Ternyata Ini Cara Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak

Reporter : Riza Umami
Minggu, 10 Januari 2021 08:17
Ternyata Ini Cara Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak
Gimana ya Mom caranya?

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak dalam menilai dan memahami kebutuhan orang lain, dia pun mampu bertindak sesuai dengan keadaan yang dialami oleh anak tersebut. Sebenarnya, kecerdasan otak penting untuk diimbangi dengan kecerdasan interpersonal ini.

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, kecerdasan yang satu ini akan dibutuhkan anak seiring dengan usianya yang makin bertambah sehingga buah hati pun akhirnya bisa lepas dan tidak bergantung lagi pada orang tua seperti ketika dia mulai pergi ke sekolah dan harus berinteraksi dengan teman-temannya dan guru.

1 dari 4 halaman

Oleh sebab itu, penting untuk mengembangkan kemampuan yang satu ini agar anak bisa mudah beradaptasi dalam lingkungan baru yang dia temui seperti di sekolah, lingkungan rumah atau di mana saja. Anak pun akan memiliki rasa empati yang tinggi pada sesama dan bisa bekerja sama dengan teman sebayanya.

ilustrasi anak-anakilustrasi anak-anak © 2019 https://www.diadona.id / @ RachelRambach

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak yaitu yang pertama dengan mempertajam rasa empatinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara Mom harus memberikan contoh dulu pada anak karena buah hati memang cenderung meniru orang tuanya.

2 dari 4 halaman

Seringlah membantu sesama di hadapan anak agar dia pun mencontoh hal tersebut. Lalu ajari anak untuk membantu temannya yang kesulitan dalam pelajaran, tak membawa alat tulis ke sekolah dan bantuan-bantuan kecil lainnya yang bisa anak lakukan.

Yang kedua, ajarkan anak untuk tidak membeda-bedakan semua orang meski warna kulit, suku, agama atau bahasanya berbeda. Rasa toleransi ini perlu diajarkan sedari kecil pada anak agar dia mengerti bahwa semua manusia harus diperlakukan dengan sama tanpa membeda-bedakan.

ilustrasi anak-anakilustrasi anak-anak © rawpixel.com

3 dari 4 halaman

Yang ketiga, anak tak perlu ragu mengungkapkan rasa sedih atau kecewa yang dia rasakan. Wajar saja untuk merasakan perasaan tersebut bahkan sampai ia sudah dewasa nanti. Oleh sebab itu, biarkan anak menangis ketika dia sedih, yang perlu ibu lakukan cukup menemani sambil memeluknya. Perasaan sedih dan kecewa yang tak bisa diekspresikan nantinya bisa menumpuk dalam diri anak bahkan membuatnya stres lama-kelamaan.

Yang terkahir, anak tak perlu terlalu percaya diri dan tetap rendah hati. Kepercayaan diri memang dibutuhkan anak dalam bersosialisasi tetapi bila rasa PD ini terlalu over maka itu juga jadi kurang baik karena bisa menyebabkan anak jadi bossy pada teman-temannya atau menjadikannya sombong.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak-AnakIlustrasi Anak-Anak © https://www.shutterstock.com/g/jamesteohart

Anak perlu tetap memiliki sikap rendah hati dalam dirinya agar tak sampai dibenci oleh teman-temannya dan disukai oleh mereka. Arahkan pula kepercayaan diri anak ini pada hal yang positif misalnya dengan menjadi ketua kelas di mana dari sini anak juga akan belajar tentang kepemimpinan yang bisa lebih bermanfaat untuknya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar