Rayakan Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Ingatkan Nggak Cuma Ibu yang Bertugas Mengasuh Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 23 Juli 2020 11:37
Rayakan Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Ingatkan Nggak Cuma Ibu yang Bertugas Mengasuh Anak
Nggak cuma ibu, peran ayah juga sangat dibutuhkan.

Tanggal 23 Juli menjadi momen yang penting bagi seluruh anak Indonesia. Hari itu merupakan momen perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperngati setiap tahunnya.

Di tahun ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, memperingati HAN dengan kembali mengingatkan setiap orang tua untuk saling bekerjasama dalam mengasuh anak. Hal penting yang disampaikan oleh Menteri PPPA adalah peran laki-laki dalam keluarga yang juga harus bertanggung jawab dalam mengasuh anak.

1 dari 3 halaman

Menteri PPPAMenteri PPPA © Instagram / bintang.puspayoga

Dikutip dari Antara, Bintang menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers virtual menyambut Hari Anak Nasional 2020 pada Rabu (22/07/2020). Dia berharap orang tua, laki-laki dan perempuan, bisa bekerja sama dalam mengasuh anak mereka.

" Pengasuhan anak adalah tugas bersama orang tua, perempuan dan laki-laki," ungkap Bintang.

Selama ini masyarakat masih terjebak dalam persepsi yang salah tentang pengasuhan anak. Banyak yang masih menganggap bahwa mengasuh anak merupakan kodrat perempuan saja.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya Bintang mengungkapkan bahwa kodrat perempuan adalah hamil, melahirkan, dan menyusui. Makanya menurutu Bintang, mengasuh anak merupakan tugas, tanggung jawab, dan kerja bersama orang tua.

Selain itu Bintang juga mengatakan bahwa kerjasama antara ayah dan ibu memiliki banyak manfaat. Dengan melakukannya, akan banyak anak-anak yang pandai, berkualitas, berkarakter, dan sehat mental spiritual.

" Memang berbicara tentang anak tidak bisa lepas dari peran ibu. Namun pengasuhan anak bersama antara ibu dan ayah tidak hanya akan melahirkan anak-anak yang pandai, tetapi juga berkualitas, berkarakter, dan sehat mental spiritual," ucap Bintang.

3 dari 3 halaman

Menteri PPPAMenteri PPPA © Instagram / bintang.puspayoga

Selanjutnya Bintang juga menyinggung tindak kekerasan yang terjadi pada anak. Ternyata hal ini cukup rentan terjadi di masa pandemi COVID-19 ini.

Bintang mengatakan bahwa di tengah pandemi, pengasuhan yang baik dan aman terasa semakin berat. Nggak jarang anak menjadi korban kekerasan di rumah oleh orang tua mereka sendiri.

" Dalam masa pandemi, anak rentan menjadi korban kekerasan karena orangtua memiliki beban ganda dalam mendidik, mendampingin, dan ikut menemani anak sekaligus tetap bekerja," kata Bintang.

Meski begitu, kita harus tetap berusaha yang terbaik dalam mengasuh anak di tengah pandemi ini. Peran ayah dan ibu sama-sama dibutuhkan oleh anak, sehingga kerjasama yang baik tentu akan menghasilkan hal yang baik juga.

Selamat Hari Anak Nasional ya!

Beri Komentar