Meski Gak Menjalankan, Sarwendah Tetap Ajarkan Betrand Peto Arti Puasa Ramadan dan Toleransi

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 5 Mei 2020 13:37
Meski Gak Menjalankan, Sarwendah Tetap Ajarkan Betrand Peto Arti Puasa Ramadan dan Toleransi
Sarwendah mengajarkan anak-anaknya tentang puasa ramadan.

Salah satu sikap baik yang penting untuk diajarkan oleh orang tua pada anak sejak kecil adalah toleransi. Terutama rasa toleransi untuk menghargai perbedaan yang ada dalam kehidupan anak sebagai bagian dari masyarakat.

Hal itu juga yang sedang diajarkan Sarwendah pada putra angkatnya, Betrand Peto. Dalam salah satu video yang diunggah oleh channel Youtube The Onsu Family, Sarwendah mengajarkan Betrand Peto tentang makna puasa ramadan. Selain itu Sarwendah juga nggak lupa mengajarkan anak-anaknya untuk saling menghormati antar sesama.

1 dari 4 halaman

Betrand Peto nggak mengerti tentang puasa

Youtube The Onsu Family © Diadona

Dalam video yang dibagikan channel Youtube The Onsu Family, Sarwendah menuliskan bahwa Betrand Peto belum memahami tentang arti puasa. Sarwendah pun merasa bahwa hal ini penting untuk dijelaskan pada anaknya yang memiliki panggilan 'Koko' itu.

" Di bulan Ramadan tahun ini menjadi tahun pertama, menjelaskan ke Koko tentang apa itu puasa? Dan kenapa kita harus saling menghormati? Karena Koko banyak yang dia tidak mengerti tentang arti puasa itu apa?," tulis Sarwendah dalam video itu.

2 dari 4 halaman

Mengajak anak-anak membuat takjil

Youtube The Onsu Family © Diadona

Sarwendah mengajak anak-anaknya membuat takjil bersama untuk mereka yang sedang berpuasa. Betrand Peto sempat bertanya tentang takjil yang mereka siapkan dan Sarwendah memberikan penjelasan agar anaknya itu paham.

" Kenapa enggak mereka kerjakan sendiri bun? Kan kita enggak tahu mereka mau makan apa?," tanya Betrand.

" Yang kita siapkan itu takjil ya Koko, makanan manis untuk mereka makan awal untuk batalin puasa," jawab Sarwendah.

3 dari 4 halaman

Sarwendah menjelaskan puasa pada Betrand Peto

Youtube The Onsu Family © Diadona

Setelahnya Betrand Peto kembali penasaran dengan puasa yang dilakukan oleh umat Muslim. Dia pun bertanya apakah nggak dosa kalau menyuruh orang membatalkan puasa mereka. Sarwendah pun secara langsung menjelaskan tentang puasa pada Betrand Peto.

" Dosa dong bun kalau kita suruh mereka batal hahaha," tanya Betrand Peto dengan polosnya.

" Bukan begitu maksudnya, jadi batalin itu setelah puasa full mereka makan takjil lalu sholat dulu lalu baru makan besar," kata Sarwendah menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Mengajarkan toleransi

Sarwendah dan Betrand Peto © Diadona

Setelah paham dengan arti puasa, Betrand Peto pun menanyakan tentang sikap yang baik saat bertemu dengan orang yang sedang berpuasa. Sarwendah kemudian menjelaskan untuk menghormati orang yang sedang berpuasa.

" Oh iya bun oke, Koko tahu sekarang dan Koko kalau ketemu orang yang berpuasa jangan lupa bilang selamat berpuasa ya? Ketemu siapa pun ya bun?," tanya Betrand lagi.

" Iya itu tandanya kita menghormati mereka-mereka yang berpuasa," jawab Sarwendah.

Sikap toleransi memang penting untuk ditanamkan pada anak sejak kecil. Dengan begitu anak akan tumbuh dengan sikap positif dalam diri mereka di masa depan.

Keren banget ya cara Sarwendah mengajarkan anaknya untuk menghormati dan toleransi pada orang yang sedang berpuasa.

Beri Komentar