Segarnya Air Soda, Tapi Si Kecil Apa Boleh Minum Juga?

Reporter : Sofi
Jumat, 1 Mei 2020 11:47
Segarnya Air Soda, Tapi Si Kecil Apa Boleh Minum Juga?
Emang akibat apa ya yang bisa ditimbulkan?

Minuman bersoda yang memiliki rasa manis sudah bukan rahasia lagi jika sebenarnya mereka bukanlah minuman yang sehat. Tapi bagaimana dengan airr berkarbonasi tanpa pemanis? Boleh gak sih balita minum air soda ini?

Air soda atau yang juga disebut sparkling water, seltzer water, atau fizzy water, dibuat dengan menambahkan karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda hampir selalu terdiri dari air dan karbon dioksida tanpa bahan aditif. Dibanding soda manis, sparkling water jauh lebih gak asam.

1 dari 5 halaman

Menurut studi di Journal of Oral Rehabilitation, cola punya pH 2,5, sparkling water 5-6, sedangkan air putih memiliki pH 7 atau netral. Untuk orang dewasa, manfaat air soda menurut Anita Mirchandani, RD, pakar diet dari Amerika Serikat, sparkling water awalnya dibuat untuk membantu pencernaan. Juga sebagai alternatif menarik kalau bosan minum air biasa.

Tapi efek yang ditimbulkan ketika si kecil minum air soda ini akan berbeda. Dirangkum dari parenting.orami.co.id, ini adalah efek buruk untuk si kecil jika meminum air soda ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengikis Enamel Gigi

ilustrasi anak sikat gigi © Diadona

Sifat asam yang terkandung dalam air berkarbonasi ini bisa mengikis enamel gigi.

" Menurut saya, anak di bawah tujuh tahun seharusnya tidak minum air berkarbonasi. Jelas lebih merusak gigi dibanding air biasa atau jus apel," kata Anita Mirchandani.

3 dari 5 halaman

2. Sakit Perut

Ilustrasi Anak Sakit Perut © Diadona

Melihat kandungan air soda yang mengandung gas, ini bisa menyebabkan muntah dan sendaawa berlebihan. Sakit perut akibat gas, dan rasa gak nyaman pada si kecil yang perutnya masih berkembang. 

4 dari 5 halaman

3. Membuat Kerja Ginjal Lebih Berat

Kandungan sodium yang biasanya terdapat pada air soda ini sebenarnya bisa diproses tubuh. Tapi, sodium yang berlebihan bisa membebani kerja ginjal.

" Bisa jadi sedikit berat untuk ginjal anak," ucap Anita Mirchandani.

5 dari 5 halaman

4. Membuat Anak Menyukai Soda

Ilustrasi Anak Minum Air © Diadona

Air soda gak disarankan untuk si kecil karena mereka akan lebih mudah tergiur untuk meminum soda manis, ketika mereka sudah pernah mencoba sparkling water. Padahal seperti yang kita ketahui jika soda manis gak baik untuk tubuh karena kandungan sodium, gula, perisa buatan, atau zat kimia lain dalam jumlah besar.

Jadi bisa disimpulkan jika si kecil boleh minum air soda ini, tapi dalam jumlah kecil. Perlu diingat juga jika ini berpotensi menimbulkan efek negatif kalau Moms membiasakan anak minum air soda ini. Juga, gak ada manfaat yang diperoleh jika si kecil minum air soda ini. Semoga bermanfaat ya Moms!

Beri Komentar