Bayi Pakai Popok Terus Bisa Bikin Kakinya Berbentuk X, Emang Iya?

Reporter : Sofi
Kamis, 30 April 2020 11:47
Bayi Pakai Popok Terus Bisa Bikin Kakinya Berbentuk X, Emang Iya?
Katanya kaki bentuk X pada bayi itu normal?

Para orang tua pasti biasa memakaikan si kecil popok. Ini untuk mencegah si kecil buang air sembarangan. Belum lagi penggunaan popok memang praktis. Tapi banyak juga yang beranggapan jika memakai popok akan membuat kaki anak berbentuk X.

Gak usah keburu khawatir Moms, yuk cari tahu dulu apa benar penggunaan popok pada bayi sejak lahir bisa membuat kaki si kecil berbentuk X?

1 dari 2 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Berdasarkan pernyataan dr. Janfrional di laman parenting.orami.co.id, mengatakan jika pemakaian popok sekali pakai pada bayi jarang sekali memengaruhi bantuk tubuh pada bayi (anak dibawah umur satu tahun). Masalah yang sering ditemui adalah adanya iritasi pada kulit akibat terlalu sering memakai diaper. Harus dipastikan juga kalau pemakaian popok ini gak terlalu kencang, biar tersedia ruang untuk sirkulasi udara, pergerakan bayi, dan gak mengganggu penapasan bayi.

Jika kaki bayi berbentuk X yang juga dikenal dengan sebutan 'genu valgum', hal ini bisa dikatakan normal. Bahkan untuk anak-anak berumur 2-6 tahun. Hampir bisa dipastikan jika diapers bukanlah penyebab terjadinya kaki yang berbentuk X.

2 dari 2 halaman

Jika hal ini terjadi, maka cukup dipantau untuk perkembangannya. Seiring pertumbuhan menuju dewasa, kondisi ini bisa membaik dengan sendirinya. Pemakaian bidai (bracing), bisa membantu kalau kelainannya cukup berat. Pastikan juga anak gak kekurangan vitamin D, dan kalsium untuk menjaga pertumbuhan tulangnya.

Tapi kalau Moms masih ragu, dan kaki si kecil terlihat berbentuk tidak biasa, disarankan untuk berkonsultasi pada ahli untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Jadi, gausah panik dulu ya Moms, tangani dengan bijak. Stay healthy Moms!

Beri Komentar