Pusing karena Anak Sekolah di Rumah, Pantaskah Orang Tua Menyalahkan Guru?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 7 Agustus 2020 07:37
Pusing karena Anak Sekolah di Rumah, Pantaskah Orang Tua Menyalahkan Guru?
Semua sama-sama pusing kok, M

Wabah corona yang masih terjadi di banyak tempat membuat kegiatan sekolah pun terpaksa harus dilakukan secara online. Mau nggak mau orang tua, anak, hingga para guru di sekolah harus membiasakan diri dengan cara seperti ini.

Sekolah secara online mengharuskan orang tua untuk mendampingi anak-anak mereka saat sedang menjalani kelas setiap harinya. Nyatanya banyak orang tua yang jadi stres karena harus menjalani rutinitas ini.

Beberapa orang tua mengeluh nggak bisa bekerja karena harus mengawasi anak-anak mereka. Banyak juga yang merasa kesulitan dan pada akhirnya menyalahkan guru di sekolah karena hal ini.

Padahal nyatanya guru pun juga menghadapi kesulitan yang sama dengan orang tua. Jadi, apakah pantas orang tua menyalahkan guru di sekolah dengan adanya keadaan ini?

1 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Mosuno / Stocksy United / rightasrain.uwmedicine.org

Dilansir dari Scary Mommy, rasanya hampir semua orang tua berharap agar kekacauan ini segera berakhir. Banyak yang ingin anak-anak bisa kembali ke sekolah sebagaimana seharusnya.

Sementara anak-anak dan guru pun merasakan hal yang sama. Mereka tentunya ingin kembali ke keadaan semula di mana kegiatan belajar bisa berjalan dengan baik.

Namun yang harus diingat orang tua adalah guru nggak bekerja untuk membahayakan diri mereka. Banyak orang tua yang ingin sekolah segera dibuka kembali padahal wabah masih jelas-jelas belum selesai.

2 dari 4 halaman

Selain itu, guru juga nggak bertugas untuk menjadi pengasuh anak agar orang tua bisa pergi bekerja. Orang tua juga memiliki kewajiban yang sama dalam memberikan pendidikan pada anak.

Kalau kita pahami, guru memang mendidik anak-anak kita tentang membaca, menulis, pelajaran matematika hingga sejarah. Hal itu memang sudah menjadi bagian dari pekerjaan mereka.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak SekolahIlustrasi Anak Sekolah © unsplash.com / Rio Lecatompessy

Namun dalam kondisi seperti sekarang, seharusnya orang tua dan guru bekerja sama untuk memberikan yang terbaik pada anak. Kondisi ini memaksa kita untuk mau nggak mau terbiasa dengan kesulitan ini.

Makanya menyalahkan guru dan memaksa agar sekolah di buka kembali rasanya sangat nggak adil. Kenyataannya jumlah kasus COVID-19 terus meningkat dan masih sangat berbahaya.

4 dari 4 halaman

Jika dipaksakan, guru, staf, dan anak kita bahkan bisa aja terkena virus karena kita tahu betapa mudah dan cepatnya virus ini menyebar. Membuka sekolah masih menjadi hal yang sangat berisiko saat ini.

Untuk itu, sebagai orang tua sebaiknya kita nggak menyalahkan siapa pun dalam keadaan ini. Dari pada semakin pusing menghadapinya, lebih baik kita melatih diri untuk lebih terbiasa dengan kondisi saat ini dan berharap agar dunia cepat membaik agar anak bisa kembali bersekolah.

Beri Komentar