Berhasil Larang Anaknya Main Gadget, Ibu Ini Bagi Tips Ampuh yang Bisa Dicoba!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 5 Mei 2020 15:37
Berhasil Larang Anaknya Main Gadget, Ibu Ini Bagi Tips Ampuh yang Bisa Dicoba!
Bisa dicoba nih, Moms!

Tren saat ini membuat gadget menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap anak meski mereka masih di bawah umur. Di lingkungan anak-anak, punya gadget sudah setara dengan punya mainan seperti mobil-mobilan atau boneka yang umum dimiliki oleh mereka.

Tentunya kita sangat sadar bahwa gadget bisa memberikan dampak negatif pada anak. Seringkali banyak anak yang mengalami kecanduan gadget dan membuat orang tua pusing mengatasinya. Meski sulit tapi mengatasi kecanduan gadget pada anak bukan berarti mustahil lho!

1 dari 3 halaman

Keluarga Molly © Diadona

Dari yang saya baca di Brightside.me, seorang ibu dan blogger, Molly DeFrank, berhasil mengatasi kecanduan gadget pada anaknya. Dia mengungkapkan bahwa semakin sedikit waktu yang dihabiskan anak dengan gadget maka semakin baik kesehatan mereka. Dia pun berhasil membatasi waktu bermain gadget anak-anaknya hingga batas minimum.

Sebelumnya Molly mengungkapkan bahwa anak-anaknya sudah terlalu bergantung dengan gadget mereka. Bahkan hanya dengan batas 1 jam yang dia berikan bisa berdampak pada penurunan kreativitas pada anak. Selain itu anaknya juga jadi mudah marah, berkelahi, dan merengek. Sejak melihat perubahan itu, Molly dan suaminya memutuskan untuk melarang anak-anaknya bermain gadget. Meski sering mendapat protes, tapi pada akhirnya anak-anaknya pun lelah dan melupakan keinginan mereka untuk bermain gadget.

2 dari 3 halaman

Keluarga Molly © Diadona

Molly kemudian memberikan beberapa tips untuk membiasakan anak agar nggak kecanduan gadget. Dia memulai dengan perubahan gaya hidup selama 30 hari yang dia terapkan pada anak-anaknya yang berusia di bawah 10 tahun. Molly membagikan rencana yang dia buat untuk melepaskan anaknya dari gadget. Berikut 5 langkah yang dibuat oleh Molly.

1. Melarang penggunaan gadget sepenuhnya selama 30 hari
2. Mengajak anak ke perpustakaan dan membiarkan mereka meminjam buku yang mereka suka
3. Membuat daftar permainan zaman dulu yang bisa dimainkan anak
4. Memantau anak dan melihat kegiatan apa yang paling mereka sukai
5. Membuat rencana jangka panjang yang paling cocok dengan keluarga

3 dari 3 halaman

Keluarga Molly © Diadona

Menurut Molly melarang anak menggunakan gadget ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Dia bahkan takjub dengan hasil yang dia dapatkan. Selain itu, anak-anaknya juga jadi mengembangkan hobi baru yang positif yaitu membaca buku. Anaknya yang lain bahkan secara tiba-tiba jadi punya hobi melukis setelah lepas dari gadget.

“ Anak-anak saya bermain bersama lebih baik, lebih kreatif, lebih taat, lebih bahagia, dan tidur lebih baik. Tentu, mereka masih manusia dan bisa bertengkar satu sama lain seperti saudara kandung lainnya. Tetapi perubahan sikap mereka secara keseluruhan adalah instan, nyata, dan menjadi lebih baik,” ungkap Molly.

Cara yang dibagikan oleh Molly ini sudah terbukti berhasil membuat anak-anaknya jadi lebih baik. Bisa dicoba nih, Moms!

Beri Komentar