Selamat! Rachel Maryam Hamil Anak kedua di Usia 40 Tahun, Tapi Emang Aman?

Reporter : Sofi
Selasa, 14 April 2020 10:47
Selamat! Rachel Maryam Hamil Anak kedua di Usia 40 Tahun, Tapi Emang Aman?
Katanya kalau hamil di usia 40-an lebih berisiko, apa ya?

Aktris Rachel Maryam yang akan genap memiliki usia 40 tahun pada tanggal 20 April mendatang rupanya sedang hamil anak keduanya. Angota DPR RI ini membagikan kabar bahagianya ini lewat postingan Instagramnya (11/4). Dia sangat beryukur dengan kondisi kandungannya yang sehat. Dia juga mengungkapkan jika usia kehamilannya tersebut adalah 12 minggu.

"#latepost 2 minggu lalu ketika jadwal cek kehamilan 12 minggu. Alhamdulillah bayi dalam keadaan baik dan sehat," tulisnya.

 

1 dari 3 halaman

      View this post on Instagram    

#latepost 2 minggu lalu ketika jadwal cek kehamilan 12 minggu. Alhamdulillah bayi dalam keadaan baik dan sehat. Jantung dan detaknya normal begitu pula organ-organ lainnya seperti otak,lambung,ginjal,kantung kemih dan lainnya. Gak nyangka kalau bayi yg panjang badannya baru 6cm ini sudah bisa dikatakan lengkap banget tubuhnya.. jari tangan, jari kaki, tulang hidung, bibir semua sudah jadi secara lengkap. Masya Allah. #BabyEijaz #12weekspregnant

A post shared by Rachel Maryam Sayidina (@rachelmaryams) on

Rachel Maryam juga mengabarkan jika kondisi janinnya yang dikandung ini sehat, dan sudah memiliki organ dan tubuh yang bisa dikatakan lengkap.

"Jantung dan detaknya normal begitu pula organ-organ lainnya seperti otak,lambung,ginjal,kantung kemih dan lainnya. Gak nyangka kalau bayi yg panjang badannya baru 6cm ini sudah bisa dikatakan lengkap banget tubuhnya.. jari tangan, jari kaki, tulang hidung, bibir semua sudah jadi secara lengkap. Masya Allah," lanjutnya.

Tentunya dari postingan ini, Rachel Maryam mendapatkan ucapan selamat dari teman-temannya dan para penggemarnya. Tapi sebenarnya hamil diusia 40-an ini apakah aman? Karena denger-denger lebih berisiko?

2 dari 3 halaman

Rachel MaryamRachel Maryam © 2020 https://Instagram.com/rachelmaryams

Hal ini dibenarkan dengan penelitian yang dikutip dari Mayo Clinic, yang menyebutkan jika hamil di atas usia 35 tahun memang memiliki sederet risiko yang tinggi. Risiko itu adalah hamil kembar, mengalami diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, melahirkan bayi prematur dengan berat badan rendah, dan tidak normalnya kromoson. Termasuk lebih risiko menjalani prosedur operasi caesar.

Tapi nih ya, ada efek positifnya juga kok menjalani kehamilan di usia 40-an ini. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Population and Development Review, anak yang lahir dari ibu yang berusia di atas 35 tahun cenderung lebih tinggi dan pintar. Gak cuman itu, menurut sebuah penelitian Journal of the American Geriareics Society, ibu yang melahirkan dengan usia di atas 35 tahun, kemampuan otaknya meningkat dan bisa menurunkan risiko kepikunan atau demensia.

3 dari 3 halaman

Tapi yang terpenting adalah untuk selalu memeriksakan kandungan pada dokter. Dilansir dari dream.co.id, hal ini juga disampaikan oleh seorang bidan profesional, Nathalina Lee.

" Hal yang wajib dilakukan ibu dan ayah adalah jangan segan untuk berkonsultasi lebih detail dengan dokter. Minta penjelasan kepada dokter apa yang harus dihindari dan risikonya dan perawatan yang harus dilakukan," ujarnya.

Jadi mungkin kalian bisa memeprtimbangkan dan selalu berkonsultasi dengan ahlinya ya! Selamat untuk Rachel Maryam, semoga selalu diberikan kesehatan bagi ibu dan bayinya!

Beri Komentar