9 Penyebab Kenakalan Remaja, Faktor dan Cara Pencegahannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 6 Agustus 2020 14:06
9 Penyebab Kenakalan Remaja, Faktor dan Cara Pencegahannya
Mommies pasti tidak mengira bahwa ada beberapa fakta penyebab kenakalan remaja yang mungkin tak pernah kita tahu, salah satunya kesehatan ibu saat sedang hamil.

Kenakalan remaja didefinisikan sebagai suatu perbuatan tak baik yang dilakukan di usia muda. Bisa yang mengarah pada perbuatan merugikan orang lain hingga yang berkaitan dengan kasus kriminal. Seiring dengan tingginya kasus ini, mengetahui apa sih penyebab kenakalan remaja jadi semakin penting.

Ini terjadi karena remaja belum dewasa dan nggak berpikir seperti orang dewasa. Oleh karean itu, mereka rawan melakukan kenakalan yang sepenuhnya nggak mereka sadari. Remaja juga bisa melakukan pelanggaran hukum karna berbagai alasan, serta ada pula beberapa faktor penyebab kenakalan remaja.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab kenakalan remaja:

1 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Penyebab Kenakalan Remaja © Diadona

Sebenarnya, cukup banyak faktor yang jadi penyebab kenakalan remaja dan dikelompokkan menjadi faktor internal dan ekternal. Berikut diantaranya:

Faktor Internal

Sebagai masa peralihan, ada banyak gejolak yang dialami oleh remaja dan muncul dalam dirinya sendiri, dan didukung oleh hal lain. Selanjutanya hal tersebut punya pengaruh sebagai penyebab kenakalan remaja, antara lain

Kesehatan Fisik Ibu dan Anak

Paparan alkohol semasa ibu hamil, ternyata bisa mengakibatkan cacat intelektual pada anak, defisit dalam pembelajaran, perkembangan motorik, dan lainnya. Penelitian juga menyebutkan kalau perilaku merokok berat sang ibu berkorelasi terhadap oerilaku anaknya.

Krisis Identitas

Remaja mengalami perubahan biologis dan sosiologis yang memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Yang pertama yakni terbentuknya perasaan konsistensi dalam kehidupannya. Yang kedua, remaja akan mencapai identitas peran. Dan penyebab kenakalan remaja yakni ketika mereka gagal memcapai integrasi yang kedua. Mereka gagal mengambil peran sesuai dengan usia dan norma dalam lingkungannya.

Lemahnya Kontrol Diri

Pada mereka yang nggak bisa membedakan mana tindakan yang bisa diterima atau tidak, maka bisa terseret dalam perilaku yang nakal. Begitupun pada mereka yang sebenernya mengerti tapi tetep melakukan tindakan nakal tersebut karena nggak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan apa yang dia tahu. Inilah penyebab kenakalan remaja.

Faktor Eksternal

Yakni pengaruh dari luar diri yang berkontribusi sebagai penyebab kenakalan remaja.

Kurang Perhatian

Anak kurang mendapatkan perhatian, tuntutan pendirikan dan juga kasih sayang dari ornag tuanya. Ini terjadi terutama karena kurnagnya bimbingan ayah. Menurutnya, ayah dan ibu masing-masing sibuk mengurusi permasalah dan konflik dirinya sendiri.

Tidak Terpenuhi Kebutuhuan Fisik dan Psikis

Mengapa ini jadi penyebab kenakalan remaja? Menurutnya, kebutuhan, keinginan dan harapan anak-anak yang nggak tersalurkan bisa

Nggak Cukup Latihan Fisik dan Mental

Anak-anak mungkin nggak mendapatkan latihan yang diperlukan untuk hidup normal, mereka nggak dibiasakan untuk disiplin dan melakukan kontrol diri.

Kurangnya Pembinaan Moral dan Agama

Maka, pembinaan moral dan agama penting banget diberikan kepada anak sesuai dengan umurnya. Setiap anak yang lahir belum mengerti tentang benar dan salah, serta batas moral yang ada di lingkungannya. Karena itu pembinaan moral di awal harus dilakukan di dalam suatu rumah tangga dengan latihan, nasihat dan segala sesuatu yang dipandang baik.

Pengaruh Lingkungan Sekitar

Lingkungan adalah faktor dan penyebab kenakalan remaja yang paling signifikan pada watak dan perilakuknya. Saat dia tumbuh di lingkungan yang buruk, maka moralnya akan mengikutinya. Ini juga terjadi sebaliknya.

Sekolah

Meski jadi tempat belajar, sekolah malah bisa jadi penyebab kenakalan remaja saat lingkungan tersebut tak ada pengawqsan dari guru. Misalnya, saat jam kosong.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kenakalan Remaja dan Solusinya

Penyebab Kenakalan Remaja © Diadona

Berbagai faktor dan penyebab kenakalan remaja tersebut memiliki berbagai solusi untuk pembinaan dan perbaikannya. Karena punya akibat yang negatif tak hanya pada diri remaja itu sendiri, penanganan yang tepat harus diperhatikan. Dan tindakan tersebut terbagi dalam:

Pencegahan

Pencehahan penyebab kenakalan remaja hadir dalam bentuk:

  • Mengenal ciri khas remaja
  • Tahu apa saja kesulitan yang umum mereka alami, yang bisa menjadi bibit penyebab kenakalan remaja.

Selanjutnya, langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Menguatnya mental mereka untuk bersipa menghadapi masalah apapun
  • Memberikan pendidikan nggak cuman pengetahuan tapi juga ketrampilan, akhlak, agama, budi pekerti dan yang lainnya
  • Menyediakan sarana yang optimal biar mereka berkembang secara wajar
  • Memberikan wejangan secara umum dengan harapan bisa bermanfaat
  • Motivasi dan contoh untuk berperilaku yang baik
  • Membuat kelompok diskusi, memberikan eksempatan mengemukakan pandangan dan pendapat untuk memberikan pengarahan yang positi
  • Menghindarkan dari pengaruh lingkungan sekitar yang punya andil sebagai penyebab kenakalan remaja

Represif

Yakni usaha untuk menindak pelanggaran norma sosial dan moral dengan pemberian hukuman. Biar remaja yang berbuat nakal bisa jera dan nggak mengulangi perbuatannya lagi.

Kuratif dan Rehabilitasi

Ini dilakukan setelah tindakan pencegahan lainnya dilaksanakan dan dianggap perlu untuk memberikan pendidikan lagi. Bisa melalui pembinaan khusus maupun perorangan yang ahli di bidang tersebut,

Dalam lingkup internal, solusi yang bisa ditawarkan antara lan:

  • Memberikan keteladanan sebanyak mungkin
  • Motivasi dari orang terdekat
  • Penyaluran energi untuk hal yang positif
  • Arahan tentang siapa dan komunitas mana remaja bergaul
  • Pembentukan ketahanan diri biar nggak mudah terpengaruh orang lainnya

3 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja Menurut para Ahli

Penyebab Kenakalan Remaja © Diadona

Beberapa ahli merumuskan apa saja penyeba kenakalan remaja, diantaranya:

Gunarsa

Bahwa penyebab kenakalan remaja terbagi dalam:

Faktor Pribadi

Setiap anak punya keadaan khusus, dan keragaman tersebut bisa jadi sumber penyebab kenakalan remaja dan perilaku menuimpang. Keadaan khusus yang dimaksud adalah potensi, bakat, dan sifat dasar anak.

Faktor Keluarga

Lagi-lagi keluarga adalah faktor penyebab kenakalan remaja. Ini karena mereka punya peran yang besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Lingkungan Sosial dan Dinamika Perubahannya

Perubahan yang terjadi pada masyarakay memunculkan ketidakserasian dan ketegangan yang berdampak pada sikap dan lingkungan pergaulan.

Santrock

Sementara itu, penyebab kenakalan remaja menurut Santrock diantaranya:

Identitas : Remaja yang nggak bisa memenuhi tuntutan peranan sosialnya bakalan mengalami perkembangan identitas yang negatif

Kontrol Diri : Di mana penyebab kenakalan remaj adalah ketidakmampuan membedakan mana yang benar dan salah dan ketidakmampaun bertahan dalam sisi yang benar

Umur : Karena pada masa tertentu akan muncul sifat antisosial, penyebab kenakalan remaja.

Jenis Kelamin : Anak laki-laki punya tendensi mengalami kenakalan remaja ketimbang anak perempuan.

Harapan Tentang Pendidikan dan Nilai di Sekolah : Mereka yang nakal cenderung punya harapan dan motivasi yang rendah terhadap sekolah

Proses Keluarga : Kurangnya dukungan keluarga seperti perhatian, penerapan disiplin, dan kasih sayang akan jadi penyebab kenakalan remaja.

Pengaruh Teman : Punya teman sebaya yang melakukan kenakalan berarti meningkatkan risiko menjadi nakal pula.

Kelas Sosial Ekonomi : Mengapa penyebab kenakalan remaja ini bisa terjadi? Karena dengan nakal, mereka merasa mendapatkan perhatian dan status.

Kualitas Tempat Tinggal : Masyarakat dengan tingkat kriminalitas yang tinggi memungkinkan remaja buat mengamati berbagai aktivitas kriminal

Supratikna

Menurutnya, penyebab kenalan remaja berupa

Penyakit : Misalnya cedera otak, retardasi mental, serta gangguan neurosis atau psikosis.

Pola Hubungan dalam Keluarga yang Patogenik : Misalnya broken home, atau pergeseran dalam tatanan dalam rumah tangga.

Pengaruh Orang Lain : Seperti teman, dan mereka yang berada di lingkungan sekitarnya

Faktor Sosiokultural :Yakni perasangan terasing, penolakan sosial atau keberadaan geng

Stres : Stres penyebab kenakalan remaja ini bisa muncul akibat pengalaman yang nggak menyenangkan/

Kartono

Sedangkan menurut Kartono, ada beberapa faktor lagi yang bisa jadi penyebab kenakalan remaja, antara lainL

Faktor Guru : Mutus dan kualitas guru akan menentukan dalam membentuk kepribadian anak. Guru yang tidak berdedikasi dalam mengajar sangta mungkin membuat murid jadi sering bolos, kelas kacau, murid bertindak sesuka hati.

Penerapan Disiplin yang Kaku : Ini jadi penyebab kenakalan remaja, membuat mereka melakukan pemberontkana terhadap peraturan yang ada di sekolah

Suasana Sekolah yang Buruk : Anak jadi suka bolos, malas belajar, DO, dan lainnya. Suasana tersebut juga hadir dalam bentuk sikap guru yang tidak baik, cara mengajar guru, adanya musuh di sekolah dan lainnya.

Dengan tahu apa sih penyebab kenakalan remaja membuat para orang tua dan lingkungan jadi lebih sadar dan mengambil sikap tepat dalam proses pencegahan dan rehabilitasinya.

Beri Komentar