Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Bangun Sepanjang Malam dan Tidur di Siang Hari

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 5 Agustus 2020 16:37
Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Bangun Sepanjang Malam dan Tidur di Siang Hari
Jangan stres dulu, semua bisa diatasi kok, Moms!

Pengalaman pertama menjadi orang tua bisa terasa sangat melelahkan bagi pasangan yang baru punya anak. Terbatasnya pengalaman dan pengetahuan tentang cara merawat bayi tentu membuat banyak orang tua merasa kebingungan saat mengasuh anak untuk pertama kali.

Salah satu kegiatan yang cukup menguras tenaga adalah menidurkan bayi. Banyak orang tua yang mengahadapi kesulitan dalam melakukan hal ini.

Beberapa bayi bahkan punya kebiasaan yang cukup menyiksa kita sebagai orang tua. Kebiasaan itu adalah tidur di siang hari dan bangun sepanjang malam.

Tapi tenang, Moms! Hal ini sebenarnya bisa diatasi kok!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Dilansir dari Young Parents, kehadiran seorang bayi dalam kehidupan rumah tangga pasti adalah sebuah hal yang diinginkan oleh setiap pasangan. Tapi nggak ada yang pernah benar-benar siap mengahadapi hilangnya waktu tidur dan istirahat yang harus dikorbankan saat merawat bayi.

Nggak jarang bahkan hal ini memengaruhi rutinitas harian para orang tua. Saat mengasuh bayi, mau nggak mau kita terpaksa mengikuti jadwal tidur mereka.

Tapi Tizzie Hall, penulis serial Save Our Sleep, punya cara untuk mengatasi jadwal tidur anak yang bisa mengganggu orang tua. Menurut Tizzie, ketidak jelasan waktu tidur yang dilakukan oleh bayi yang baru lahir sebenarnya cukup normal terjadi. Untuk itu, Tizzie memberikan dua saran yang bisa dicoba oleh orang tua di rumah.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Cara pertama adalah memastikan bahwa di malam hari bayi nggak merasa terlalu dingin untuk tidur. Seringkali tanpa kita sadari, rumah akan terasa lebih hangat di siang hari daripada malam hari. Makanya banyak bayi yang sulit tidur di malam hari.

Untuk itu kita harus memastikan bahwa bayi selalu merasa hangat di malam hari. Cara ini akan membuat bayi lebih nyaman untuk tidur di malam hari.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Cara kedua adalah dengan membuat rutinitas menyusui. Kita bisa membangunkan bayi lebih sering di siang hari daripada malam hari untuk menyusui.

Tizzie menyarankan agar bayi disusui nggak lebih dari tiga jam di siang hari dan lima jam di malam hari tanpa menyusui. Cara ini juga bisa menguntungkan pasokan ASI pada ibu.

4 dari 4 halaman

Sementara bayi yang diberi susu formula bisa diberikan botol setiap empat jam di siang hari dan dibiarkan selama enam jam di antara waktu makan malam. Mengikuti rutinitas seperti ini bisa membantu mengubah jam tidur bayi agar lebih memudahkan orang tua.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar