Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya

Reporter : Riza Umami
Jumat, 27 Desember 2019 16:01
Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya
Kerap sakit kepala saat hamil? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Saat masa kehamilan, biasanya wanita mengalami berbagai masalah. Hal ini dikarenakan adanya perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya karena perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam rahim. Pada sejumlah wanita hamil, mereka akan merasakan sakit pinggang atau sakit kepala dan berbagai sakit yang lainnya.

Saat merasakan sakit kepala ketika hamil apa yang sebaiknya kamu lakukan? Mengonsumsi obat migrain tentu tidak baik bagi kandunganmu jika terlalu sering. Dilansir dari laman Boldsky (13/11), berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit kepala yang sedang kamu rasakan.

1 dari 4 halaman

Identifikasi Pemicu Migrainmu

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Sakit kepala yang kamu rasakan itu bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya karena perubahan hormon akibat kehamilan, kejang otot, tekanan darah yang juga mengalami perubahan, dan stres karena memikirkan persiapan kelahiran atau berbagai masalah lainnya. Cara yang efektif untuk mengetahui hal ini adalah dengan menulis jurnal kehamilan di mana kamu menuliskan aktivitas keseharianmu dan juga apa yang kamu rasakan.

2 dari 4 halaman

Gunakan Handuk Dingin atau Mandi dengan Air Dingin

Ilustrasi Handuk © Diadona

Cara yang sederhana untuk mengurangi rasa sakit kepala ini adalah dengan mengompres kepalamu dengan handuk dingin atau bisa juga dengan mandi menggunakan air dingin. Cara ini efektif untuk mengendurkan saraf kepalamu sehingga menjadi lebih tenang dan sakitnya akan agak berkurang. Jika kamu tidak bisa menggunakan air dingin karena suhunya yang sedang turun, kamu bisa juga menggunakan air hangat. Efeknya juga sama dengan menggunakan air dingin.

3 dari 4 halaman

Olahraga

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Olahraga bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuhmu yang akan membuat tubuh terasa lebih enak. Hormon ini berguna sebagai pembunuh rasa sakit yang alami sehingga akan mengurangi rasa sakit kepalamu. Yang perlu diperhatikan, konsultasikan terlebih dahulu olahraga apa saja yang boleh dilakukan untukmu agar bayi dalam kandungan pun tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Tidur

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Saat kepala sedang sakit, kamu bisa merebahkan tubuhmu dan istirahat sejenak. Tidur bisa mengurangi stres, membuat pikiranmu lebih tenang dan akan mengurangi rasa sakit kepala yang kamu rasakan. Namun, jika kamu tak bisa tertidur karena terlalu sakit kepala, kamu bisa mencoba bermeditasi untuk lebih menenangkan pikiranmu agar sakitnya sedikit berkurang.

Beri Komentar