Rumah, Katanya Bisa Bikin Mereka Lebih Sukses Kelak loh Moms!

Reporter : Sofi
Senin, 4 Mei 2020 11:47
Anak yang Melakukan Pekerjaan Rumah, Katanya Bisa Bikin Mereka Lebih Sukses Kelak loh Moms!
Ternyata minta bantuan anak buat melakukan pekerjaan rumah ada manfaat jangka panjangnya ya!

Moms pernah, atau sering gak menyuruh anak untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah? Seperti mencuci piring, mencuci baju, membersihkan rumah, dan lain-lain. Terus anak-anak juga sering kali terlihat cemberut ketika melakukannya, karena sebenarnya mereka gak mau.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi membersihkan rumah dengan anak © Diadona

Untuk beberapa tahun terakhir, sepertinya banyak orang tua muda yang kemudian berpikiran untuk gak meminta tolong sang anak untuk membantunya dalam mengurus pekerjaan rumah. Padahal ini bisa merugikan anak itu sendiri loh Moms. Dilansir dari parents.com, seorang mantan Dekan Mahasiswa Baru di Universitas Stanford, Julie Lythcott-Haims, mengatakan jika memberikan tugas pekerjaan rumah bisa membuat para anak menyadari akan tugasnya sendiri di masa depan.

" Dengan membuat mereka melakukan tugas-tugas seperti membuang sampah, mencuci pakaian sendiri. Dengan begini mereka akan menyadari 'saya harus melakukan pekerjaan kehidupan untuk menjadi bagian dari kehidupan'," ungkap Julie.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Membersihkan Rumah © Diadona

Kemudian Julie Lythcott-Haims melanjutkan dengan penelitiannya yang didasarkan pada Harvard Grant Study. Anak-anak yang dibesarkan dengan melakukan pekerjaan rumah, tahu bagaimana bekerja sama dengan rekan kerja mereka. Anak-anak ini bisa melihat ketika seseorang mengalami kesulitan karena mereka sudah pernah mengalami pekerjaan secara langsung.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Mencuci Piring © Diadona

Julie Lythcott-Haims juga memberi perumpamaan akibat dari tindakan masa kecil yang bisa berpengaruh untuk masa depannya dalam berkarier.

" Jika anak-anak tidak mencuci piring mereka sendiri, anak akan berpikir jika ada seseorang lain yang melakukan untuknya nanti," jelas Julie. " Jadi, mereka tidak hanya dibebaskan dari pekerjaan, tapi belajar bahwa pekerjaan itu harus dilakukan dan kita masing-masing harus berkontribusi untuk kebaikan semuanya," lanjutnya.

Jadi biarkan anak-anak menyapu lantai, cuci piring, dan mencuci bajunya sendiri ya Moms. Itung-itung untuk melatihya demi bekal masa depan ya Moms! Tapi jangan menyuruhnya secara berlebihan juga ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar