Respons yang Tepat Menghadapi Anak yang Tak Patuh pada Orang Tua

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 12 Desember 2020 15:17
Respons yang Tepat Menghadapi Anak yang Tak Patuh pada Orang Tua
Ini yang perlu dilakukan.

Tiap anak tentu mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Ada anak yang memang penurut, disiplin dan patuh pada orang tuanya, tetapi ada pula anak yang sifatnya berbanding terbalik dengan itu alias bandel dan nggak mau nurut ke orang tua.

Tentu memiliki anak dengan sifat bandel dan tak patuh begitu bisa bikin ibu sakit kepala dan jadi masalah tersendiri karena meski sudah dinasehati dan diingatkan tetapi anak tak mau dengar dan malah melakukan hal dengan seenaknya.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, seorang psikolog bernama Ikhsan Bella Persada M. Psi., menjelaskan kalau ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak jadi tak patuh seperti ini pada orang tua. Salah satunya karena orang tua melarangnya begini dan begitu tetapi malah orang tua sendiri yang melakukannya.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Sebagai contoh, orang tua menyuruh anaknya tidak boleh main HP terus, tetapi orang tuanya malah setiap saat ada waktu luang selalu main ponselnya sampai terkadang mungkin kurang memperhatikan anaknya sendiri. Selain itu, ibu yang mengingatkan anak dengan cara marah-marah biasanya justru tak akan didengar oleh anak karena buah hati pun tak akan suka dimarahi seperti itu.

2 dari 3 halaman

Ada pula orang tua yang over protektif pada anaknya. Buah hati pun dibatasi dan dilarang untuk melakukan banyak hal padahal anak-anak ini biasanya rasa ingin tahunya begitu besar dan masih pengin mengeksplor dunia mereka. Ibu yang mengingatkan diiringi dengan ancaman juga bisa membuat anak jadi tak patuh misalnya bila anak tidak belajar, dia pun dilarang untuk main lagi.

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

Ikhsan kemudian mengatakan kalau anak tidak patuh seperti ini, cara yang tepat menyikapinya adalah dengan menaruh perhatian pada anak. “ Mungkin selama ini, saat ngobrol pun orang tua cuma asal, tetapi tidak terlalu menaruh perhatian ke anak,” kata Ikhsan. 

3 dari 3 halaman

Selain itu dibandingkan ancaman, orang tua lebih baik menerapkan konsekuensi yang sudah disepakati Mom dan anak sebelumnya. Jadi, ketika anak tidak melakukan hal tersebut maka dia pun akan menerima konsekuensinya, misalnya anak tak mau belajar maka konsekuensinya dia tidak boleh main game.

Itulah cara yang tepat untuk menyikapi anak yang tidak patuh pada orang tua. Semoga buah hati udah mau mendengarkan perkataan Mom ya. Yang nggak kalah penting, jangan sampai ikut terbawa emosi bahkan sampai memarahi anak karena itu bisa menyakiti hatinya. Semoga ulasan ini berguna ya Mom.

Beri Komentar