Tips Sukses Kerja Dari Rumah dan Mengasuh Anak di Masa Pandemi

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 6 Agustus 2020 07:37
Tips Sukses Kerja Dari Rumah dan Mengasuh Anak di Masa Pandemi
Ikuti tips ini, Moms!

Hampir semua orang tua merasakan dampak besar dari adanya wabah corona yang terjadi di dunia. Hal ini nggak hanya memengaruhi pekerjaan mereka saja tapi juga kehidupan keluarga di rumah.

Saat ini banyak sekolah yang terpaksa harus melakukan kegiatan belajar secara online. Cara baru ini tentu membutuhkan peran orang tua untuk mendampingi anak saat sedang sekolah online.

Makanya nggak heran kalau banyak orang tua yang jadi stres karena harus menghadapi hal ini. Apalagi jika kita juga masih punya tanggungan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Untuk itu, dilansir dari Young Parents, berikut beberapa tips sukses kerja dari rumah sambil mengasuh anak.

1 dari 5 halaman

Menyiapkan stamina

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © Shutterstock

Melakukan banyak tugas dengan manjalankan pekerjaan sekaligus membesarkan anak-anak tentu membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang luar biasa. Kalau nggak kuat bisa-bisa kita malah ambruk di tengah jalan.

Makanya usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Mulailah membuat rutinitas yang sehat dalam hal menjaga pola makan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2 dari 5 halaman

Dukungan keluarga

Ilustrasi Keluarga MakanIlustrasi Keluarga Makan © unsplash.com / National Cancer Institute

Dukungan keluarga sangat dibutuhkan di saat-saat seperti ini. Akan sangat baik jika setiap kita menghadapi kesulitan, ada keluarga yang bisa memberikan semangat dan keyakinan bahwa kita bisa melalui semuanya.

Bekerja dan mengasuh anak sudah sangat berat bagi seorang ibu. Maka dukungan finansial, emosional, dan fisik dari keluarga, terutama suami, sangatlah penting.

3 dari 5 halaman

Buat ruang kerja sendiri

Ilustrasi perempuan bekerjaIlustrasi perempuan bekerja © anthrodesk.ca

Penting bagi setiap orang tua yang mulai bekerja dari rumah untuk punya ruang kerja sendiri. Ruangan ini harus jauh dari gangguan anak-anak.

Kita juga harus memberi pengertian pada anak-anak bahwa saat sudah masuk ke dalam ruangan itu, maka mereka nggak boleh mengganggu kita. Dengan begitu kita akan sekaligus mengajarkan anak untuk menjadi disiplin.

4 dari 5 halaman

Membuat jadwal

Ilustrasi perempuan menulisIlustrasi perempuan menulis © Woman'sday.com

Membuat jadwal bisa menjadi salah satu solusi untuk membangun rutinitas kerja di rumah setiap hari. Semakin detail jadwal yang dibuat maka akan semakin baik.

Kita bisa mengatur dan membagi waktu untuk mendampingi anak dan bekerja. Tentunya jadwal yang dirancang harus dipatuhi agar kita bisa terbiasa.

5 dari 5 halaman

Menjadi fleksibel

Ilustrasi Keluarga dan GadgetIlustrasi Keluarga dan Gadget © unsplash.com / Alexander Dummer

Meski kita sudah merancang jadwal yang baik, jangan sedih kalau ada momen di mana semua nggak berjalan semestinya. Kekacauan tentu sangat wajar terjadi dan mungkin nggak terhindarkan.

Tapi dari situ kita bisa belajar untuk menjadi lebih fleksibel. Kita bisa merancang setidaknya dua rencana cadangan untuk mengatasi hal-hal yang nggak diinginkan.

Semoga tips ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar